Selain Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Manfaat Menggunakan Penutup Mata

Minggu, 2 Juli 2023 | 19:37:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Manfaat Menggunakan Penutup Mata

Ilustrasi Sleep Mask. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ladies, untuk mendapatkan tidur yang maksimal biasanya ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh seseorang, diantaranya dengan mendengarkan musik sambil tidur, mematikan lampu kamar tidur, mematikan alat elektronik bahkan tidur menggunakan penutup mata atau sleep mask. Cara ini dipercaya ampuh untk membuat kualitas tidur lebih meningkat dan menjadikan tidurmu lebih lelap. Nah, berikut ini lima manfaat dari menggunakan penutup mata saat tidur yang bisa kamu dapatkan, simak yuk!

1. Mencegah Insomnia

Ilustrasi Sleep Mask. (Freepik.com)

 

Ladies, menggunakan sleep mask atau penutup mata saat tidur dapat membantu mencegah insomnia, lho. Dilansir dari Healthline, hal ini dikarenakan penutup mata yang digunakan tersebut dapat membantu mengurangi rasa stres, kecemasan bahkan rasa bersemangat yang dialami oleh seseorang sebelum tidur. Sementara itu, penggunaan penutup mata saat tidur pun dapat mencegah seseorang untuk membuka mata sehingga mencegah adanya godaan untuk melirik dan tentunya tidak akan mengganggu tidurmu terjaga.

2. Mencegah untuk Mengonsumsi Obat Tidur

Ilustrasi Sleep Mask. (Freepik.com)

 

Yup, manfaat selanjutnya menggunakan penutup mata ialah dapat mencegah seseorang untuk mengonsumsi obat tidur terlebih jika seseorang terbiasa mengonsumsi obat-obat penenang maupun obat tidur untuk membantu dirinya dapat terlelap. Cara sederhana ini juga bisa mengobati secara alami seseorang yang kecanduan mengonsumsi obat tidur, lho. Mengonsumsi obat tidur atau penenang dapat membuat tubuh menjadi ketergantungan dan memiliki berbagai efek samping diantaranya nafsu makan berkurang, perubahan suasana hati, sakit kepala atau pusing, mual dan masih banyak lainnya.

3. Mencegah Mata Kering

Ilustrasi Sleep Mask. (Freepik.com)

 

Ladies, menggunakan penutup mata saat tidur juga dapat membantu mencegah mata kering, hal ini dikarenakan mata menjadi terlindungi saat tidur dan dapat melindungi mata dari udara luar maupun debu. Selain itu, penutup mata ini juga dapat membantu seseorang yang mengidap gejala nocturnal lagopthalmos yakni suatu gejala seseorang yang mengalami kondisi tidak bisa menutup kedua matanya dengan sempurna saat sedang tertidur.

4. Menjaga Kondisi Kulit

Ilustrasi Sleep Mask. (Freepik.com)

 

Yup, penutup mata ini juga dapat melindungi sekaligus menjaga kondisi kulitmu saat tertidur, lho. Penutup mata ini pun dapat melindungi kulit wajahmu dari masalah keriput, hal ini dikarenakan pelindung mata didesain untuk membantu adanya gesekan antara lapisan pelindung kulit dan permukaan bantal. Oleh sebab itu, kamu pun dapat memilih tekstur pelindung mata dengan bahan atau material yang halus dan juga lembut.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi Sleep Mask. (Freepik.com)

 

Ladies, dengan menggunakan alat penutup mata maka akan membantu kualitas tidur menjadi lebih meningkat. Hal ini dikarenakan mata terlindungi dari pantulan cahaya terang dan menjadi gelap ketika menggunakan penutup mata, sehingga tidak akan membuat tidurmu terganggu dari cahaya, mencegahmu untuk memainkan alat elektronik sebelum tidur, serta melindungi matamu dari udara maupun debu yang masuk ke mata. 

Saat berada di kondisi yang gelap maka otak juga akan memprogram untuk menerima gelap dengan tidur. Selain itu, otak juga akan memproduksi lebih banyak melatonin yakni hormon yang dapat mengatur siklus bangun dan juga tidur saat berada di kondisi yang gelap khususnya saat menggunakan pelindung mata.

Nah, Ladies itulah ke lima manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan alat pelindung mata atau sleep mask saat tidur. Tidur dalam kondisi gelap dan kurang dari jangkauan cahaya juga sangat disarankan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.