Sering Dianggap Sepele, Ini Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Selasa, 9 Januari 2024 | 14:42:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Sering Dianggap Sepele, Ini Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Pexels.com/Daniel Reche)

Ladiestory.id - Berjalan lebih dari 2 ribu langkah dalam sehari tentunya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Peneliti menunjukkan bahwa berjalan kaki rata-rata 2.337 langkah dalam sehari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Dalam European Journal of Preventive Cardiology, Prof. Maciej Banach dari Universitas Kedokteran Lodz, Polandia, mengatakan bahwa akan semakin baik apabila seseorang semakin jauh berjalan.

“Analisis kami menunjukkan bahwa hanya diperlukan 4.000 langkah sehari untuk mengurangi kematian akibat sebab apa pun secara signifikan, dan bahkan lebih sedikit lagi untuk mengurangi kematian akibat penyakit kardiovaskular,” kata Prof. Banach.

Ilustrasi. (Pexels.com/cottonbro studio)

 

Menurut penelitian yang dilakukan Prof. Banach, setiap tambahan seribu langkah sehari, dapat menurunkan risiko kematian akibat sebab apa pun sebesar 15%. Sementara tambahan 500 langkah sehari dapat memengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

"Para peserta penelitian ini dipisahkan menjadi empat kelompok berbeda, yang dikenal sebagai 'kuartil',” terang Prof. Banach.

“Kami menggunakan kelompok dengan jumlah langkah rata-rata paling sedikit (3.967 untuk analisis mengenai kematian akibat semua penyebab) sebagai kuartil dasar atau referensi. Hal ini memungkinkan kami untuk membandingkan dan menilai keuntungan kesehatan yang diamati pada tiga kelompok lainnya, yang berjalan lebih jauh," lanjut Prof. Banach.

Lebih lanjut, studi tersebut menemukan bahwa manfaat tersebut tidak terbatas oleh usia. Pada seseorang berusia 60 tahun atau lebih, terdapat penurunan risiko sebesar 42% yang berjalan antara 6 ribu dan 10 ribu langkah dalam satu hari.

Prof Banach mengatakan bahwa jalan kaki memiliki manfaat yang sama bagi wanita maupun laki-laki, di mana pun mereka berada. 

Seseorang bisa menerapkan prinsip ‘semakin banyak berjalan, maka akan semakin baik’ di dalam hidup mereka, baik orang dewasa muda maupun lansia.

"Semakin banyak langkah yang Anda jalani, semakin baik dampaknya terhadap kesehatan Anda, dan setiap peningkatan langkah sebesar 500-1000 langkah/hari dapat dikaitkan dengan penurunan angka kematian yang signifikan," terangnya.