Sering Terlambat Haid, Coba Konsumsi 4 Buah Ini

Friday, 16 Jul | 12:27:44

LS Health

Penulis : LS Health

Sering Terlambat Haid, Coba Konsumsi 4 Buah Ini

Foto: Website/alodokter

Haid atau menstruasi adalah sesuatu proses bulanan yang dialami wanita. Setiap wanita pasti pernah mengalami siklus haid yang kurang teratur. Beberapa mengalami kecepatan atau mungkin waktu yang mundur.

Foto: website/halodoc

Secara umum, siklus menstruasi dimulai sejak hari pertama haid ke hari pertama haid selanjutnya. Biasanya siklus ini berlangsung selama 28 hari. Ketika menstruasi tidak berjalan teratur maka bisa jadi kurang dari 21 atau bahkan lebih dari 35 hari. 

Proses menstruasi yang seharusnya sebulan sekali, ketika mengalami waktu kurang teratur dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya kebiasaan makan yang kurang teratur, aktivitas fisik yang berkurang, perubahan hormon dah perasaan stress. 

Merubah gaya hidup adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh lebih sehat serta menjaga siklus haid tetap aman. Rutin mengonsumsi buah-buahan menjadi cara yang efektif dalam menjaga kesehatan diri. 

Deretan Buah Pelancar Haid

Foto: Website/doktersehat

1. Pepaya

Buah yang dipercaya mampu memperlancar pencernaan, ternyata memiliki fungsi yang sama menjaga kestabilan menstruasi. Namun, sebelum mengonsumsi pastikan jika papaya masih mentah.

Faktanya pepaya mentah berperan untuk membantu proses kontraksi serat otot pada rahim. Hal inilah yang memudahkan proses menstruasi terjadi.

Selain itu, rutin mengonsumsi pepaya hijau selama beberapa bulan berperan dalam memastikan siklus menstruasi tetap teratur setiap bulannya. Beda halnya ketika sedang menstruasi, disarankan untuk tidak makan pepaya.

2. Nanas

Kandungan bromelain pada nanas berfungsi untuk mempelancar proses haid. Bromelain adalah enzim yang berpengaruh pada estrogen dan hormon lain. Selain itu, enzim dapat menghilangkan kram dan sakit kepala saat proses menstruasi.

Dalam penelitian dari Section of Orthopaedics, Departmeent of Surgery, Aga Khan University, Karachi, Pakistan menyatakan jika bromelain mampu mengurangi peradangan yang dapat membantu proses menstruasi tidak teratur ketika hak itu berhubungan dengan peradangan pada tubuh.

Foto: Website/hellosehat

3. Sawo

Buah dengan bentuk unik berwarna cokelat memiliki rasa yang enak dan manis. Sawo dipercaya mampu memperlancar haid serta mengandung nutrisi dan vitamin seperti zat besi, protein, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, dan lain-lain.

Sawo dapat membantu haid tetap lancar. Namun, ketika sedang menstruasi, sawao berperan untuk mengurangi rasa sakit. Dalam mengonsumsi buah sawo bisa dikonsumsi lebih baik ketika masih segar atau diolah menjadi jus.

4. Alpukat

Salah satu kategori dari buah tersehat di dunia. Alpukat mampu membantu memperlancar haid dengan kandungan buah yang kaya akan lemak sehat dan serat.

Archives of Medical Research menjelaskan jika kandungan lemak sehat, serat, magnesium, kalium dan vitamin E dan B6 berperan dalam menyeimbangkan hormon serta mempelancar siklus menstruasi.

Tidak hanya itu, Alpukat mampu menyerap dan menghilangkan prostaglandin atau zat kimia nyeri dalam mengurangi rasa kram perut dan nyeri saat menstruasi.

Berita Terkait