Tak Perlu Berlarut, Ini 5 Cara Mengatasi Depresi Agar Aktivitasmu Berjalan Lancar

Senin, 25 November 2019 | 14:08:25

LS Health

Penulis : LS Health

Tak Perlu Berlarut, Ini 5 Cara Mengatasi Depresi Agar Aktivitasmu Berjalan Lancar

Berita duka kembali datang dari dunia hiburan di Korea Selatan. Goo Hara, eks personil girl band KARA, ditemukan meninggal di kediamannya, di Cheongdam, Korea Selatan, pada Minggu (24/11) sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Penyebab kematiannya masih diselidiki oleh polisi. Pada Mei lalu, Goo Hara sempat dikabarkan hendak melakukan tindakan bunuh diri, sebab riwayat depresi yang pernah dialaminya. Seperti yang kita tahu, depresi merupakan sebuah kondisi yang kerap mengganggu kesehatan jiwa, menyebabkan perasaan sedih yang berlarut, pikiran kosong, serta hilangnya minat akan rencana masa depan. Depresi bisa dialami oleh siapa saja lho, Ladies. Termasuk kamu, jika kamu membiarkan stres yang kamu alami dan tidak berusaha menanganinya. Nah, agar tidak melulu berlarut, simak yuk 5 cara mengatasi depresi agar aktivitasmu tidak terganggu.

1. Lakukan kegiatan yang membuatmu senang dan bahagia

Lakukan kegiatan yang membuatmu senang dan bahagia
sumber: freepik.com

Sebelum depresi terus-terusan mengikutimu, sebaiknya kamu menyalakan alarm di dalam diri untuk segera mengatasinya. Kamu bisa melakukan kegiatan yang membuatmu senang. Tak mengapa juga jika sesekali kamu menjadi selfish demi memperbaiki sesuatu yang sedang tidak sehat di dalam pikiranmu. Misalnya saja, mengambil tabungan demi bepergian ke luar negeri, makan malam di sebuah restoran mahal yang menunya kamu suka, atau menjauhkan diri dari semua panggilan telepon dan chatting sebab kamu sibuk membaca buku yang kamu suka. Aktivitas semacam itu boleh-boleh saja kamu lakukan, Ladies. Asalkan, kamu tidak merugikan siapapun.

2. Tidur cukup selama 8 jam per hari dan lakukan itu secara rutin dan konsisten

Tidur cukup selama 8 jam per hari dan lakukan itu secara rutin dan konsisten
sumber: freepik.com

Kualitas tidur yang cukup selama 8 jam per hari bisa membantumu mengurangi stres dan mencegah timbulnya depresi. Sebagaimana menurut penelitian dari Binghamton University, State University of New York, yang dilansir oleh situs Science Daily, bahwa tidur yang kurang dari 8 jam sehari sesuai yang telah direkomendasikan dapat mengganggu hidup seseorang dengan memicu pikiran negatif dan menyebabkan orang rentan mengalami gangguan psikologis, seperti kecemasan atau depresi. Oleh sebab itulah, kualitas tidur yang baik bisa mengatasi gangguan depresimu, Ladies.

3. Lakukan meditasi ketika kamu merasa ada yang salah di dalam pikiranmu

Lakukan meditasi ketika kamu merasa ada yang salah di dalam pikiranmu
sumber: freepik.com

Seorang psikiater dari Center for Anxiety and Traumatic Stress Disorders at Massachusetts General Hospital and an assistant professor of psychiatry at Harvard Medical School, Elizabeth Hoge mengatakan bahwa meditasi mindfulness dapat mengatasi kecemasan. Menurutnya, orang dengan kecemasan memiliki gangguan ketika berpikir dan akan merasa sulit ketika membedakan solusi untuk pemecahan masalah dan kekhawatiran yang sebenarnya tidak bermanfaat. Maka, agar pikiranmu kembali jernih dan terbuka, kamu bisa melakukan meditasi dengan cara ambil posisi dudukmu senyaman mungkin, lalu fokuslah pada pernapasanmu, kemudian fokuskan pikiranmu di saat ini tanpa memikirkan masa lalu. Jika pikiranmu tanpa sengaja terbawa ke masa lalu, kembalikan lagi fokusmu ke masa sekarang. Kamu bisa melakukan meditasi ini selama 30 menit.

4. Berbicaralah kepada orang terdekat yang kamu percaya

Berbicaralah kepada orang terdekat yang kamu percaya
sumber: freepik.com

Untuk meringankan beban pikiranmu agar tidak berlarut menjadi depresi, kamu bisa meminta orang terdekat yang kamu percaya supaya mau meluangkan waktunya untukmu. Kamu bisa bercerita banyak hal dengannya dan melakukan aktivitas bersamanya seharian penuh. Jadi, kamu tak hanya membicarakan banyak hal, tetapi juga melakukan aktivitas seru yang menyenangkan dan bisa meningkatkan mood baikmu sebagai obat alami untuk menenangkan pikiran dan hati. Nah, ketika kamu mulai menceritakan segala beban hidup yang kamu rasakan, ungkapkanlah secara jujur dan sebisa mungkin hindari kebohongan atau menutupi sesuatu darinya. Setiap orang punya perspektifnya masing-masing, Ladies. Sehingga, kamu bisa memikirkan sudut pandangnya atas masalah yang kamu alami.

5. Buatlah daftar tujuan yang ingin dan mesti kamu capai

Buatlah daftar tujuan yang ingin dan mesti kamu capai
sumber: freepik.com

Jika minatmu tentang masa depan mulai luruh, kamu harus memaksa diri untuk memiliki daftar tujuan yang ingin kamu capai dan harus kamu dapatkan. Kamu bisa membaca banyak artikel atau buku agar bisa memperbarui wawasan dan keingintahuanmu akan suatu hal. Dengan begitu, kamu akan mendapat insight dan perlahan memiliki keinginan baru untuk sekadar mengetahui atau memiliki sesuatu. Misalnya saja, keinginan untuk melanjutkan studi di bidang yang kamu suka, atau sekadar ingin memiliki laptop atau ponsel baru. Maka, ketika kamu sudah memiliki daftar yang ingin kamu raih, kamu akan punya motivasi untuk menjadi pribadi yang berpikiran sehat dan berusaha untuk punya daya kerja yang mumpuni.

Yuk, mulai atasi stresmu dari sekarang, Ladies. Agar kecemasan dan pikiran negatifmu bisa segera pudar dengan menerapkan 5 cara mengatasi depresi ini.