Waspada, Ini 6 Tanda Alami Gejala Keracunanan Makanan

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Waspada, Ini  6 Tanda Alami Gejala Keracunanan Makanan

Ilustrasi Keracunann Makanan (pinterest)

Ladiestory.id - Seseorang bisa mengalami keracunan makanan akibat makanan yang terkontaminasi. Hal ini dapat disebabkan akibat makanan mengandung virus, bakteri bahkan parasit. Gejala keracunan makanan, kerap kali menimbulkan masalah serius bagi yang mengalaminya. Timbulnya gejala keracunan juga akan muncul beberapa jam setelah mengonsumsi makanan tersebut. Berikut ini 6 tanda yang muncul jika kamu mengalami gejala keracunana makanan.

Muncul Banyak Keringat

ilustrasi Wanita Berkeringat (Special)

 

Salah satu tanda yang muncul ketika kamu mengalami keracunan makanan adalah muncul lebih banyak keringat. Hal ini sebagai gejala awal, yang mungkin saja bisa timbul sebagai pertanda bahwa kamu mengalami keracunan makanan. Jika kamu mengalami munculnya keringat lebih banyak dari jumlah normal. Maka hal ini bisa menjadi salah satu pertanda kamu mengalami keracunan makanan.

Demam

Demam (pinterest)

Salah satu tanda demam akibat keracunan makanan ini bisa ditandai dengan gejala demam ringan bahkan tidak menutup kemungkinan kamu mengalami gejala demam tinggi yang bisa memperparah kondisimu. Biasanya demam akan bertahan selama 1-2 hari, jika gejala demam berlanjut hinga 48 jam maka kamu dapat segera menerima pertolongan medis.

Sakit Kepala

Sakit Kepala (pinterest)

Selain demam, gejala keracunan makanan selanjutnya adalah sakit kepala. Walaupun keracunan makanan lebih berhubungan dengan system pencernaan. Namun tak menutup kemungkinan, jika salah satu tanda gejala keracunan makanan ini timbul bagi sebagian orang. Sakit kepala ini dapat disebabkan dari dampak perut mual hingga muntah, dehidrasi bahkan demam tinggi.

Perut Kembung dan Keram

Perut Kembung dan Keram (pinterest)

Gejala selanjutnya, tanda bahwa kamu mengalami keracunan makanan adalah perutmu merasa kembung dan juga keram. Jika kamu merasakan perut kembung, keram dan nyeri yang begitu hebat dari biasanya. Berkali-kali pergi menuju toilet, hal itu menandakan bahwa bakteri yang muncul pada pencernaanmu sedang beraksi.

Bakteri-bakteri itu tentunya berasal dari makanan yang kamu makan dan mengakibatkan kondsi tubuhmu menjadi semakin lemah dan pencernaanmu terkuras.

Mual

Mual-mual (pinterest)

Salah satu tanda yang juga disebabkan akibat keracunan makanan adalah mual-mual dan muntah. Bakteri-bakteri ini pun juga beragam berdasarkan makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Contohnya bakteri listeria yang sering berada pada hummus, keju maupun susu mentah.

Selain itu, juga terdapat bakteri Salmonella yang biasanya terkandung dalam telur, daging unggas, buah-buahan dan sayuran mentah yang dapat menyebabkan gejala mual dan muntah. Dalam jangka waktu setengah hari bahkan mencapai dua hingga tiga hari lamanya. 

Diare dan Dehidrasi

Diare dan Dehidrasi (pinterest)

Tanda lainnya yang muncul akibat keracunan makanan adalah diare dan juga tubuh mengalami dehidrasi. Bahkan ada juga yang mengalami diare berdarah hal ini disebabkan oleh bakteri E.Coli yang dapat ditemukan pada daging sapi, serta bakteri Campylobacter pada air.

Selain itu gejala lain dari keracunan makanan juga tubuh mengalami dehidrasi yang parah. Maka dari itu perbanyak konsumsi banyak air mineral agar tubuhmu tetap teridrasi dan terjaga kesehatannya. Sebaiknya atur pola makanmu dengan baik, jangan makan-makanan sembarangan. Perhatikan selalu kebersihan makanan entah itu saat hendak memasak makanan atau membeli makanan di luar rumah.

Nah, Ladies itu dia 6 tanda gejala jika kamu mengalami keracunan makanan. Jika kamu mengalami tanda-tanda seperti diatas dan kondisimu semakin tidak memungkinkan.

Maka jangan tunda lagi dan segeralah pergi ke dokter agar kondisi tubuhmu tak semkain parah dan kamu akan mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya. Tetap jaga kebersihan dan kesehatanmu makanan dan lingkunganmu, ya!