5 Tanda Kolesterol Tinggi Usai Santap Aneka Makanan Bersantan Saat Lebaran

Jumat, 6 Mei 2022 | 18:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

5 Tanda Kolesterol Tinggi Usai Santap Aneka Makanan Bersantan Saat Lebaran

Ilustrasi tanda kolesterol tinggi. (Special)

Ladiestory.id - Momen lebaran kerap ditandai dengan makanan serba santan dan berlemak, seperti rendang hingga gulai. Kandungan santan pada masakan tersebut memang dapat menambah cita rasa gurih. Namun, ternyata makanan tersebut memiliki risiko yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Salah satu risiko yang kerap muncul yaitu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Meski gejala yang muncul terbilang umum, efek penumpukan kolesterol yang tinggi tanpa disadari bisa memicu lemak di pembuluh darah, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

Agar tak kebablasan dan membahayakan tubuh, berikut Ladiestory.id merangkum beberapa tanda kenaikan kolesterol yang perlu diperhatikan usai menyantap aneka masakan khas lebaran.

Tengkuk Terasa Pegal

Ilustrasi tengkuk pegal. (Special)

Menurut informasi yang dikutip dari buku berjudul “Ramuan Herbal Penurun Kolesterol” karya Prof. H. M. Hembing Wijaya Kusuma, pegal-pegal di bagian tengkuk menjadi salah satu tanda kolesterol yang tinggi. Hal ini disebabkan adanya penumpukan plak di pembuluh darah area leher. Penumpukan tersebut membuat aliran darah yang ada di leher menuju otak terhalangi dan memunculkan efek pegal.

Sering Merasa Kesemutan

Ilustrasi Kesemutan (Special)

Tanda lain yang diberikan tubuh saat kadar kolesterol naik yaitu sering merasa kesemutan, terutama di bagian kaki. Rasa kesemutan terkadang turut memunculkan rasa sakit. Ternyata, rasa kesemutan tersebut terjadi akibat pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki menyempit karena kadar kolesterol berlebih. 

Gampang Lelah

Ilustrasi perempuan lelah. (Special)

Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Penyebab utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup, namun dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah.

Nyeri Dada

Ilustrasi nyeri dada. (Special)

Jika Kamu mulai merasa nyeri dada, Kamu harus segera waspada karena hal tersebut merupakan tanda atau gejala komplikasi dari kolesterol tinggi. Kondisi tersebut terjadi disebabkan karena kadar kolesterol yang sudah terlalu tinggi dalam darah.

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri dan berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.

Muncul Gumpalan di Urat

Ilustrasi Gejala Kolesterol Tinggi. (Special)

Gejala lainnya yang cukup signifikan terlihat terutama bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena faktor genetik, penumpukan kolesterol kadang terlihat di kulit seperti gumpalan yang berbentuk separuh biji kacang yang bisa dilihat dan dirasakan pada urat dekat buku jari.

Saat mulai terlihat, para pengidap kolesterol tinggi bisa mulai memeriksakannya melalui pemeriksaan tes darah untuk mengetahui secara pasti tinggi atau rendahnya kadar kolesterol.

s