5 Tips Anti Baper Tuk Hindari Omongan Negatif

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Anti Baper Tuk Hindari Omongan Negatif

Ilustrasi Menghindari Omongan Negatif (pinterest)

Ladiestory.id -Memiliki banyak teman dan berkenalan dengan orang baru memang terasa amat menyenangkan. Selain dapat berbagi wawasan, sosialisasimu akan semakin terasah. Karena pada dasarnya, manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri tanpa kehadiran orang lain.

Namun tidak semua pertemanan akan berjalan lancar dan baik dalam suatu lingkungan sosial. Ada juga omongan negatif yang dilontarkan oleh orang lain.

Nggak jarang, hal itu membuat kamu kesal dan merasa tersinggung dengan apa yang mereka katakan. Namun, daripada kesal, kamu dapat mengindari omongan negatif dengan melakukan 5 tips anti baper berikut ini, yuk.

Fokus Pada Dirimu Sendiri

Ilustrasi Fokus pada Diri Sendiri (pinterest)

Sebagai seseorang yang bijak, kamu bisa memilah-milah tentang apa yang telah mereka katakan terhadapmu. Jangan selalu jadikan omongan negatif tersebut dimasukkan kedalam hati, sehingga kamu merasa bersedih dan lelah dengan komentar orang lain. 

Ketahuilah karena kamu begitu berharga, kamu pun enggak bisa selalu mengendalikan apa yang orang lain katakan tentangmu. Orang lain bebas mengkritik, menilai, bahkan merasa iri terhadap apa yang telah kamu capai. Hal itu karena usaha dan kerja kerasmu. Namun, yang harus kamu ingat bahwa  jangan biarkan perkataan orang lain membatasi dirimu untuk melangkah lebih jauh.

Dengarkan Orang yang Mendukungmu

Ilustrasi Pertemanan (pinterest)

Selain mendengarkan kata hatimu sendiri, kamu pun bisa menyemangati dirimu dengan nasihat-nasihat membangun yang dilontarkan oleh orang yang mendukungmu. 

Jika kamu selalu mendengarkan omongan negatif, pastinya hal ini akan mempengaruhi kesehatan mentalmu. Bahkan kamu begitu percaya tentang penilaian negatif yang mereka berikan. Maka dari itu, cobalah buang segala pemikiran negatif dan dengarkan nasihat orang-orang yang selalu mendukungmu. Alhasil akan berpengaruh pada kebaikan dirimu juga bukan?

Cintai yang Kamu Lakukan

Cintai yang Kamu Lakukan (pinterest)

Biasanya ketika mendapat omongan negatif dari orang lain kamu akan mudah emosi, baper bahkan marah-marah enggak jelas dan melampiaskannya kepada orang lain. Bukan hanya menyakiti perasaanmu, namun juga kamu bisa menyakiti perasaan orang lain. Cintai apa yang kamu lakukan jika hal itu baik untuk dirimu. Jangan biarkan omongan negatif itu menghipnotis pikiranmu sehingga kamu menjadi pesimis untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Alihkan dengan Kegiatan yang Bermanfaat

Ilustrasi Orang di Perpustakaan (Pinterest.com)

Penilaian negatif yang diberikan oleh seseorang kepada dirimu tentunya memilki maksud tersendiri. Daripada kamu mikirin omongan negatif, lebih baik berevaluasi dan memperbaiki diri.

Hidup tidak selamanya berlarut dalam kritikan orang lain, hidup akan terus berjalan dan kamupun harus menghasilkan kehidupan yang optimal. Maka dari itu, kamu dapat mengalihkan komentar negatif dengan melakukan berbagai macam kegiatan positif yang bermanfaat untuk mengembalikan kehidupan dan suasana hatimu menjadi jauh lebih baik.

Belajar untuk Cuek

Ilustrasi Belajar Cuek (pinterest)

Yup! Jangan selalu membebani dirimu dengan omongan negatif orang lain tentangmu. Semua orang itu unik dan memiliki karakter masing-masing. Banyak orang yang ingin berubah hanya karena termakan omongan dari orang lain, jika penilaian tersebut dapat merubah dirimu menjadi jauh lebih baik, maka kamu dapat mempertahankannya. Namun jika omongan tersebut hanya ingin menjatuhkan dirimu, sebaiknya tidak harus mendengarkannya.

s