5 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Sabtu, 9 Juli 2022 | 12:15:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Tetap Sehat Dan Bugar Selama Berpuasa

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Puasa merupakan salah satu ibadah bagi umat muslim. Tidak hanya dilaksanakan saat bulan Ramadan, namun juga pada hari atau tanggal tertentu sesuai tuntunan agama. Menjelang sehari sebelum Hari Raya Iduladha, umat muslim memiliki ibadah sunah yang disebut puasa Arafah. Puasa ini berkaitan dengan Padang Arafah yang merupakan salah satu tempat persinggahan oleh jemaah ibadah haji.

Selain beribadah, puasa juga membantu tubuh melakukan pembuangan zat-zat beracun. Namun, hal tersebut tidak dapat berjalan dengan maksimal ketika kamu tidak sehat dan bugar saat bepuasa. Oleh karena itu, penting bagi kamu menjaga asupan makanan selama puasa dan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini 5 tips yang bisa kamu coba terapkan supaya tetap sehat dan bugar selama puasa.

Usahakan untuk Sahur

sahur
Ilustrasi sahur (Special)

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan supaya tetap sehat dan fit adalah tidak melewatkan sahur. Sebab, sahur merupakan salah satu rutinitas yang sama seperti sarapan pagi. Sahur juga membantumu untuk menambah asupan energi agar lancar dalam menjalani aktivitas. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu memberi tambahan energi selama menjalankan puasa.

Hindari makanan pedas dan asam selama waktu sahurmu. Utamakan untuk mengonsumsi sayur atau makanan yang mengandung serat dan karbohdirat. Sehingga, tubuh tetap sehat dan fit meski puasa selama seharian.

Jangan Lupa 8 Gelas Pehari

air putih
Ilustrasi air putih. (Special)

Selama puasa, dehidrasi merupakan salah satu hal yang sering dialami. Teriknya matahari serta aktivitas yang menyita banyak tenaga menjadikan kamu lebih cepat merasa haus daripada lapar. Berbeda dengan hari biasanya, saat puasa kamu hanya bisa meminum air putih di waktu-waktu tertentu.

Nah, untuk tetap memenuhi kebutuhan 8 gelas air putihmu. Coba terapkan sistem 2-4-2, kamu bisa meminum 2 gelas air putih waktu berbuka. Lalu, 4 gelas saat malam selepas berbuka dan 2 gelas terakhir ketika sahur. Dijamin, kamu terhidrasi dan siap melakukan kegiatan.

Istirahat yang Cukup

tidur
Ilustrasi orang tidur (Special)

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Setelah seharian melakukan kegiatan, tubuh memerlukan waktu untuk mengisi energi kembali. Memasuki usia 17 tahun ke atas, tidur yang cukup berkisar antara 7-8 jam per hari. Tidur yang cukup juga membantu manusia terhindar dari kelelahan, penyakit dan juga stres.

Konsumsi Kurma dan Madu

madu kurma
(unsplash.com)

Sebagai umat muslim, dalam beraktivitas maupun lainnya perlulah meniru kebiasaan Nabi Muhammad saw. Salah satu sunah yang biasa dilakukan Nabi yaitu mengonsumsi kurma dan madu. Meski terlihat sepele, ternyata mengandung banyak manfaat loh. Salah satunya, membantumu tetap berenergi selama puasa meski memiliki segudang kegiatan yang menanti.

Selain dikonsumsi langsung, kamu bisa menikati kurma dan madu dalam bentuk minuman. Caranya, rendam kurma selama 6-12 jam selepas itu aduk kurma dan rendaman supaya menyatu dan tuangkan 5 tetes madu sebagai penambah rasa pada minuman. Mudah bukan?

Olahraga Ringan

yoga
Ilustrasi yoga (Special)

Meski sedang berpuasa, menjaga kebugaran tubuh tetap harus dilakukan. Salah satu caranya, yaitu dengan berolahraga ringan. Kamu bisa melakukan rangkaian yoga atau workout ringan selama 10-15 menit. Kegiatan ini bisa kamu lakukan saat sore hari, 3 jam sebelum berbuka. Sehingga, ketika merasa kelelahan atau dehidrasi, jarak waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan tidak terlalu jauh.

5 tips di atas wajib kamu coba terapkan untuk membantu tubuh supaya tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Selamat menjalankan puasa, ya!