6 Tips Langsingkan Tubuh sehabis Liburan

Kamis, 12 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Tips Langsingkan Tubuh Sehabis Liburan

Ilustrasi linuran kuliner. (Special)

Ladiestory.id - Liburan merupakan salah satu momen menyenangkan yang paling ditunggu-tunggu. Kebanyakan orang akan menyiapkan berbagai rencana untuk menghabiskan waktu selama liburan, salah satunya yaitu dengan menikmati berbagai kuliner yang lezat.

Tak ayal, kondisi ini membuat kamu seakan bebas menikmati makanan apa saja selama liburan. Namun, kali ini kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai berat badan yang naik pasca liburan. Nah, berikut lima tips melangsingkan tubuh sehabis liburan yang perlu Ladies tau. Yuk, simak!

Buat Target yang Ideal

Ilustrasi Jaga Berat Badan (Special)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memulai program melangsingkan tubuh selepas liburan yaitu dengan membuat target ideal. Kamu dapat memulainya dengan mengukur berat badan dengan tinggi badan untuk menemukan target yang ideal.

Tentunya, target ideal bagi setiap orang bergantung dengan tinggi badan serta jenis kelaminnya. Sehingga, sesuaikan target ideal dengan indeks massa tubuh ya, Ladies. 

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Ilustrasi konsumsi makanan sehat. (Special)

Setelah mencoba berbagai kuliner selama liburan, kamu perlu kembali memperhatikan bahan makanan yang kamu konsumsi. Utamakan konsumsi makanan yang bernutrisi. Ketika menjalani program melangsingkan tubuh pasca liburan, kamu justru perlu memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, ikan, hingga buah-buah.

Tak lupa juga, kamu perlu menghindari junk food. Sebab, kandungan garam dan lemak yang tinggi justru akan memicu bertambahnya berat badan hingga menimbulkan obesitas. 

Atur Pola Makan

Ilustrasi makanan bersih dan bergizi (Special)

Jika saat liburan kamu membebaskan diri untuk mengonsumsi berbagai makanan, berbeda halnya sehabis liburan usai. Demi menjaga tubuh idealmu, kamu perlu mengatur pola makan. Tak hanya porsinya saja, namun juga waktu makan yang tepat waktu. Kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung gizi seimbang.

Mulai dari karbo, protein, sehingga vitamin lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Ketika kamu membiasakan diri dengan mengatur pola makan baik dari segi porsi hingga waktunya, maka kamu akan dengan mudah menurunkan berat badan ke target yang ideal.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ilustrasi air putih. (Special)

Tubuh manusia diketahui dipenuhi oleh 80 persen air. Sehingga, kebutuhan cairan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Dalam menjalani program melangsingkan tubuh pasca liburan, kamu juga tak boleh lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kamu dapat menyediakan air putih di manapun berada. Sehingga, kamu dapat termotivasi untuk meminumnya. Tak hanya itu, kamu juga perlu menghindari minuman yang mengandung gula atau kalori tinggi. Sebab, dua hal ini dapat memicu naiknya berat badan. 

Rutin Olahraga

Ilustrasi Olahraga. (Special)

Selain menjaga kesehatan tubuh melalui makanan yang dikonsumsi, kamu juga perlu menyehatkan raga melalui rutin berolahraga. Sebab, pada masa liburan tentunya kamu menjadi sedikit kurang antusias untuk berolahraga. Namun, ketika kamu memiliki target untuk menurunkan berat badan, kamu akan lebih termotivasi dan konsisten dalam meraih tujuan tersebut.

Berbagai olahraga ringan yang patut kamu coba seperti yoga, jogging, naik sepeda hingga senam aerobik. Pastikan lakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas, sehingga tubuh fit dan berat badan tetap terjaga.

Istirahat yang Cukup

Ilustrasi tidur. (Special)

Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu tips yang sangat penting dalam menjalani program melangsingkan tubuh pasca liburan. Ketika kamu melakukan istirahat dengan cukup, maka hal itu akan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Istirahat memberikan dampak positif pada penurunan berat badan. Kamu perlu mengusahakan untuk beristirahat, khususnya tidur selama 7 sampai 8 jam perhari. Selain membantu mencapai berat ideal, kamu juga dapat memiliki pola hidup yang sehat.