Tips Sederhana Menjaga Berat Badan Stabil Saat WFH

Rabu, 8 April 2020 | 11:32:54

LS Health

Penulis : LS Health

Tips Sederhana Menjaga Berat Badan Stabil Saat Wfh

Berkat bekerja dari rumah dan social distancing, akhir-akhir ini kamu menyadari ada lipatan baru di sekitar perut. Dan mendadak baju kesayangan terasa sempit. Jika berat badanmu bertambah selama beberapa minggu ini, kamu tidak sendirian. Sepertinya ini menjadi kekhawatiran banyak orang di luar sana. Jika kamu ingin berat badanmu tetap stabil meski saat masih di rumah, coba ikuti tips dan trik mudah berikut ini. 

Pilih makanan yang sehat

Pilihlah buah dan sayuran yang segar. Kamu dapat mengolahnya dan menjadikannya sebagai makanan selingan. Konsumsi roti dan sereal yang berbahan dasar gandum, yang dapat membantu dan menjaga pencernaan karena tinggi akan serat. Pilih prosuk susu yang rendah lemak. Dan jangan lupa, konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

Hindari makanan olahan

Makanan dan minuman dalam kemasan biasanya mengandung gula buatan yang tinggi. Hindari pula makanan serta minuman yang tinggi natrium dan zat aditif lainnya. Hindari mengonsumsi makanan ringan seperti jajanan, permen, es krim, dan sebagainya, dalam jumlah yang banyak. Menghindari lemak jahat dengan cara mengurangi makanan yang digoreng adalah cara terbaik menjaga berat badan tetap ideal saat work from home.

Perhatikan kalori makanan yang dikonsumsi

Jika kamu ingin membeli makanan melalui delivery order, hal yang harus dilakukan adalah mengetahui kalori, kadar lemak, gula, dan garam pada makanan yang akan kamu konsumsi. Dengan memperhatikan kalori yang dikonsumsi setiap makan, kamu akan cenderung memilih yang rendah kalori dan tidak makan berlebihan. Kurangi frekuensi memesan junk food, lebih baik pesan makanan seperti salad, sayuran, atau sup.

Masak di rumah

Manfaatkan periode ini untuk mengasah kemampuan memasak kamu. Ohya, minimalkan penggunaan minyak saat memasak di rumah, hindari masak dengan cara deep fry. Masak dengan cara menumis, merebus, atau dengan kukus merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan menggoreng.

Lakukan olahraga rutin

Walaupun sedang work from home, bukan berarti  kamu tidak bisa berolahraga.  Kamu dapat melakukan olahraga yang ringan saat di rumah seperti berjalan santai di sekitar rumah, yoga atau mengikuti gerakan di video YouTube atau aplikasi olahraga. 

Pada dasarnya, menjaga berat badan yang ideal bukan berarti membatasi makanan yang kamu makan, akan tetapi mesti lebih memilih jenis makanan. Pola makan seimbang adalah kunci agar berat badan tetap terjaga dan kamu juga tetap sehat. Dan selama dilakukan dengan proporsional sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka kamu tidak perlu khawatir berat badan akan naik. Kamu akan tetap dapat menjaga berat badan ideal dan tubuh tetap sehat. Ohya, pastikan kamu tidur yang cukup ya, karena semua hal di atas akan kurang efektif jika kamu selalu begadang. 

Sumber foto utama: Freepik.com