Yuk Mulai Berpikir Positif, Kehidupanmu Akan Lebih Baik

Sabtu, 25 Desember 2021 | 23:20:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Yuk Mulai Berpikir Positif, Kehidupanmu Akan Lebih Baik

Ilustrasi perempuan bahagia. (Special)

Ladiestory.id - Pemikiran manusia berpengaruh dalam kehidupan dan sikap untuk melangkah. Maka dari itu, Kamu perlu mengendalikan pikiran dari hal negatif sehingga mengurangi terjadinya stres. Selain itu, pikiran negatif yang sering muncul menyebabkan seseorang menjadi cemas, stres, bahkan mengalami depresi.

Sebenarnya, ada berbagai faktor pola pikir yang selalu negatif terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Sedangkan kondisi yang dibiarkan terus berlanjut akan besar kemungkinan menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental. Bukan hanya itu, ada banyak kasus stres yang terjadi karena pikiran-pikiran negatif. Pikiran negatif terkadang muncul setelah mengalami peristiwa tidak menyenangkan. 

Maka, benar faktanya berpikir positif diperlukan untuk menghindari gangguan mental. Manfaat lain dari berpikir positif adalah memberi pengaruh baik untuk keadaan psikologis.

Pentingnya Penerapan Terhadap Pikiran Positif dalam Hidup

Berpikir positif mampu diterapkan dengan beberapa pola dan strategi khusus sehingga dapat mengubah persepsi seseorang. Ini cara berpikir positif untuk hidup yang lebih baik:

Awali Hari dengan Syukur

Ilustrais perempuan berdoa. (Special)

Tidak dapat dipungkiri jika dalam hidup tentu saja selalu muncul permasalahan hidup. Tentu saja, semua orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Maka dari itu, kita perlu mengerti jika ada masalah atau hal kurang baik terjadi, percayalah masih banyak di luar sana yang mengalami masalah lebih besar.

Cara mudah untuk membuat hidup lebih baik dengan mengucapkan syukur dengan apa yang dimiliki. Bukan hanya itu, kita perlu selalu percaya jika semua masalah yang ada sekarang adalah cara untuk mendewasakan diri supaya hidup jadi lebih baik.

Coba perhatikan apa yang ada di dalam hidupmu yang bisa disyukuri dengan memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan. Cara mudah bersyukur adalah mengingat-ingat semua kebaikan yang pernah dilakukan untuk mengubah persepsi supaya kita bisa terus bersyukur. Maka Kamu bisa memiliki pikiran dan hati yang jauh lebih tenang dan tentram.

Ciptakan Kebiasaan Untuk Selalu Tersenyum

Ilustrasi perempuan tersenyum. (Special)

Senyum mampu memberi efek positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Faktanya, Selain itu, tersenyum mampu menetralisir segala ketegangan saat berada dalam tekanan. Ketika kita membiasakan diri untuk tersenyum saat menghadapi segala sesuatu dengan tenang. Hal ini mampu menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Tersenyum meningkatkan suasana hati sehingga beban makin berkurang.

Mulai Kembali Dengan Mengingat Hal-hal Baik

Ilustrasi berbagi hadiah. (Special)

Setiap orang tentu saja pernah melakukan hal-hal yang baik. Namun, mengingat kembali peristiwa atau kebaikan yang pernah dilakukan supaya kita bisa  lebih bisa bersyukur.

Dalam sebuah penelitian menyampaikan jika perubahan kecil akan mempengaruhi kemampuan seseorang mengatur perasaan dan perilaku saat dalam tekanan. Satu hal penting untuk kita lebih baik tidak menyalahkan diri sendiri akan memperbaiki cara pandang terhadap segala sesuatu. Hal itu akan membuat pikiran dan hati kita akan jadi lebih tenang ketika menghadapi berbagai persoalan.