Waspada Varian Omicron di Indonesia, Ini 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Jumat, 17 Desember 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Waspada Varian Omicron Di Indonesia, Ini 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Ladiestory.id - Omicron adalah varian terbaru virus corona yang sedang hangat diperbincangkan. Omicron adalah varian baru COVID-19 setelah varian Delta yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan Botswana. Diberitakan oleh Menteri Kesehatan Indonesia pada hari Kamis (16/12/2021) Virus Covid-19 varian Omicron telah masuk ke Indonesia

Virus Omicron

Pada Jumat (26/11/2021), WHO menetapkan varian B.1.1.529 sebagai jenis COVID-19 terbaru yang dinamakan Omicron. Varian Omicron terdeteksi pada pertengahan November dengan adanya kenaikan kasus tiga kali lipat dari awalnya sekitar 3.402 kasus. Varian Omicron memiliki gejala yang mirip dengan varian corona pada umumnya. Kendati demikian, tetap harus diwaspadai karena memiliki penyebaran dua kali lebih cepat dibandingkan varian Delta.

Cara Meningkatkan Imun terhadap Virus Omicron

Dengan adanya virus Omicron yang sudah mulai masuk di Indonesia, upaya pencegahan pertama yang harus kita lakukan adalah dengan meningkatkan imun tubuh. Jika, kita memiliki imun tubuh yang kuat dan jiwa yang sehat maka virus jenis apapun akan sulit untuk bertahan di dalam tubuh. Berikut beberapa tips untuk menjaga imun tubuh dari virus  Omicron.

1. Hindari Stres

Jangan sampai pemberitaan tentang COVID-19 atau konten di media sosial menyebabkan Kamu stres. Stres bisa menyebabkan peningkatan hormon kortisol yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar masyarakat membaca informasi yang kredibel terkait COVID-19, misalnya di situs pemerintah Covid19.co.id  atau di situs resmi WHO. Batasi juga akses media sosial yang memicu timbulnya stres, karena banyak konten hoaks terkait virus corona.

2. Istirahat cukup

Ilustrasi perempuan sedang tidur. (Ladiestory.id)

Kekurangan jam tidur menyebabkan letih dan lesu sehingga daya tahan tubuh lemah. Namun, tidur yang berlebihan juga akan menyebabkan badan kurang gerak dan mengurangi daya tahan tubuh. Kunci istirahat yang cukup adalah pada kuantitas dan kualitas. Orang dewasa membutuhkan waktu istirahat selama 7-8 jam per hari, remaja dan anak-anak 9-10 jam.

3. Stop Alkohol dan Kurangi Merokok

Hentikan atau kurangi kebiasaan merokok saat ini juga, hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi virus corona varian Omicron. Diketahui virus corona Omicron juga menyerang saluran pernapasan, selain itu merokok bisa menyebabkan infeksi paru-paru seperti bronkitis dan pneumonia.

Sedangkan konsumsi alkohol bisa menurunkan daya tahan tubuh. Orang yang dalam pengaruh alkohol memiliki konsentrasi dan imunitas yang rendah sehingga memudahkan virus masuk ke dalam tubuh.

4. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi makanan sehat. (Ladiestory.id)

Memiliki pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk menjaga imun tubuh. Olahraga dapat mempercepat kerja jantung dan memperlancar aliran darah serta bisa membakar lemak dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh meningkat. Lakukan olah raga secara rutin minimal 150 menit setiap minggu.

Konsumsi vitamin dan suplemen dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Namun, akan lebih baik mendapatkan vitamin dari sumbernya secara langsung daripada konsumsi vitamin olahan berbentuk tablet, pil atau minuman. Kamu bisa konsumsi aneka buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu juga bisa minum-minuman yang mengandung ekstrak rempah-rempah seperti jahe merah, kunyit, dan temulawak. Jahe merah mampu menjaga tubuh tetap hangat dan menghambat bakteri penurun imunitas.

Sedangkan temulawak mengandung zat Curcumin sebagai antiinflamasi yang menghambat peradangan, seperti di tenggorakan. Perlu diketahui, sebelum virus Omicron menyerang saluran napas, virus akan bertahan di tenggorakan hingga hari keempat-kelima.

5. Jaga Suhu Tubuh

Jangan terlalu lama  berada di suhu yang dingin, sebab saat tubuh kedinginan, daya tahan tubuh menurun, sehingga virus mudah menyerang.

Dalam kondisi saat ini, jangan biarkan dirimu kehujanan atau mandi di malam hari tanpa menggunakan air hangat. Lalu gunakan pakaian tebal atau jaket saat berada di ruang yang dingin.

6. Jangan Dehidrasi

Ilustrasi perempuan minum air. (Ladiestory.id)

Lebih dari 60 persen tubuh kita terdiri dari air. Menurut WHO, kebutuhan air minum orang dewasa rata-rata sekitar 8 gelas atau 2 liter per hari. Kamu harus memperbanyak minum air putih jika melakukan aktivitas berlebih seperti olahraga atau ketika cuaca panas. Jangan sampai kekurangan minum dan menyebabkan dehidrasi, yang berakibat pada tubuh lebih cepat lelah, daya tahan melemah, dan paparan virus bisa mudah menginfeksi.

Selain menjaga imun tubuh, Kamu harus tetap selalu menjalankan protokol kesehatan di manapun berada. Menggunakan masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan, menghindari keramaian, serta jangan lupa untuk melakukan vaksinasi.