Acar hingga Stroberi, Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Flu

Senin, 6 September 2021 | 06:36:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Acar hingga Stroberi, Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Flu

Foto: Ladiestory.id

Maraknya berbagai penyakit yang muncul lebih baik membuat kita lebih waspada dalam menjaga pola makan dan hidup. Biasanya penyakit yang sering terjadi adalah flu atau pilek. Penyakit ini dapat dialami siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa dan biasanya terjadi ketika musim dingin.

Selain itu, penyakit ini biasanya ditandai dengan muncul gejala seperti hidung meler, tenggorokan gatal, dan bersin tanpa henti.

Makanan Sehat saat Flu

Ketika sudah mengalami hal itu biasanya mereka mengatasi dengan minum obat, istirahat yang cukup atau memeriksa ke dokter. Namun, beda halnya dengan anak-anak untuk mengobati lebih sering dengan menjaga makanan sehat dan melakukan pengobatan secara alami. Pengobatan alami didapatkan dari makanan sehat.

Makanan atau sesuatu yang dikonsumsi memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh, mengobati flu serta memperbaiki tubuh yang kurang fit. Saat kondisi tubuh kurang fit karena flu, deretan makanan berikut sebaiknya dihindari.

1. Acar dapat meningkatkan peradangan

Foto: Ladiestory.id

Salah satu jenis makanan yang biasanya dijadikan sebagai pelengkap. Acar terbuat dari timun, wortel dan bawang yang diberikan kandungan cuka serta garam. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan mampu meningkatkan peradangan pada radang tenggorokan.

2. Permen bisa menekan sistem kekebalan tubuh

Foto: Ladiestory.id

Banyak anak-anak yang menyukai makanan ini. Makanan manis dengan kandungan gula menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari ketika sakit. Hal ini dikarenakan makanan manis dapat menekan sistem kekebalan dan mengurangi kemampuan sel darah putih dalam melawan penyakit. Maka dari itu, ketika pilek, kita perlu mengendalikan keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis ketika pilek.

3. Makanan olahan bisa menghambat proses penyembuhan

Seringkali kita kebingungan mencari makan sehingga memilih makanan olahan sebagai alternatifnya. Meskipun tidak semua makanan olahan berbahaya, tapi makanan dengan kandungan garam, gula, dan lemak tingkat tinggi bisa menyebabkan peradangan dan menunda proses penyembuhan. 

4. Keripik dapat menyebabkan iritasi tenggorokan

Foto: Ladiestory.id

Kebanyakan saat mengalami flu, biasanya dilengkapi dengan batuk atau sakit tenggorokan, Keripik jadi cemilan renyah yang mungkin menyebabkan iritasi tenggorokan dan memperpanjang masalah kesehatan.

5. Stroberi bisa membuat hidung semakin tersumbat

Foto: Ladiestory.id

Buah-buahan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Biasanya, buah-buahan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, untuk buah yang satu ini memang perlu dihindari karena stroberi hadir sebagai pelepas histamin tinggi sehingga hidung semakin tersumbat dan kurang knyaman.

Perhatikan Makanan yang Harus Dikonsumsi

Setelah mengetahui daftar makanan yang harus dihindari, berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat flu.

1. Jahe bantu mengatasi hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan

Foto: Ladiestory.id

Secangkir teh jahe panas bisa menjadi pilihan terbaik ketika Anda pilek. Karena, jahe memiliki efek analgesik dan antiinflamasi yang membantu melawan virus. Jahe bisa mengatasi hidung tersumbat, menekan batuk dan melegakan tenggorokan.

2. Cranberry bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan. Keunggulannya sering disebut quercetin. Manfaat dari buah ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah Cranberry dipercaya dampak mengurangi gejala pilek yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum jus.

3. Sup ayam mampu memberikan hidrasi dan gizi

Foto: Ladiestory.id

Salah satu andalan yang dinikmati ketika sedang flu. Sup ayam adalah makanan yang memberikan hidrasi, gizi dan menenangkan tubuh. Selain itu, sup ayam mengandung antiinflamasi yang dapat mengurangi gejala flu.

4. Jamur kaya akan kandungan nutrisi

Foto: Ladiestory.id

Makanan yang mudah didapat namun punya banyak khasiat bagi kesehatan yang baik. Jamur berperan sebagai penguat kekebalan dan sumber kaya akan selenium, magnesium dan seng. Selain itu, kandungan antivirus dalam jamur biasa dijadikan sebagai makanan penangkal dingin luar biasa.

5. Cabai rawit

Bahan makanan dengan rasa pedas, namun mengandung capsaicin. Senyawa yang dapat meredakan gejala flu. Proses kerja cabe seperti dekongestan dan ekspektoran dengan memecah lendir, meredakan batuk serta hidung tersumbat.

Itulah daftar makanan yang harus dihindari saat flu serta makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait