6 Bahaya Pemakaian Bra Terlalu Ketat

Jumat, 13 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Bahaya Pemakaian Bra Terlalu Ketat

Ilustrasi bra. (Special)

Ladiestory.id - Bra merupakan pakaian dalam wanita yang sering digunakan sehari-hari. Dalam menunjang penampilan dan keseharian dalam beraktivitas, ada baiknya kamu selalu memperhatikan pemakaian bra yang tepat. Pemilihan bra yang tepat dapat menjaga kekencangan payudara serta menjaga jaringan lemak di sekitarnya agar tidak menyebar dan terlihat gemuk.

Nah, kebanyakan wanita memilih bra dengan ukuran yang kecil agar terlihat seksi. Nyatanya, hal tersebut dapat menimbulkan berbagai bahaya yang dapat memicu masalah pada tubuh. Berikut enam bahayanya.

Picu Terjadinya Gangguan Pernapasan

Ilustrasi sesak napas. (Special)

Ladies, salah satu tanda bahaya pertama ketika menggunakan bra yang ketat adalah dapat memicu terjadinya gangguan pada sistem pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan otot-otot di sekitar dada menjadi sesak bahkan sulit bernapas.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka akan membuat tulang rusuk mendapatkan tekanan yang kuat sehingga kamu akan merasakan rasa sakit dan sesak yang luar biasa. Kamu dapat memilih bra tanpa kawat penyangga untuk aktivitas sehari-hari. Pastikan ukuran bra yang kamu pilih tidak terlalu kecil sehingga akan memudahkanmu bernapas.

Ganggu Postur Tubuh

Ilustrasi lelah. (Special)

Menggunakan bra yang terlalu ketat juga dapat mengganggu postur tubuh, lho. Bagi kamu yang sedang mengalami masa-masa pertumbuhan, ada baiknya jika kamu dapat memperhatikan hal ini, Ladies. Tingkat kekencangangn bra yang terlalu ketat dapat mempengaruhi postur tubuh tulang belakang.

Alhasil, tubuhmu akan menimbulkan gejala terjadinya ketegangan otot, khususnya di bagian dada, bahu, dan juga punggung. Tak hanya itu, kesalahan dalam menggunakan bra ini juga dapat membuat postur tubuhmu menjadi membungkuk.

Nyeri di Bagian Punggung

Ilustrasi nyeri punggung. (Special)

Selain merasa sesak di bagian dada, menggunakan bra yang ketat juga dapat memicu terjadinya rasa nyeri di bagian leher, punggung, maupun bahu. Hal ini dikarenkan tali bra yang kuat dan kencang membuat permukaan payudara menjadi penuh.

Alhasil, otot-otot bagian leher, punggung dan bahu akan mendapatkan tekanan yang sangat kuat sehingga mengakibatkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Tali bra yang kencang pun dapat menimbulkan bekas pada kulit bahkan kulit mengalami lecet atau iritasi.

Kulit Lecet

Ilustrasi nyeri punggung. (Special)

Seperti yang telah diterangkan di atas, penggunaan tali bra yang kuat dan kencang dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi lecet. Selain itu, gesekan dan tekanan pada kawat penyangga bra akan membuat kulit tubuh menjadi sensitif. Maka, tak heran jika penggunaan bra yang ketat dan kencang dapat mengakibatkan adanya goresan, lecet, dan luka pada kulit.

Sakit Kepala

Ilustrasi pusing. (Special)

Penggunaan bra yang ketat pun dapat memicu terjadinya sakit kepala, lho. Hal ini dikarenakan penggunaan bra yang terlalu kecil dan kencang akan mempengaruhi bagian leher.

Lalu, otomatis sakit itu ditransfer ke bagian kepala karena adanya pengaruh tekanan yang besar baik di bagian bahu hingga tulang belakang. Tekanan yang kuat di area leher ini akan membuat leher menjadi kaku disertai rasa pegal dan menimbulkan reaksi sakit kepala.

Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara. (Special)

Pemakaian bra yang ketat selama berjam-jam tentu akan membuat napas menjadi terganggu. Namun, bahaya lainnya yang muncul ialah dapat memicu terjadinya kanker payudara. Hal ini dapat disebabkan sirkulasi darah menjadi tersumbat serta rusaknya jaringan getah bening. Getah bening sendiri berfungsi sebagai pencuci racun yang terdapat pada payudara.

Nah, Ladies itulah enam bahaya yang muncul akibat sering menggunakan bra terlalu ketat. Walaupun dapat membuat penampilan menjadi indah dan terlihat seksi, alangkah baiknya jika kamu lebih mengutamakan kesehatan dirimu ya?