Begadang Sangat Tidak Dianjurkan, Emang Kenapa?

Kamis, 27 Januari 2022 | 12:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Begadang Sangat Tidak Dianjurkan, Emang Kenapa?

Ilustrasi orang begadang. (Special)

Ladiestory.id - Beberapa waktu lalu, kabar duka datang dari keluarga politisi sekaligus mantan aktris, Nurul Arifin. Anak sulungnya, Maura Magnalia ditemukan tak sadarkan diri di meja makan saat pagi hari.

Nurul Arifin mengungkapkan bahwa putri sulungnya tersebut meninggal karena henti jantung. Diketahui, Maura tengah sibuk mengurus wisuda S2-nya. Rupanya, kesibukan tersebut membuatnya kerap begadang hingga kurang tidur.

Nah, pasti Kamu tak asing dengan imbauan para ahli kesehatan tentang pentingnya tidur yang cukup dan hindari begadang. Tapi, selain begadang membuat jam tidur berkurang, tahu kah Kamu dampak buruk lainnya?

Berikut Ladiestory.id rangkum dari beberapa sumber.

Imunitas Menurunan

Ilustrasi terserang flu. (Special)

 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang kerap begadang atau tidur di bawah 6 hingga 7 jam, akan mengalami penurunan imunitas atau daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat Kamu rentan terserang penyakit.

"Hasil konsisten dengan penelitian yang menunjukkan ketika orang-orang tidak cukup tidur diberi vaksin, ada tanggapan antibodi rendah dan jika Anda mengekspos pada orang yang kurang tidur, maka mereka lebih mungkin untuk mendapatkan virus rhinovirus-virus yang menyebabkan flu," ujar Nathaniel Watson seorang pemimpin peneletian dari Universitas Washington di Seattle.

Risiko Terserang Diabetes

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism diungkapkan bahwa kurang tidur dapat membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin. Hal ini akan mengakibatkan penumpukan glukosa dalam darah sehingga Kamu akan berisiko terserang diabetes.

Melemahkan Otak

Ilustrasi otak. (Special)

Peneliti di Universitas California pada 2017 mengungkapkan bahwa otak mengalami kesulitan untu menerjamahkan informasi yang diterimanya. Hal ini disebabkan neuron-neuron di otak salah komunikasi dalam mengirimkan “informasi” ke otak, sehingga mempengaruhi ingatan.

Risiko Sakit Jantung

Ilustrasi orang sakit jantung. (Special

 

Siapa bilang penyakit jantung hanya milik orang lanjut usia? Dengan kebiasaan buruk begadang atau tidur kurang dari 5 jam, sebuah penelitian dari Current Cardiology Reviews mengungkapkan risiko terkena jantung coroner dan meningkatnya hipertensi.

Risiko Depresi

Ilustrasi orang depresi. (Special)

Orang yang sering begadang atau kurang cukup tidur, berisiko mengidap depresi. Meskipun begitu peneliti masih melakukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Namun mereka memastikan begadang dan depresi memiliki kaitan yang sangat kuat.