Cara Cepat Haid yang Mudah Untuk Diterapkan

Sabtu, 17 Februari 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Cara Cepat Haid Yang Mudah Untuk Diterapkan

Ilustrasi Haid pada Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Pada umumnya, seorang perempuan sudah mengetahui bahwa siklus menstruasi atau haid mereka berkisar di 21 hingga 35 hari. Meski begitu, terkadang ada saja perempuan yang ingin mempercepat siklus haidnya karena berbagai alasan.

Beberapa pertimbangan untuk mempercepat siklus haid adalah melakukan ibadah keagamaan, berlibur ke tempat yang diidam-idamkan, atau hal lainnya yang mengharuskan perempuan tampil maksimal tanpa harus “terganggu” oleh keluhan datang bulan.

Berikut cara cepat haid yang bisa diterapkan.

Konsumsi Vitamin C

Ilustrasi Vitamin C. (Freepik.com)

 

Vitamin C dipercaya bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron dalam tubuh. Hal ini kemudian akan membuat uterus atau rahim berkontraksi, dan dinding rahim pun akan meluruh, sehingga bisa mempercepat haid.

Lakukan Relaksasi

Ilustrasi Relaksasi. (Freepik.com)

 

Haid yang tidak teratur biasanya disebabkan oleh rasa stres yang melanda seorang perempuan. Oleh karena itu, seseorang bisa melakukan relaksasi untuk meredakan stres yang bisa jadi solusi sebagai cara cepat haid.

Konsumsi Kunyit

Ilustrasi Kunyit. (Freepik.com)

 

Kunyit disebut dapat mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh. Konsumsi kunyit dipercaya dapat menurunkan kadar progesteron, dan bisa jadi salah satu cara cepat haid.

Kurangi Aktivitas Berat

Ilustrasi Aktivitas Berat. (Freepik.com)

 

Perempuan yang berprofesi sebagai atlet profesional atau yang sering melakukan aktivitas berat biasanya mengalami haid yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena menurunnya kadar estrogen dalam tubuh imbas dari olahraga dengan intensitas tinggi. 

Karenanya, seorang perempuan yang siklus haid nya tidak teratur dianjurkan untuk mengurangi aktivitas berat agar kadar hormon dalam tubuh menjadi seimbang dan tidak mengganggu siklus haid nya.

Kompres Air Hangat di Perut

Ilustrasi Kompres Air Hangat. (Freepik.com)

 

Kompres hangat atau berendam dalam air hangat, bisa membantu otot agar lebih rileks. Selain itu, energi panas yang diterima tubuh juga akan melancarkan aliran darah ke rahim. Hal ini yang membuat cara cepat haid ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif.

Konsumsi Jahe

Ilustrasi Jahe. (Freepik.com)

 

Cara cepat haid berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe dipercaya bisa memicu kontraksi pada rahim. Oleh karena itu, rempah yang satu ini disebut dapat membantu mempercepat datangnya haid.

Lakukan Hubungan Seksual

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Cara ini berlaku bisa diterapkan bagi perempuan yang sudah menikah, karena nyatanya melakukan hubungan seksual dengan pasangan seorang perempuan akan mengalami orgasme dan bisa memicu terjadinya haid.

Orgasme saat melakukan berhubungan, akan membuat leher rahim wanita melebar. Sehingga timbullah daya yang menarik darah menstruasi untuk turun, sehingga haid pun jadi lebih cepat.

Jaga Berat Badan

Ilustrasi Timbangan Berat Badan. (Freepik.com)

 

Berat badan ternyata bisa memengaruhi siklus haid dan menjadi penyebab haid datang terlambat. Berat badan yang terlalu rendah, berisiko menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau justru sama sekali berhenti. Pasalnya, tubuh memerlukan lemak untuk memproduksi hormon yang berkaitan dengan menstruasi.