5 Cara Jaga Kesehatan Tulang dan Otot, Jangan Tunggu Sampai Terlambat!

Kamis, 11 Agustus 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Jaga Kesehatan Tulang Dan Otot, Jangan Tunggu Sampai Terlambat!

Ilustrasi olahraga. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki tulang dan otot yang kuat merupakan dambaan setiap orang. Sebab, tulang memiliki fungsi sebagai penunjang tubuh, melindungi organ dalam tubuh hingga membantu tubuh dalam menyimpan nutrisi, seperti kalsium.

Ada beragam cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan ototmu. Upaya semacam ini perlu dilakukan sejak dini supaya dapat melindungimu dari berbagai masalah tulang dan otot yang bisa muncul di kemudian hari.

Namun, seperti apa cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang dan otot? Berikut lima cara yang dapat kamu lakukan.

Rajin Olahraga

Ilustrasi olahraga. (Special)

Melakukan olahraga secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Sebuah studi mengungkapkan bahwa olahraga sangat baik untuk mendorong pertumbuhan tulang, meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat sendi dan otot hingga mencegah tulang mudah keropos.

Kamu dapat melakukan berbagai jenis olahraga, seperti jalan santai, naik turun tangga, stretching hingga latihan angkat beban minimal 30 menit sehari. Sehingga, kamu bisa mendapat manfaat yang maksimal.

Penuhi Kebutuhan Kalsium

Ilustrasi minum susu. (Special)

Kalsium merupakan mineral yang paling utama dalam tulang. Zat ini menjadi salah satu komponen utama dalam menyusun dan membentuk struktur jaringan tulang. Sehingga, sangat penting bagi kamu untuk selalu memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari supaya kesehatan tulang dan otot selalu terjaga.

Bagi orang dewasa, memerlukan kebutuhan kalsium sebanyak 1.000 mg dan 1.200 mg bagi lansia usia 50 tahun ke atas. Jika kamu ingin memenuhi kebutuhan kalsium, perbanyak konsumsi makanan tinggi kalsium, seperti susu, keju, yoghurt, kangkung, kacang, brokoli tempe, ikan teri, hingga ikan sarden.

Selalu Cukupi Asupan Vitamin D

Ilustrasi berjemur. (Special)

Selain kebutuhan kalsium, tulang dan ototmu juga memerlukan asupan vitamin D. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot supaya tetap kuat.

Vitamin D memiliki fungsi membantu tubuhmu dalam menyerap kalsium dan mencegah pengeroposan tulang. Direkomendasikan bagi orang dewasa membutuhkan 15 mikrogram vitamin D, sedangkan lansia sekitar 20 mikrogram.

Kamu dapat mencukupi kebutuhan vitamin D melalui sinar matahari pada pagi dan sore hari. Lalu, melalui makanan, seperti ikan, jamur, telur susu dan keju.

Perbanyak Konsumsi Makanan Penuh Nutrisi

Ilustrasi konsumsi makanan sehat. (Special)

Kebutuhan nutrisi untuk tubuh sangat penting. Nutrisi yang berperan pada kesehatan tulang dan otot seperti protein, magnesium, vitamin C, vitamin K, omega-3 dan zinc. 

Ketika mengonsumsi beragam nutrisi ini, akan membantu peningkatan penyerapan kalsium dan mendorong produksi sel-sel pembentuk jaringan tulang, melindungi sel-sel tulang dari kerusakan, sekaligus menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Pastikan, kamu mulai membiasakan diri menerapkan pola makanan yang bergizi dan penuh nutrisi. Kamu dapat mengonsumsi sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan, telur hingga kacang-kacangan.

Konsumsi Suplemen Kesehatan Tulang

Ilustrasi suplemen. (Special)

Selain melakukan empat cara di atas, kamu juga dapat mendorong kesehatan tulang dan ototmu semakin terjaga dengan konsumsi suplemen. Suplemen yang paling utama dikonsumsi adalah yang memiliki kandungan vitamin D dan mineral. Sebab, dapat melengkapi asupan nutrisi yang kurang dan membuat kesehatan serta kepadatan tulang selalu terjaga.

Supaya menghindari efek samping yang berlebihan, kamu dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dilakukan supaya penggunaan suplemen sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuhmu.

Kamu dapat mulai menerapkan lima tips di atas dan jangan tunggu sampai terlambat. Salam sehat dan selamat mencoba, Ladies!