Cara Mencegah Skindemik, Masalah Kulit Akibat Penggunaan Masker

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:15:00

Cara Mencegah Skindemik, Masalah Kulit Akibat Penggunaan Masker

Skindemik (Special)

Ladiestory.id - Saat ini, semua orang diwajibkan untuk selalu menaati protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker. Namun, penggunaan masker yang terlalu lama sering membuat kulit wajah lembab dan mengeluarkan keringat yang mengendap pada masker.

Padatnya aktivitas membuat kamu sering lupa untuk mengganti masker saat digunakan. Hal ini menjadi pemicu terjadinya skindemik.

Skindemik merupakan masalah kulit yang diakibatkanoleh penggunaan masker dalam jangka waktu lama. Tak hanya pada orang yang tidak menggunakan make up, skindemik dapat terjadi juga pada wanita yang biasanya menggunakan riasan saat di luar rumah. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah skindemik.

Rutin Membersihkan wajah

Ilustrasi membersihkan wajah. (Ladiestory.id)

Saat kamu sering menggunakan make up di luar rumah, sangat penting untuk rutin membersihkan wajah. Karena, saat make up terdapat debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Jika terus dibiarkan akan menimbulkan masalah kulit.

Apalagi saat menggunakan masker, biasanya kulit wajah akan terasa lebih lembab dan mengeluarkan banyak keringat. Keringat inilah yang bisa membuat kamu lebih rentan timbul jerawat, komedo, atau masalah kulit lainnya.

Jangan malas ganti masker

Ilustrasi melepas masker. (Special)

Penggunaan masker memang baik untuk kesehatan, namun jika masker terlalu lama dipakai juga tidak baik. Cara efektif untuk mengganti masker adalah maksimal setiap empat jam sekali. Masker yang digunakan dalam jangka waktu lama akan lembab atau basah dan kotor. Apalagi jika kamu menggunakan make up, akan lebih rentan meninggalkan bekas karena maskerproof dari riasan di wajah.

Kamu bisa gunakan masker yang sekali pakai untuk menjaga baik kesehatan tubuh ataupun kesehatan kulit wajahmu. Dengan rutin ganti masker, kamu akan terhindar berbagai masalah kulit dan kulit wajah akan sehat.

Gunakan Pelembab

Ilustrasi penggunaan skincare. (Special)

Pelembab atau moisturizer sangat baik untuk mencegah dehidrasi atau kulit kering. Selain itu, pelembab wajah juga dapat bantu menutrisi kulit wajahmu agar menyerap kulit saat pakai masker. Kulit wajah juga akan terhindar dari kusam, kemerahan, dan gatal yang terjadi akibat sering pakai masker.

Gunakan Lip Balm

Ilustrasi Manfaat Lip Balm (pinterest)

saat kamu pakai masker, tak hanya wajah saja yang dapat dicegah. Bibir kamu juga perlu nutrisi agar tetap lembab dan tidak kering. Kamu bisa gunakan lip balm favoritmu untuk melembabkan bibir kamu saat pergi ke luar menggunakan masker. Bibir yang kering akan menyebabkan pecah-pecah, pucat, bahkan sariawan. Bibir yang pecah-pecah akan membuat lipstik kamu menjadi tidak rata dan berantakan.

Rutin minum air putih

ilustrasi minum air putih (pinterest)

Manfaat minum air putih sangatlah banyak, salah satunya mencegah kulit wajah breakout. Memiliki asupan air yang cukup dalam tubuh sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat dan bruntusan kembali.