5 Buah yang Mengandung Vitamin D, Sangat Baik Buat Si Kecil

Senin, 20 September 2021 | 10:17:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Buah Yang Mengandung Vitamin D, Sangat Baik Buat Si Kecil

Foto: Ladiestory.id

Tahukah Anda jika vitamin D memiliki peranan yang penting untuk menjaga kesehatan tulang si Kecil? Vitamin D dapat  meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh si kecil untuk mendukung kekuatan tulang dan giginya.

Vitamin D juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi risiko berbagai penyakit. Manfaat ini bisa Anda temukan dari sumber makanan, salah satunya dari buah-buahan yang mengandung cukup vitamin D.

Buah  yang Mengandung Vitamin D

Inilah buah yang mengandung vitamin D yang baik buat pertumbuhan si kecil.

1. Mangga

Foto: Ladiestory.id

Salah satu buah yang mengandung vitamin D adalah mangga. Buah mangga memiliki rasa yang manis dan segar, karena itu buah ini biasanya digemari oleh anak-anak.

Buah berwarna kuning ini mengandung banyak nutrisi yang baik buat kesehatan si Kecil, seperti serat, karbohidrat, gula, asam folat, kalium, magnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin D. 

Dari sekian banyaknya kandungan nutrisi tersebut, mangga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut, serta menurunkan risiko anemia. 

2. Jeruk

Jeruk memang terkenal mengandung vitamin C yang tinggi, tapi jeruk juga mengandung vitamin D yang baik buat si Kecil. Buah jeruk bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, mendukung kesehatan tulang, menurunkan kolesterol, melindungi jantung serta mengontrol tekanan darah.

3. Anggur

Foto: Ladiestory.id

Buah selanjutnya yang mengandung vitamin D adalah anggur. Meskipun kandungan vitamin D dalam buah anggur termasuk rendah. Namun, buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan si kecil, karena adanya kandungan nutrisi dari vitamin dan mineral lainnya, seperti kandungan vitamin C, zat besi, serat, kalsium, dan zinc.

Manfaatnya untuk si Kecil antara lain kaya oksidan, melancarkan pencernaan, mengurangi risiko infeksi pernapasan, serta  membantu melindungi sistem saraf.

4. Kiwi

Sama seperti anggur, kandungan vitamin D dalam buah kiwi juga cukup rendah. Tapi, buah yang berwarna hijau ini kaya akan manfaat, lo. Kiwi kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam folat dan kalsium.

Buah kiwi juga mengandung banyak antioksidan dan serat. Buah kiwi bermanfaat untuk membantu meredakan asma, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi risiko penyakit. 

5. Jambu Biji

Foto: Ladiestory.id

Buah lainnya yang mengandung vitamin D yang baik buat kesehatan si kecil adalah jambu biji. Buah ini juga mengandung, vitamin A, vitamin C, serat, protein, zat besi, magnesium, dan kalium serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan si Kecil.

Sementara manfaat jambu biji adalah untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Nah, itulah bunda 5 buah yang mengandung vitamin D yang cukup baik buat kesehatan si kecil. Jadi vitamin D bukan hanya di dapat dari sinar matahari saja ya, tapi bisa juga dengan konsumsi makanan dan buah-buahan yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat