8 Cara Cepat Haid yang Aman dan Alami

Minggu, 5 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Cara Cepat Haid yang Aman dan Alami

Foto: Ladiestory.id

Bagi seorang wanita, haid adalah salah satu hal yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, tak sedikit yang mencari cara untuk mempercepat haid agar tamu bulanan ini tidak datang saat kondisi penting. Apa saja cara cepat haid yang aman dan alami? Berikut ulasannya.

Cara Cepat Haid

Berikut cara yang aman dan alami serta efektif untuk mempercepat datangnya haid.

1. Konsumsi Vitamin C

Cara Cepat Haid
Foto: Ladiestory.id

Vitamin C dipercaya bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron dalam tubuh. Hal ini kemudian akan membuat uterus atau rahim berkontraksi, dan dinding rahim pun akan luruh, sehingga terjadilah menstruasi.

Meski begitu, belum ada penelitian yang memastikan bahwa cara ini bisa  mempercepat datangnya haid. Anda perlu lebih berhati-hati saat melakukannya. Jangan konsumsi suplemen vitamin C berlebihan, karena akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan.

2. Kurangi Aktivitas yang Berat

Wanita yang berprofesi sebagai atlet profesional biasanya mengalami haid yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena menurunnya kadar estrogen dalam tubuh efek dari olahraga berintensitas terlalu tinggi. Hingga menyebabkan haid yang tidak kunjung datang.

Untuk mempercepat datangnya haid tersebut, Anda bisa mengurangi intensitas olahraga yang berat agar kadar hormon dalam tubuh bisa seimbang.

3. Lakukan Relaksasi

Cara Cepat Haid
Foto: Ladiestory.id

Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah stres berat , karena itu, Anda bisa melakukan relaksasi untuk meredakan stres sehingga membantu haid cepat datang, terutama bagi Anda yang mengalami terlambat haid.

4. Konsumsi Kunyit

Kunyit disebut dapat mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh. Konsumsi kunyit dipercaya dapat menurunkan kadar progesteron, dengan begitu dapat mempercepat datangnya haid.

5. Kompres Hangat Di Area Perut

Cara Cepat Haid
Foto: Ladiestory.id

Kompres hangat atau berendam dalam air hangat, bisa membantu otot agar lebih rileks. Selain itu, energi panas yang diterima tubuh juga akan melancarkan aliran darah ke rahim. Hal ini yang membuat metode untuk cepat haid ini  dilihat sebagai salah satu cara yang efektif.

6. Konsumsi Jahe

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat haid, salah satunya adalah dengan konsumsi jahe. Jahe dipercaya bisa memicu kontraksi pada rahim. Karena itulah, rempah yang satu ini disebut dapat membantu mempercepat datangnya haid. 

7. Berhubungan Seksual

Cara Cepat Haid
Foto: Ladiestory.id

Cara cepat haid yang satu ini mungkin tidak banyak yang tahu. Tapi, nyatanya, saat wanita mengalami orgasme saat berhubungan seksual bisa memicu terjadinya haid. 

Orgasme saat melakukan berhubungan, akan membuat leher rahim wanita melebar. Sehingga timbullah daya yang menarik darah menstruasi untuk turun, sehingga haid pun jadi lebih cepat.

Selain itu, melakukan hubungan seksual secara teratur juga bisa mengurangi stres, sehingga membantu mengatur siklus menstruasi agar lebih teratur.

8. Menjaga Berat Badan

Perubahan berat badan bisa mempengaruhi siklus haid dan menjadi penyebab haid datang terlambat. Berat badan yang terlalu rendah, berisiko menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau justru sama sekali berhenti. Pasalnya, tubuh memerlukan lemak untuk memproduksi hormon yang berkaitan dengan menstruasi.

Begitu pula dengan memiliki berat badan yang berlebihan juga bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur. Oleh sebab itu, menjaga berat badan tetap seimbang adalah cara mempercepat haid yang ampuh dan aman untuk kesehatan tubuh jangka panjang. 

Itulah beberapa cara cepat haid yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat.