Dijamin Ampuh! 7 Cara Agar Tidur Malam Menjadi Nyenyak

Kamis, 10 Februari 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Dijamin Ampuh! 7 Cara Agar Tidur Malam Menjadi Nyenyak

Ilustrasi perempuan tidur nyenyak. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang yang mempermasalahkan jam tidur. Rekomendasi yang baik untuk tidur kisaran 7 hingga 8 jam. Sebab tidur adalah salah satu hal yang penting unuk tubuh.

Jika jam tidur terpenuhi, maka tubuh dapat mampu memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak lalu membangun yang baru. Namun sayangnya, banyak orang juga mempermasalahkan tidur yang tidak nyenyak.

Sebenarnya takaran tidur berkualitas tidak diukur dari berapa lamanya tutup mata. Namun, saat kita mampu membuat gelombang otak masuk ke dalam vase tidur lelap. Oleh sebab itu, coba 7 cara di bawah ini agar tidur menjadi lebih nyenyak

Batasi Waktu Tidur Siang

Ilustrasi perempuan sedang tidur siang. (Special)

 

Tidur siang memang memiliki manfaat bagi tubuh. Namun jika menginginkan tidur malam yang nyenyak, usahakan untuk membatasi waktu tidur siang Kamu. Disarankan untuk tidur siang tidak lebih dari 20 menit.

Jika tidak ingin tidur siang, Kamu bisa mengalihkan dengan melakukan kegiatan lain. Seperti jalan-jalan, berbincang dengan keluarga, baca buku, nonton film, dan masih banyak lagi.

Kurangi Paparan Cahaya di Malam Hari

Ilustrasi orang begadang. (Special)

Jika ingin mendapatkan tidur malam nyenyak, sebaiknya kurangi sinar cahaya di malam hari. Memang dalam hal ini sering menimbulkan dua kubu, sebab ada yang suka tidur dengan nuansa gelap. Namun sebaliknya, ada yang tidak bisa tidur jika gelap.

Namun jika sejatinya sinar lampu di malam hari membuat kualitas tidur buruk. Sebab ritme sirkadian kita tertipu dan berpikir waktu itu masih siang hari.

Sehingga mengurangi hormon melatonin untuk rileks dan tidur nyenyak. Terutama, cahaya biru dari smartphone akan memberikan risiko buruk bagi kesehatan.

Jangan Makan Malam dekat Waktu Tidur

Ilustrasi perempuan ngemil sebelum tidur. (Special)

Usai makan, tentu kita tidak ingin langsung tidur ataupun sekedar berbaring. Sebab tubuh memerlukan proses untuk mencerna makanan tersebut.

Terlebih jika usai makan langsung tidur akan meningkatkan kadar asam lambung dan menimbulkan sakit maag. Bahkan tak jarang akan menimbulkan rasa panas di dada, perut, tenggorokan.

Oleh sebab itu sangatlah penting untuk memberi jeda dari makan mau ke waktu tidur. Agar kita dapat memberi waktu untuk proses pencernaan.

Mandi Air Hangat

Ilustrasi mandi menggunakan air hangat. (Special)

 

Banyak mitos yang mengatakan mandi malam akan membuat rematik. Namun nyatanya mandi air hangat sebelum tidur mampu membuat tidur malam lebih berkualitas dan nyenyak.

Hal ini diakibatkan suhu meningkat usai mandi air hangat sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun ingat untuk segera keluar kamar mandi dan langsung mengeringkan diri agar tidak kedinginan.

Mendengarkan Musik

Ilustrasi perempuan mendengarkan musik. (Special)

 

Mendengarkan musik mampu membuat seseorang lebih cepat ngantuk dan membuat tidur lebih berkualitas. Namun tentu saja pilih lagu yang menenangkan.

Hal ini pun telah diungkapkan melalui sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 25 partisipan. Mereka mendengarkan musik selama 45 menit sebelum tidur.

Dari 25 partisipan tersebut mengaku jika kualitas tidur lebih baik saat mendengarkan musik dibanding tidak sama sekali.

Stop Minum Kopi dan Alkohol

Ilustrasi minum kopi sebelum tidur. (Special)

 

Hentikan kebiasaan minum kopi dan alkohol dari sore menjelang malam. Jangan minum apapun termasuk teh, kopi, minuman energi, soda, bahkan permen cokelat jika menginginkan tidur yang berkualitas. Jika ingin mengonsumsinya setidaknya delapan jam sebelum tidur.

Mengatur Suhu Kamar

Ilustrasi orang menggunakan selimut. (Special)

 

Suhu kamar rupanya dapat mempengaruhi kualitas tidur yang baik. Suhu kamar yang ideal untuk tidur nyenyak adalah 20-23°C. Bila perlu Kamu juga bisa tidur tanpa pakaian.

Jika tidak, Kamu bisa mencari tahu suhu yang tepat dan nyaman untuk tidur. Sebab jika terlalu kepanasan atau kedinginan ketika tidur membuat kita terbangun dan tidak tercipta kualitas tidur yang baik.