Kembali Bekerja Setelah Lebaran, Begini Cara Tidur Lebih Cepat

Rabu, 26 April 2023 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Kembali Bekerja Setelah Lebaran, Begini Cara Tidur Lebih Cepat

Ilustrasi Wanita Tidur. (Special)

Ladiestory.id - Libur lebaran telah berakhir, kini saatnya kita untuk kembali menemui rutinitas untuk kembali bekerja setelah menikmati libur. Agar kondisimu baik dan tetap semangat untuk kembali ke kantor, kamu harus menyiapkan energimu agar tetap semangat dalam kembali bekerja.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidur lebih cepat. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, kamu akan lebih bersemangat untuk kembali bekerja. Begini cara agar kamu bisa tidur lebih cepat.

Atur Jadwal Tidur

Buat Jadwal Tidur. (Special)

 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengatur jadwal tidurmu. Umumnya, kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup selama 7 sampai 9 jam setiap harinya.

Untuk itu kamu harus menetapkan jam tidur dan jam bangunmu untuk mencapai waktu tidur yang cukup. Kamu perlu menyelesaikan aktivitas lainnya terlebih dahulu sebelum jam tidurmu tiba, sehingga kamu tak perlu tidur lebih larut.

Gunakan Aromaterapi

Gunakan Aromaterapi. (Special)

 

Terkadang kita sering kali mengalami susah tidur ketika ingin tidur lebih cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan aromaterapi untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mudah untuk tidur.

Kamu dapat memilih beberapa jenis aromaterapi seperti lilin, diffuser, atau minyak esensial.

Matikan Lampu

Matikan Lampu Ruangan. (Special)

 

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan lampu kamar. Kondisi kamar yang gelap dapat meningkatkan produksi melatonin atau hormon penting untuk tidur. Dengan kondisi ruangan yang gelap, dapat membantu kamu untuk bisa tidur lebih cepat.

Namun, jika kamu tidak suka kegelapan, kamu bisa cukup mengganti lampu tidurmu dengan lampu yang memiliki cahaya yang lebih redup.

Turunkan Suhu Udara

Turunkan Suhu Ruangan. (Special)

 

Untuk membuat suasana yang nyaman saat ingin tidur, kamu dapat menurunkan suhu ruanganmu. Karena suhu kamar yang terlalu panas dapat membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan sulit tidur. Kamu bisa mengatur suhu udara sekitar 15-23 derajat celsius.

Hindari Tidur Siang

Hindari Tidur Siang. (Special)

 

Untuk dapat tidur lebih cepat, kamu harus menghindari tidur di siang hari agar dapat tidur lebih cepat di malam hari. Kebiasaan tidur siang apalagi tidur siang yang terlalu lama akan mempengaruhi pola tidur di malam hari.

Kamu bisa menggunakan waktu siangmu dengan melakukan hal-hal produktif, sehingga di malam hari tubuh yang merasa lelah akan bisa dengan mudah untuk tertidur.

Hindari konsumsi kafein

Hindari Konsumsi Kafein. (Special)

 

Kamu harus menghindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, karena kandungan kafein dapat membuatmu tetap terjaga di malam hari. Meski efek kandungan kafein di tiap orang akan berbeda-beda, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsinya sebelum tidur agar kamu bisa tidur lebih cepat.

Matikan perangkat elektronik

Matikan Perangkat Elektronik. (Special)

 

Cara yang dapat kamu lakukan berikutnya untuk bisa tidur lebih cepat adalah dengan mematikan semua perangkat elektronik terkhusus handphone. Kamu harus bersikap tegas pada dirimu untuk tidak menggunakan perangkat elektronik apabila ingin tidur lebih cepat.

Pasalnya, menggunakan perangkat elektronik pada malam hari dapat memberikan pengaruh buruk yang dapat memengaruhi kualitas tidur.