Kenali Tanda-tanda Pasangan Overprotektif

Senin, 22 Agustus 2022 | 21:45:00

Kenali Tanda-Tanda Pasangan Overprotektif

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

Ladiestory.id - Saat menjalin suatu hubungan, kamu perlu saling mengenal sifat dan karakter pasangan sebelum melanjutkan ke jenjang serius. Mengenal sifat pasangan juga sangat perlu kamu pahami. Salah satu sikap yang sering kali membuat pertengkaran pada hubungan adalah sifat overprotektif.

Overprotektif merupakan perasaan khawatir dan cemas yang berlebihan pada seseorang, sehingga dia ingin selalu melindungi dan ingin tahu tentang dirimu secara berlebihan.

Posesif dan overprotektif merupakan kedua sifat yang hampir sama. Posesif merupakan akar atau dasar dari perasaan ingin tahu tentang pasangan terlalu berlebihan. Sementara, overprotektif cenderung kurang merasa percaya pada pasangannya. Berikut tanda pasangan kamu overprotektif.

Selalu cek ponselmu

Ilustrasi Pria Sibuk Main Handphone. (Special)

Tanda pasangan overprotetif ini bisa menjadi salah satu tanda yang mudah untuk ditemui. Rasa curiga dan khawatir yang meningkat membuatnya selalu ingin tahu tentang kehidupanmu, baik itu langsung ataupun kegiatanmu di handphone.

Pasangan dengan sifat ini akan terus mengecek handphone kamu dan berusaha mencari tahu lebih dalam. Tentu sifat ini akan membuat pasangan tidak nyaman dan menyebabkan pertengkaran. Meskipun pasangan melakukan overprotetif karena cinta, namun bisa membuat masalah di hubungan dengan kecurigaan yang berlebihan.

Sering Intimidasi

Pasangan egois. (Special)

Tanda pasangan overprotektif lainnya, adalah sering mengintimidasi kamu. Intimidasi pasangan merupakan gertakan atau ancaman yang dilakukan pada seseorang agar menuruti perkataannya.

Intimidasi dapat memberikan efek buruk seperti terganggunya kesehatan mental. Selain itu, orang yang mengalami intimidasi akan cenderung depresi, rendah diri, dan merasa dikekang.

Cemburu Berlebihan

Ilustrasi suami cemburu. (Special)

Orang yang memiliki perasaan cemburu berlebihan, artinya dirinya merasa kurang percaya diri. Biasanya, cemburu ini akan membuat kamu sering membanding-bandingkan diri sendiri kepada seseorang. Perasaan rendah dirilah yang picu pasangan untuk cemburu berlebihan.

Perasaan cemburu yang berlebihan sering kali membuat hubungan menjadi rusak. Selain itu, akibat pasangan terlalu cemburuan, kamu akan merasa kesulitan untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Mengungkit masa lalu

Ilustrasi pasangan marah. (Special)

Overprotektif bisa terjadi apabila pasangan pernah mengalami trauma atau perasaan yang membuat tidak dapat dipercaya lagi. Hal ini sangat mendorong pasangan menjadi mudah curiga dan khawatir.

Tanda pasangan overprotektif lainnya, adalah sering mengungkit masal alu kamu. Dia sering membahas masalah-masalah yang sudah berlalu atau bahkan masalah yang sepele. Hal ini akan mendorong hubungan kamu dan pasangan menjadi bermasalah.

Sering disalahkan pasangan

Ilustrasi pasangan marah. (Special)

Ini menjadi sifat yang termasuk dalam toxic relationship. Sering disalahkan pasangan akan memicu pertengkaran dalam hubungan. Umumnya, pasangan jadi sering menyalahkan akibat jenuh atau bosan dengan hubungan. Memang rasa bosan menjadi halangan dan rintangan yang sering terjadi, dan seharusnya dilalui bersama.

Komunikasi bisa menjadi cara efektif untuk mencegah pasangan yang sering menyalahkan. Komunikasi memang sangat penting agar hubungan dapat berjalan tanpa hambatan. Selain itu, rasa saling percaya terhadap pasangan juga dapat kamu coba agar pasangan tidak mudah overprotektif.