Ketahui Nih, 5 Macam Self Care yang Harus Kamu Terapkan untuk Perkembangan Diri!

Jumat, 1 November 2019 | 09:16:43

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Ketahui Nih, 5 Macam Self Care Yang Harus Kamu Terapkan Untuk Perkembangan Diri!

Akhir-akhir ini topik self care sering menjadi perbincangan antar perempuan, bahkan tak jarang pria yang sedang dalam masa memperbaiki keseimbangan hidupnya pun juga membicarakan hal ini bersama kawan-kawannya. Self care merupakan istilah yang digunakan ketika kita mulai sadar, bahwa ada beberapa hal di dalam diri yang mesti diperbaiki dan dirawat sejak dini. Biasanya, yang menjadi fokus dalam usaha pembenahan diri itu adalah tentang fisik dan mental. Padahal, tidak cuma dua hal itu saja lho yang perlu kamu pedulikan, Ladies! Nih, berikut ini ada 5 macam self care lainnya yang harus kamu terapkan dalam keseharianmu agar kualitas dirimu semakin berkembang dan tentunya harmonis.

1. Social Self Care

Berbincang bersama sahabat itu menenangkan

Berinteraksi sosial dengan beberapa orang agaknya cukup penting bagi kita yang ingin membangun relasi dan jaringan. Namun, barangkali untuk kamu yang memiliki karakter introvert, kamu akan merasa kurang nyaman jika bertemu dengan banyak orang. Berbeda jika kamu mempunyai kepribadian extrovert, pastinya kamu akan tetap merasa aman berada di tengah-tengah sekumpulan orang-orang baru, bahkan di tengah keramaian. Tapi, tenang saja, untuk kamu yang berkepribadian introvert, kamu tetap bisa merawat kehidupan sosialmu dengan menghabiskan sebanyak-banyaknya waktu bersama orang yang kamu cintai dan percayai, misalnya saja dengan mengajak mereka makan siang, kencan, traveling bersama, dan sharing. Nah, kebersamaan itu pasti akan membuatmu mendapatkan lebih banyak pendukung dalam hidup.

2. Spiritual Self Care

Biasanya, meditasi adalah aktivitas terbaik menenangkan pikiran

Tak melulu berhubungan dengan keagamaan, spiritual self care bisa kamu terapkan dengan melakukan hal-hal yang bisa memberimu kedamaian jiwa, seperti berjalan-jalan di alam liar, meditasi, membaca buku dengan tema memaknai hidup dan manusia, menulis jurnal pribadi dengan mengeluarkan segala pikiran dan rasa, juga memberikan sumbangan atau sedekah untuk orang-orang yang tidak mampu. Di samping itu, kamu juga bisa sesekali menghadiri acara keagamaan atau seminar tentang perkembangan diri dan ketenangan batin. Pastinya, hal itu dapat memberikan inspirasi untukmu ketika memutuskan pilihan-pilihan yang perlu kamu tentukan.

3. Emotional Self Care

Menangislah jika kamu ingin menangis

Bukan cuma tentang fisik dan mental, emosi kita juga perlu diperbaiki dan dirawat lho, Ladies! Sebab, perasaan merupakan pasangan sejati logika ketika kamu hendak memutuskan segala sesuatu. Beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menjaga keseimbangan emosional adalah dengan tetap berkata sesuai yang ada di hati dan pikiranmu. Misalnya saja, berani untuk tetap berkata tidak, menangis jika memang air mata sudah tidak bisa dibendung lagi, dan berbagi perasaan suka dan duka dengan orang yang sangat kita percayai.

4. Intellectual Self Care

Membaca buku bisa menaikkan tingkat intelektualitasmu

Self care tipe ini bisa membantumu meningkatkan wawasan dan mendapatkan profesi yang kamu inginkan. Sebab, jika kamu rutin merawat pikiran dan pandai menggunakan logika, tentunya kamu bisa menjadi pribadi yang lebih rasional ketika mengambil keputusan, maupun saat bertindak. Nah, kamu bisa meningkatkan intelektualitasmu dengan rajin membaca buku-buku fiksi dan non-fiksi, giat membaca berita dan artikel terkini, mempelajari berbagai bahasa baru, bermain puzzle atau permainan yang mengasah otak, juga menonton film dokumenter dan sejarah yang bisa kamu dapatkan di internet maupun di forum-forum perfilman.

5. Sensory Self Care

Berjalan di atas pasir dengan kaki telanjang dapat meningkatkan kepekaan

Sensori merupakan rangsangan atau stimulus yang muncul dari dalam dan luar tubuh ketika adanya senggolan fisik atau ketika fisik tersentuh sesuatu. Sensori yang dirawat dengan baik akan meningkatkan kepekaan di dalam diri, terutama pada panca indera, seperti pengelihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan sentuhan. Untuk meningkatkan sensori ini, kamu bisa menonton tayangan yang bisa menggugah emosi, mendengarkan musik yang bisa menenangkan pikiranmu, mandi air hangat dengan minyak esensial favorit, memakan masakan ibu yang penuh rindu, juga berjalan di atas bebatuan kecil tanpa alas kaki.

Nah, setelah mengetahui 5 macam self care yang perlu diperbaiki dan dirawat selain kesadaran fisik dan mental, kesadaran diri yang mana dulu nih yang akan mulai kamu rawat terlebih dahulu, Ladies?

Source foto: unsplash.com