Sering Diburu saat Ramadan, 7 Khasiat Kurma untuk Kesehatan

Jumat, 8 Oktober 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Sering Diburu saat Ramadan, 7 Khasiat Kurma untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kurma merupakan salah satu jenis buah yang cukup sering dikonsumsi selama bulan Ramadan. Mengutip dari Pharmeasy, kurma mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Buah ini memiliki rasa yang manis dengan kandungan gula alami membuat kurma menjadi favorit banyak orang. Selain itu, banyak orang mengonsumsi kurma karena buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Khasiat Kurma untuk Kesehatan

Manfaat kurma dikenal bisa menjadi obat bagi banyak penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit serius. Kira-kira apa saja yaa, yuk cari tahu deretan khasiat kurma bagi kesehatan.

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Foto: Ladiestory.id

Khasiat kurma yang pertama adalah mencukupi kebutuhan gizi dan kalori. Hal ini disebabkan buah kurma yang sering kali dikeringkan. Sehingga kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah ini merupakan sumber serat makanan baik sehingga menjadi salah satu khasiat kurma yakni menjaga kesehatan pencernaan. Tergantung pada varietas dan tahap kematangannya, sekitar 6,4 persen hingga 11,5 persen kandungan kurma terdiri dari serat terutama jenis yang tidak larut.

Makanan yang kaya akan jenis serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Dengan kata lain, makan makanan berserat setiap hari (sekitar 25-30 gram/ hari) dapat menghindari dari masalah diare dan sembelit.

Di sisi lain, kandungan fenolik tinggi dalam buah ini membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko terkena kanker usus. Bahkan, buah kurma dapat menjadi pilihan alami dalam memelihara mukosa lambung ketika menjalankan ibadah puasa. Kurma memiliki sifat antiradang dan protektif, sehingga menjaga lambung tetap sehat selama Ramadan.

3. Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Foto: Ladiestory.id

Di dalam buah kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tiggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium.

Seluruhnya ini merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang. Khususnya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah.

4. Mencegah Risiko Diabetes

Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2011, menunjukkan bahwa buah kurma mempunyai indeks glikemik rendah. Buah asal Arab ini jika dimakan tidak akan langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Walaupun rasanya manis, memakan buah kurma tidak serta-merta langsung meningkatkan risiko terkena diabetes. Justru kandungan serat dalam buah kurma ini akan membantu mengurangi risiko diabetes. Serat tak larut dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

5. Menyehatkan Otak

Foto: Ladiestory.id

Otak pun turut menikmati khasiat kurma yang dikonsumsi. Dalam riset yang diterbitkan di Neural Regeneration Reseach pada 2016, peneliti menyimpulkan kurma menyediakan perlindungan melawan inflamasi dan tekanan oksidatif pada otak.

Dalam riset disebutkan, kurma mampu menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) pada otak. Kadar IL-6 yang tinggi berhubungan dengan risiko penyakit neurodegenatif tinggi termasuk Alzheimer.

6. Mengatasi Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi, bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan. Namun tingkat zat besi yang sangat tinggi membuat kurma menjadi makanan yang sempurna untuk orang-orang yang menderita anemia.

Tingginya kadar zat besi pada kurma menyeimbangkan kekurangan zat besi yang melekat pada pasien anemia, meningkatkan energi dan kekuatan sambil mengurangi perasaan lelah dan lesu.

7. Mencegah Penyakit Mata karena Usia

Foto: Ladiestory.id

Khasiat kurma juga mengandung senyawa yang membantu menghentikan perkembangan penyakit mata terkait usia. Penelitian telah menunjukkan, bahwa kurma merupakan sumber kuat zeaxanthin dan lutein, yang merupakan jenis karotenoid yang ada di jaringan mata dan memiliki sifat antioksidan.

Oleh karena itu, senyawa-senyawa ini dianggap berguna dalam mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula pada individu lansia. Makula merupakan bagian tengah retina.

Inilah 7 khasiat kurma bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan, mengingat buah ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Berita Terkait