Gak Cuma Ramyeon! 5 Makanan Populer Korea ini Wajib Kamu Coba

Rabu, 27 Juli 2022 | 23:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Gak Cuma Ramyeon! 5 Makanan Populer Korea Ini Wajib Kamu Coba

Makanan Korea (Special)

Ladiestory.id - Meningkatnya popularitas budaya Korea melalui K-Pop, K-Drama hingga K-Movie tak mngherankan jika kini banyak hal mengenai negeri gingseng tersebut menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah makanan yang sering kamu lihat di berbagai tayangan. Kamu pasti sering melihat adegan makan seperti di drama maupun reality show.

Tidak jarang, saat menontonnya seketika  rasa penasaran hingga lapar menghampiri. Beberapa idol, penyanyi, aktris maupun aktor juga sering memberikan rekomendasi makanan Korea yang perlu dicoba oleh para penggemarnya.

Oleh karena itu, makanan Korea menjadi salah satu produk yang tinggi permintannya. Tak hanya dalam bentuk  makanan instan, kini banyak restoran yang mengusung makanan Korea menjamur di Indonesia.

Selain itu, banyak juga beredar resep-resep yang bisa kamu coba untuk membuat makanan Korea seperti yang disantap oleh idolamu. Nah, sebelum memutuskan makanan yang hendak kamu santap. Kamu bisa simak rekomendasi 5 makanan populer Korea yang wajib dicoba.

Kimchi

Kimchi (Special)

Makanan satu ini pasti sudah tidak asing untuk kamu penggemar K-Pop. Sering muncul diberbagai kesempatan, makanan pendamping ini terbuat dari sayuran yang difermentasi. Beberapa sayurang yang sering digunakan adalah lobak Korea, wortel, terong, kubis napa, hingga sawi putih.

Lalu, untuk bumbunya cukup menggunakan garam, gula, bawang putih yang telah dihaluskan, cabai, bawang merah, kecap ikan dan jahe. Kimchi sering disajikan setiap hidangan Korea. Perpaduan rasa pedas, asam dan manis menjadikannya cocok untuk mendampingi makanan seperti mie, sup, nasi hingga kue beras.

Kamu bisa mencobanya dengan membuat sendiri atau membeli kimchi instan yang sudah banyak tersedia di minimarket atau supermarket terdekat.

Bibimbap

Bibimbap (Special)

Jika kamu mencari rekomendasi makanan Korea yang sehat dan mengenyangkan, bimbimbap sangat cocok menjadi pilihan. Bibimbap sendiri artinya nasi campur. Kamu perlu mengaduk seluruh hidangan sebelum makan supaya seluruh bahan tercampur sempurna.

Makanan ini disajikan sebagai semangkuk nasi putih yang hangat dengan taburan tumis sayur dan bumbu, daging sapi atau ayam dan telur mentah atau matang. Kemudian, untuk bumbunya terdiri dari gochujang (pasta cabai), kecap atau doenjang (pasta kedelai yang telah difermentasi). Bimbimbap juga dapat disajikan cukup dengan sayuran bagi pecinta vegetarian.

Bulgogi

Bulgogi (Special)

Merupakan jenis makanan Korea yang berbahan dasar daging. Nama bulgogi berasal dari kata bul yang artinya api dan gogi yang berarti daging. Makanan ini menjadi  sajian khusus bangsawan dan orang kaya saat masa pemerintahan Dinasti Joseon. Pada dasarnya, bulgogi adalah daging sapi panggang ala Korea yang terbuat dari irisan tipis sirloin, tenderloin atau ribeeye.

Kemudian, daging akan direndam dengan bumbu yang merupakan campuran dari kecap, minyak wijen, lada hitam, bawang putih, bawang merah, jahe dan gula selama dua hingga empat jam. Meski dikenal sebagai sajian yang harus dipanggang, kamu juga bisa mengolahnya dengan ditumis atau goreng.

Tteokbokki

Tteokbokki (Special)

Kue beras satu ini merupakan makanan yang populer di Indonesia. Kini, banyak tersedia kemasan instan tteokbokki di berbagai rak makanan minimarket hingga supermarket. Makanan ini sendiri terbuat dari kue beras yang berbentuk silinder, eomuk (kue ikan), telur rebus dan daun bawang.

Bumbunya sendiri terdiri dari gochujang pedas (pasta cabai) atau ganjang (kecap asin). Makanan ini juga sangat populer di Korea, ketika kamu berkunjung ke negara gingseng akan tersedia di banyak warung pinggir jalan atau bar makanan ringan.

Gimbap

Gimbap (Special)

Makanan Korea ini merupakan salah satu yang terpopuler. Tampilannya sekilas hampir mirip dengan sushi. Hidangan ini terbuat dari bahan rumput laut, nasi dan bahan-bahan lain seperti sayuran, daging atau telur kemudian digulung dan diiris.

Bahan isiannya dapat disesuaikan dengan selera kamu, ya. Namun, umumnya isian Gimbap di Korea terdiri dari kue ikan, daging, bayam, telur dan mentimun. Lalu, nasinya juga akan dibumbui dengann minyak wijen dan sedikit garam.

Sehingga, menghasilkan rasa gurih dan pedas secara bersamaan. Karena disajikan dalam bentuk potongan kecil, Gimbap menjadi makanan yang sangat cocok untuk dibawa saat beraktivitas atau menemani  kegiatan piknikmu.

Bagi kamu pecinta K-Pop maupun K-Drama rasanya belum resmi jika tak mencoba salah satu makanan di atas. Jadi, makanan mana nih yang akan kamu coba, Ladies?

s