7 Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

Rabu, 31 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil. (Pinterest)

Ladiestory.id - Ibu hamil akan merasa sulit bergerak dikarenakan bentuk tubuh yang berubah pada saat kehamilan, apalagi saat memasuki trimester terakhir. Namun, dengan melakukan aktivitas saat hamil, seperti berolahraga dan berenang juga memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Walaupun saat masa kehamilan, bumil kerap merasakan kelelahan, mual, nyeri sendi atau otot, dengan aktif bergerak juga dapat membuat tubuh menjadi segar dan rileks. Salah satu aktifitas fisik yang dapat bumil lakukan salah satunya adalah berenang. Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, berikut 7 manfaat berenang yang baik dilakukan bagi ibu hamil.

Mengurangi Rasa Mual

Mengurangi Rasa Mual. (Pinterest)

Setiap wanita tentunya akan merasakan proses kehamilan yang berbeda-beda. Terkadang ada wanita yang akan sering merasakan mual namun ada juga yang tidak demikian.

Aktivitas berenang saat hamil juga dapat mengurangi rasa mual dan muntah sehingga bumil pun dapat melakukan olahraga satu ini untuk mencegah terjadinya morning sickness.

Menenangkan

Menenangkan. (Pinterest)

Saat hamil, wanita akan merasakan perubahan hormon yang signifikan dari biasanya. Maka tak jarang, banyak ibu hamil yang merasa sensitif dan mengalami perubahan mood semasa kehamilan, seperti stres, mudah cemas, sering menangis bahkan gelisah.

Dengan berenang akan memberikan sensasi menenangkan pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan saat hamil, kelenjar keringat wanita akan bekerja lebih keras sehingga membuat ibu hamil merasa gelisah. Berenang juga dapat membantu ibu hamil lebih rileks karena suhu dari air kolam renang yang melonjak.

Mengurangi Pembengkakan

Mengurangi Pembengkakan. (Pinterest)

Pada saat hamil, wanita akan mengalami perubahan tubuh, mulai dari perubahan struktur payudara, berat badan hingga mengalami pembengkakan tubuh di area kaki atau pun anggota tubuh lainnya.

Dengan berenang, bumil juga merendamkan seluruh anggota badan ke permukaan air yang dapat mendorong cairan dari jaringan tersebut ke pembuluh darah dalam tubuh. Selain itu, dengan berenang juga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh bumil, loh?

Menyehatkan Jantung dan Paru-paru

Menyehatkan Jantung dan Paru-paru. (Pinterest)

Berenang tentunya aktivitas olahraga yang aman dilakukan saat masa-masa kehamilan. Dengan berenang, bumil juga dapat menyehatkan jantung dan paru-paru secara tidak langsung.

Aktivitas fisik ini pun dapat membantu proses pernapasan bagi ibu hamil. Selama berenang juga dapat membantu melatih sistem kerja pernapasan lebih panjang.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Meningkatkan Kekuatan Otot. (Pinterest)

Dengan berenang juga dapat membantu bumil untuk meningkatkan kekuatan otot. Berenang juga sebagai salah satu alternatif terbaik untuk memperkuat otot di sekitar area panggul dan rahim sehingga akan mempermudah proses persalinan bayi.

Membantu Mengontrol Berat Badan

Mengontrol Berat Badan. (Pinterest)

Tentunya saat hamil, wanita akan merasakan kenaikan berat badan karena harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi pada tubuh dan janin saat kehamilan. Sehingga hal ini pun menyebabkan berat badan bumil akan meningkat drastis.

Maka dari itu, dengan berenang bumil juga dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan, loh? Hal ini dikarenakan saat sedang berenang, kalori dalam tubuh akan ikut terbakar.

Bumil dapat melakukan aktivitas berenang selama 20 menit dan tidak terlalu lama untuk menjaga suhu tubuh dalam kandungan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur. (Pinterest)

Melakukan beragam pergerakan saat berenang juga dapat melatih otot tubuh dan panggul yang dapat membuat bumil menjadi lebih rileks. Bahkan, dengan berenang juga dapat membantu meningkatkan kulaitas tidur pada ibu hamil.

Namun, yang paling penting, ibu hamil juga sebaiknya berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk melakukan aktivitas ini agar tidak menimbulkan bahaya bagi bumil dan janin dalam kandungan.

Itulah 7 manfaat dari berenang bagi ibu hamil yang bisa didapatkan. Namun, sebaiknya bumil juga harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas fisik ini agar tidak menimbulkan cedera.

Selain itu, jika kandungan bumil sudah mencapai 7 bulan atau lebih, alangkah lebih baiknya berhati-hati dan perlu pengawasan agar tubuh tetap seimbang. Semoga bermanfaat!