5 Olahraga yang Nyaman untuk Ibu Menyusui

Minggu, 28 Agustus 2022 | 00:01:00

5 Olahraga Yang Nyaman Untuk Ibu Menyusui

Ilustrasi Ibu Menyusui. (Hindustan times)

Ladiestory.id - Berolahraga memang menjadi kebutuhan bagi setiap orang, tidak terkecuali bagi ibu yang sedang menyusui. Setelah proses melahirkan yang sangat melelahkan dan menguras energi, tentu setiap ibu pasti ingin mengembalikan tingkat kebugarannya seperti dahulu sebelum melahirkan.

Mengembalikan bentuk dan ukuran tubuh seperti dulu sebelum hamil, tentu menjadi idaman bagi setiap ibu pasca melahirkan. Selain dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi dan rendah lemak, untuk mendapatkan badan ideal kembali, Moms juga perlu berolahraga.

Olahraga akan membuat tubuh lebih bugar dan membantu dalam menurunkan berat badan. Apalagi tentunya untuk memberikan ASI atau air susu ibu kepada bayi juga perlu tubuh yang sehat.

Namun, tidak semua jenis olahraga nyaman dilakukan oleh sebagian ibu menyusui. Karena ada berbagai macam faktor, seperti masih nyeri di beberapa bagian tubuh saat melahirkan, hingga kesibukan yang sangat menyita waktu sehingga tak sempat berolahraga.

Oleh karena itu, berikut rekomendasi beberapa olahraga yang cocok untuk ibu menyusui dan bisa dicoba.

Jalan Kaki dan Jogging

Ilustrasi ibu menyusui melakukan jalan kaki. (Special)

Bagi ibu pasca melahirkan, pastinya selain menyusui bayinya juga disibukkan dengan rutinitas pekerjaan lainnya. Hal ini terkadang membuat para mereka jadi tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

Namun, setiap ibu menyusui tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya ada juga jenis olahraga sederhana yang bisa lakukan tanpa banyak mengganggu aktivitas, seperti dengan berjalan kaki atau jogging.

Olahraga sederhana yang satu ini begitu mudah untuk dilakukan. Bahkan, setiap ibu yang sedang menyusui bisa sambil mengajak bayinya sekalian, misalnya saat jalan-jalan di pagi atau sore hari sambil mendorong stroller.

Senam

Ilustrasi olahraga senam. (Special)

Olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan oleh setiap ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui adalah senam. Senam pun bisa dilakukan di mana saja, baik di luar rumah bersama rekan lainnya atau pun di rumah saja.

Jika Moms ingin melakukannya di rumah, bisa dengan memanfaatkan video dari platfrom media sosial untuk gerakan yang dilakukan. Melakukan senam sangat bagus untuk kebugaran tubuh. Selain itu, juga bisa mengencangkan otot-otot yang sebelumnya pernah mengendur karena proses melahirkan.

Yoga

Ilustrasi yoga bagi ibu menyusui. (Special)

Moms juga bisa melakukan olahraga nyaman lainnya, yaitu yoga. Ya, olahraga yang satu ini memang saat ini menjadi primadona bagi banyak kalangan.

Bagi mereka yang memiliki rutinitas sangat padat, yoga menjadi pilihan terbaik, tak terkecuali untuk ibu yang sedang menyusui bayinya. Yoga pun bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah mau pun luar rumah.

Jika Moms ingin melakukannya di rumah,maka bisa mengikuti gerakan yoga dari instruktur online yang ada di platform media sosial. Manfaat dari yoga ini tentu dapat membuat pikiran lebih rileks, meningkatkan kualitas tidur dan meredakan nyeri otot.

Berenang

Ilustrasi olahraga renang. (dok. sunnational swim school)

Berenang menjadi olahraga yang cocok bagi setiap orang, tidak terkecuali ibu yang sedang menyusui anaknya. Olahraga satu ini sangat nyaman bagi setiap ibu yang sedang menyusui.

Apalagi, jika nanti bayi atau anak sudah beranjak lebih dewasa, tentunya Moms bisa sekalian mengajari dan mendampingi si kecil untuk berenang. Tidak perlu dilakukan setiap hari, Moms bisa buat jadwal berenang dua kali dalam satu bulan. Berenang akan membantu tubuh untuk lebih rileks dan sehat 

Treadmill

Ilustrasi olahraga treadmill. (Spesial)

Olahraga yang terakhir yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui adalah treadmill. Ya, olahraga jenis ini terbilang sangat mudah dan nyaman untuk dilakukan, tak terkecuali bagi ibu muda yang sedang menyusui.

Olahraga treadmill saat ini banyak tersedia di pusat kebugaran sehingga memudahkan bagi siapa saja yang ingin melakukannya. Jika pun lebih nyaman melakukannya di rumah, alat treadmill juga sudah banyak dijual di pasaran.

Bagaimana Moms, sudah ada gambaran olahraga apa yang ingin dilakukan sambil mengurus si kecil? Semoga bermanfaat!