Ini 5 Makanan Atasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Ini 5 Makanan Atasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Ilustrasi Makanan Atasi Morning Sickness (Pinterest)

Ladiestory.id - Salah satu gejala yang sering dialami oleh ibu hamil khususnya di trimester pertama kehamilan adalah morning sickness atau gejala mual dan muntah yang sering terjadi pada pagi hari bahkan hal ini bisa berlanjut hingga seharian.

Tentunya kondisi ini membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan tubuh menjadi mudah lesu bahkan kekurangan cairan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi gejala morning sickness yang dialami oleh ibu hamil. Berikut 5 makanan pencegah rasa mual yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut diantaranya.

Pisang

Pisang (Special)

Dilansir American Pregnancy Association pada Jum'at (19/08/2022), gejala morning sickness merupakan gejala normal yang kerap diawali oleh ibu hamil di trimester pertama. Namun kondisi ini tidak akan membahayakan ibu dan janin dalam kandungan. Gejala mual justru dapat membantu mencegah ibu hamil mengalami keguguran, membasmi bakteri jahat bahkan plasenta berkembang dengan baik dalam kandungan.

Namun, bagi sebagian ibu hamil gejala morning sickness kerap membuat tubuh merasa lemas sehingga nutrisi yang dihasilkan terbuang sia-sia. Tak jarang ibu hamil yang memilih untuk meminum obat anti mual untuk meredakan gejala mual dan sakit yang dialami. Namun tentunya hal ini sesuai anjuran atas dokter kandungan.

Berbicara tentang makanan yang dapat mengatasi morning sickness, pisang memiliki sumber energi dan nutrisi yang baik sehingga dapat membantu mengeluarkan racun serta mengganti elektrolit yang hilang ketika mengalami mual dan muntah.

Air Jahe

Air Jahe (Special)

Kandungan ginerol dan shogaol pada jahe dapat merangsang perut mengeluarkan gas akibat rasa kembung dan membantu meringankan rasa mual. Ibu hamil juga boleh mengonsumsi air jahe hangat yang dapat dicampurkan dengan madu untuk membuat kondisi perut menjadi lebih hangat dan sehat akibat rasa mual di pagi hari.

Kaldu Ayam

Kaldu Ayam (Special)

Selain mengonsumsi air jahe, ibu hamil juga bisa mengonsumsi kaldu ayam atau sup ayam hangat untuk membantu memberi nutrisi pada tubuh. Akibat mual, tubuh akan menjadi lemas dan kehilangan sumber nutrisi serta cairan. Maka dari itu kaldu ayam juga sangat baik dicerna bagi tubuh untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Special)

Biasanya kondisi mual menyebabkan ibu hamil merasa enggan untuk mengonsumsi makanan. Namun demi kesehatan si buah hati, ibu hamil juga dapat mengonsumsi makanan sedikit namun sering agar kondisi janin tetap terpenuhi akan nutrisinya. Kacang-kacangan pun dapat menjadi pilihan untuk mengatasi morning sickness.

Ibu hamil juga dapat mengonsumsi kacang almond, kacang mete, kacang hijau ataupun kacang merah. Kacang-kacangan mengandung protein yang dapat membantu proses tumbuh kembang janin serta mengatasi rasa mual berlebih.

Oatmeal

Oatmeal (Special)

Oatmeal juga dapat menjadi pilihan ibu hamil ketika mengalami morning sickness. Oatmeal kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi rasa mual. Ibu dapat membuat racikan oatmeal sesuai selera baik ditambahkan dengan madu maupun buah-buahan seperti pisang, kiwi, stroberi maupun raspberry sesuai selera.

Nah, itu dia 5 jenis makanan yang dapat membantu ibu hamil ketika mengalami morning sickness. Walaupun sering mengalami mual-mual berlebih sebetulnya hal ini normal dan sangat baik bagi perkembangan janin. Namun, jika gejala mual dan muntah sudah sangat menyakitkan ibu hamil. Sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan terkait agar mendapat penangan yang baik pula. Semoga kebutuhan nutrisi ibu semasa kehamilan dapat terpenuhi dengan baik. Semoga bermanfaat.