5 Nutrisi yang Sangat Diperlukan di Awal Kehamilan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Nutrisi Yang Sangat Diperlukan Di Awal Kehamilan

Ilustrasi Nutrisi Ibu Hamil (Pinterest)

Ladiestory.id - Memasuki masa-masa kehamilan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap ibu. Khusunya di masa-masa awal kehamilan memasuki trimester pertama. Ibu harus beradaptasi dengan perubahan hormon, bentuk badan bahkan mengalami kondisi mual yang tak tertahankan. Memasuki trimester pertama kehamilan menjadi proses penting bagi pertumbuhan janin agar tumbuh optimal. Oleh karena itu, ibu hamil di trimester pertama perlu mendapatkan 5 nutrisi penting seperti berikut ini.

Air Putih

Air Putih (Special)

Mengonsumsi air putih tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh dan janin dalam kehamilan. Dokter kandungan pun selalu menyarankan untuk rutin mengonsumsi air putih setiap harinya selama proses kehamilan. Hal ini dikarenakan, ibu hamil dan janin sangat membutuhkan cairan dan terhindar dari dehidrasi.

Selama awal-awal kehamilan tentunya ibu kerap merasakan morning sickness seperti mual-mual. Sehingga ibu membutuhkan banyak cairan. Selain itu, ibu juga boleh mengonsumsi air kelapa agar mendapat cairan yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan.

Asam Folat

Asam Folat (Pinterest)

Kebutuhan nutrisi akan asam folat juga penting bagi ibu hamil dan juga proses perkembangan janin dalam kandungan. Asam folat berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat, mencerdaskan otak janin, serta membantu pertumbuhan sumsum tulang belakang janin. Kekurangan nutrisi akan asam folat dapat menyebabkan bayi menjadi tumbuh prematur.

Dilansir dari Healthline, ibu hamil memerlukan nutrisi asam folat dimasa awal kehamilan pertama sebanyak 400 hingga 600 mikrogram per hari. Ibu hamil bisa mengonsumsi asam folat yang berasal dari susu ibu hamil, buah-buahan seperti pisang dan jeruk serta sayur-sayuran seperti brokoli.

Kalsium

Kalsium (Pinterest)

 

Kalsium juga salah satu nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu hamil dan janin. Kalsium bisa didapatkan susu, yoghurt hingga keju. Selain itu, ibu juga bisa memperoleh kalsium dari sayuran dan ikan seperti brokoli, sarden dan salmon.

Kalsium berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah serta menstabilkan kerja otot dan saraf pada ibu hamil. Sedangkan bagi janin kalsium dapat membantu memenuhi pertumbuhan tulang dan gigi.

Protein

Protein (Pinterest)

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein yang bisa didapatkan pada telur, tahu, tempe, ikan, ayam serta kacang-kacangan. Protein dapat membantu membentuk sel-sel baru dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak. Bagi perkembangan janin, protein dapat membantu perkembangan otak serta organ tubuh pada janin.

Vitamin

Vitamin (Special)

Selama hamil muda ibu rentan mengalami pusing, mual, sakit kepala dan anemia, oleh karena itu ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan akan vitamin dan zat besi akan kesehatan kehamilan dan janin. Vitamin A dam vitamin D sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil, vitamin A dapat membantu perkembangan penglihatan pada bayi serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa mendapatkan vitamin A dari sayur-sayuran dan buah-buahan sedangkan vitamin D bisa didapatkan dari ikan-ikanan seperti salmon yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan pembentukan tulang dan gigi bagi bayi. Ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan akan zat besi yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia serta mencegah bayi lahir prematur. Kandungan zat besi ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran hijau serta daging.

Itulah 5 nutrisi yang sangat baik dipenuhi bagi ibu hamil dan janin saat awal kehamilan pertama, oleh karena itu jangan lupa untuk terus perhatikan pola makan dan kebutuhan nutrisi untuk ibu dan janin agar kehamilan tetap sehat hingga proses persalinan yang lancar. Semoga bermanfaat.

s