Kenali 6 Manfaat Kedondong bagi Kesehatan

Jumat, 16 Desember 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Kenali 6 Manfaat Kedondong Bagi Kesehatan

Ilustrasi buah kedondong. (Special)

Ladiestory.id - Kedondong merupakan salah satu buah yang cukup mudah kamu temukan di daerah tropis. Di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, kedondong tumbuh sangat subur. Kedondong merupakan buah yang bercita rasa asam dan sangat cocok dijadikan rujak. 

Namun, siapa sangka di balik rasa asamnya tersebut, kedondong memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan. Dalam buah kedondong terdapat kandungan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Ladiestory.id telah merangkum lima manfaat kedondong bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. 

Perkuat Sistem Imun Tubuh

Ilustrasi hidup sehat. (Special)

Manfaat pertama yang dimiliki oleh kedondong adalah dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Dalam kedondong terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, dan zat antioksidan. Adanya kandungan zat tersebut sangat bagus untuk memelihara fungsi sel darah putih.

Dalam tubuh, sel darah putih memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu sebagai penunjang sistem imun tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsi kedondong secara rutin, maka akan membuatmu tidak akan mudah sakit. 

Lancarkan Pencernaan

Ilustrasi pencernaan. (Special)

Selain membantu memperkuat sistem imun tubuh, kedondong juga diyakini mampu membantu melancarkan pencernaan. Kedondong sangat dianjurkan untuk dikonsumsi jika kamu mengalami masalah pencernaan, yaitu konstipasi atau sembelit. 

Pasalnya, dalam kedondong terdapat kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, adanya kandungan serat, zat antioksidan, vitamin, dan juga mineral dalam kedondong akan membantu menurunkan risiko wasir, divertikulitis, bahkan kanker usus besar. 

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Jaga Berat Badan (Special)

Kedondong juga merupakan makanan yang tepat dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam kedondong terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Kamu akan merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi makanan yang berserat tinggi.

Pasalnya, tubuh akan memproses secara lambat makanan yang berserat tinggi tersebut, termasuk kedondong. Dengan begitu, maka kamu bisa lebih mudah untuk mengatur jadwal dan porsi makan. 

Turunkan Risiko Penyakit Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Manfaat selanjutnya dari kedondong adalah mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Adanya kandungan serat yang tinggi, maka dapat membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada kedondong juga dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan dapat mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah. Perlu diketahui, bahwa jika terjadi sumbatan dalam pembuluh darah, maka akan berisiko mengalami penyakit jantung bahkan stroke. 

Jaga Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Kandungan vitamin A yang ada dalam kedondong juga berpengaruh untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, kedondong sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh. Jika kebutuhan vitamin A telah tercukupi, maka kamu akan terhindar dari risiko gangguan pada mata, seperti rabun senja. 

Selain itu, kedondong juga dinilai dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit katarak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi dalam kedondong. 

Jaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Selain bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, kedondong juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan serta vitamin C yang ada pada kedondong dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, dengan mengonsumsi kedondong secara rutin juga dapat membantu mempercepat proses pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kelenturan kulit. 

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki kedondong bagi kesehatan. Meskipun kedondong memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat dan makanan yang bergizi.