Cegah Anemia, Ini 6 Manfaat Konsumsi Melon bagi Ibu Hamil

Rabu, 2 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Cegah Anemia, Ini 6 Manfaat Konsumsi Melon Bagi Ibu Hamil

Foto: Liputan6

Ladiestory.id - Selama kehamilan, kebutuhan akan nutrisi dan gizi sangat diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin. Selain mengonsumsi vitamin, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsusmi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, protein, dan juga buah-buahan.

Salah satu buah yang kaya manfaat dan sangat baik dikonsusmi saat masa kehamilan adalah melon. Rasanya yang manis dan segar juga dapat membantu memenuhi nutrisi ibu dan janin, berikut enam manfaat konsumsi melon bagi ibu hamil yang harus diketahui.

Kaya Vitamin dan Mineral

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Buah melon juga terdiri dari beberapa jenis, seperti melon madu, melon susu, dan melon kuning. Kandungan vitamin dan mineral dari buah melon tersebut juga dapat menutrisi kebutuhan ibu dan janin.

Melon juga mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, kolin, luten dan seng yang baik bagi tubuh. Selain itu, buah melon memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta menjaga kesehatan kulit ibu.

Bantu Perkembangan Janin

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Melon mengandung asam folat yang sangat baik dan dibutuhkan saat masa-masa kehamilan. Hal ini juga sangat baik bagi masa kehamilan di trimester pertama. Melon juga dapat membantu pertumbuhan syaraf dan organ janin serta mencegah janin cacat lahir. Selain itu, buah melon juga membantu pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil.

Cegah Kecacatan Tabung Saraf Bayi

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Kandungan vitamin B kompleks pada buah melon dapat membantu mencegah terjadinya kecacatan tabung saraf pada bayi. Mengonsumsi buah melon juga dapat membantu atasi gejala morning sickness, khususnya pada trimester pertama kehamilan. Jenis melon kuning dikenal memiliki kandungan beta karoten yang dapat mengubah vitamin A dan membantu melawan radikal bebas.

Cegah Anemia

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Terkadang, beberapa ibu hamil juga kerap mengalami gejala anemia. Maka dari itu, untuk mensiasatinya, bumil dapat mengonsumsi melon yang mengandung zat besi. Zat besi berperan penting saat kehamilan hingga menyusui agar ibu hamil dapat terhindar dari gejala anemia dan kelahiran prematur. 

Atur Tekanan Darah

Ilustrasi pereiksa tekanan darah. (Special)

Salah satu gejala lainnya yang kerap dialami oleh ibu hamil ialah tekanan darah yang tidak stabil, hingga mengakibatkan timbulnya tekanan darah tinggi. Jika hal ini diabaikan, maka dapat mengalami hipertensi bahkan preeclampsia, yakni munculnya komplikasi saat kehamilan, sehingga dapat mempengaruhi perkembangan plasenta.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah melon yang memiliki kandugan kalium tinggi serta mineral yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

Tak hanya itu, selain tekanan darah yang tidak stabil, mengonsumsi buah melon juga dapat mengatasi diabetes serta mencegah terjadinya keguguran. Melon juga bisa mengatasi kenaikan gula darah serta memberikan nutrisi yang dapat menjaga gula darah.

Bantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi Janin

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Kalsium juga sangat dibutuhkan bagi ibu hamil serta janin dalam kandungan. Hal ini pun dapat ditemukan dalam buah melon yang mengandung vitamin K, kalsium, magnesium, serta asam folat yang berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Semoga bermanfaat