Kaya Antioksidan, 7 Manfaat Pisang Merah yang Jarang Diketahui

Selasa, 6 Desember 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Kaya Antioksidan, 7 Manfaat Pisang Merah Yang Jarang Diketahui

Ilustrasi pisang merah. (Special)

Ladiestory.id - Biasanya, pisang identik dengan warna kuning atau hijau. Namun, ternyata ada pisang dengan warna merah. Ya, pisang merah atau pisang kidang merupakan salah satu jenis dari pisang yang ada di seluruh dunia. Pisang merah ini juga bisa kamu jumpai di wilayah Asia Tenggara. Pisang merah memiliki rasa yang lembut, manis, dan ada sedikit rasa raspberry.

Sama seperti jenis pisang lainnya, pisang merah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan, zat antioksidan yang terdapat pada pisang merah lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Ladies, berikut beberapa manfaat konsumsi pisang merah bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Cegah Hipertensi

Ilustrasi pereiksa tekanan darah. (Special)

Salah satu manfaat dari konsumsi pisang merah bagi kesehatan tubuh adalah mampu mencegah hipertensi atau menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang merah dipercaya mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsi pisang merah secara rutin sebelum sarapan.

Jaga Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Manfaat lain dari konsumsi pisang merah yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Pisang merah diperkaya dengan kandungan beta karoten yang bisa diubah menjadi vitamin A untuk menutrisi mata agar lebih sehat.

Selain itu, pisang merah juga memiliki kandungan Lutein yang mampu mencegah degenerasi makula terkait usia. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu bisa mengolah pisang merah menjadi jus, atau campuran salad buah.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Tak hanya jeruk dan jambu, pisang merah juga kaya akan vitamin C dan B6. Kedua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin B6 berfungsi untuk memproduksi zat antibodi yang dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan vitamin C berfungsi untuk memperkuat semua sel-sel antibodi tersebut.

Disarankan mengonsumsi pisang merah dalam kondisi matang dan tidak diolah dalam bentuk makanan. Hal ini bertujuan agar menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalam pisang merah.

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi melakukan diet. (Special)

Sebagai buah yang kaya akan serat, konsumsi pisang merah dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Seperti yang diketahui, kandungan serat dapat menimbulkan serta meningkatkan rasa kenyang. Oleh sebab itu, bagi kamu yang menjalani diet disarankan untuk konsumsi satu buah pisang merah sebagai pengganti makan malam.

Jaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Dibandingkan dengan jenis pisang lainnya, jumlah kandungan antioksidan pada pisang merah lebih tinggi. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, kamu juga bisa mengolah kulit dari pisang merah untuk dijadikan sebagai lulur atau scrub.

Caranya yaitu dengan mengeringkan kulit pisang, lalu haluskan sampai menjadi butiran serbuk. Campur kulit pisang merah dengan minyak zaitun, oleskan secara merata pada bagian tubuh. Untuk menghasilkan kulit yang sehat dan lembut, lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

Perlancar Sistem Pencernaan

Ilustrasi pencernaan. (Special)

Salah satu kandungan serat yang ada pada pisang merah adalah probiotik, di mana baik untuk bakteri di dalam usus. Dengan memberi makan bakteri baik di usus, maka sistem pencernaan bisa berjalan dengan lancar, mengurangi terjadinya sembelit, dan menghindari perut kembung.

Banyak cara untuk menikmati pisang merah, salah satunya bisa kamu jadikan sebagai topping oatmeal, yang dipadukan dengan susu, dan madu.

Kontrol Gula Darah

Ilustrasi gula darah. (Special)

Pisang merah aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan pisang merah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Wah, banyak sekali ya manfaat dari pisang merah. Kamu sudah pernah mengonsumsinya belum, Ladies?