Cegah Penyakit Degeneratif, Ini 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan

Senin, 5 Desember 2022 | 09:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Cegah Penyakit Degeneratif, Ini 7 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Ilustrasi Tempe (Special)

Ladiestory.id - Tempe merupakan olahan makanan Indonesia yang terbuat dari bahan baku kedelai. Makanan tradisional ini sudah lama dikenal dan digemari masyarakat Indonesia. Berbagai kalangan sangat menyukai makanan olahan ini. Bahkan, sampai saat ini tempe menjadi hidangan sehari-hari di semua lapisan masyarakat, baik di desa maupun dikota.

Selain itu, jumlah protein yang terkandung dalam kedelai hampir seimbang dengan daging. Banyak ibu rumah tangga yang memilih tempe sebagai alternatif menu yang disajikan pada menu makanan. Tempe dikenal kaya akan serat, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe juga kaya akan nutrisi, seperti protein, asam amino, asam lemak bebas, isoflavon, serta vitamin B12

Manfaat tempe sendiri mampu mengatasi berbagai jenis penyakit. Nah, berikut ini Ladiestory.id berikan beberapa manfaat tempe untuk kesehatan. Simak terus ya!

Mengandung Antioksidan Tinggi

Cegah Penuaan Dini. (Special)

Tempe memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Antioksidan yang terkandung ini ternyata dapat membantu  pencegahan penuaan dini. Selain itu, kandungan antioksidan dalam tempe juga membantu mencegah sel kanker hidup.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Selain manfaat yang disebutkan di atas, tempe juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Tempe bisa membantu menghaluskan kulit, menyembuhkan jerawat, serta menyuburkan rambut. Selain itu, untuk kamu yang ingin melangsingkan tubuh, mengonsumsi tempe bisa jadi solusinya.

Perlancar Sistem Pencernaan

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Kandungan lemak dalam kacang kedelai ternyata juga berguna bagi orang yang dehidrasi. Terlebih jika mengonsumsi lemak tinggi, itu akan sangat baik bagi kamu yang sedang diet. Selain lemak, kadar serat dalam kacang kedelai ini juga dapat mencegah terjadinya sembelit serta penyakit sistem pencernaan lainnya. 

Sumber Protein bagi Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Ternyata ibu hamil pun disarankan untuk mengonsumsi tempe. Karena tempe mengandung berbagai macam vitamin dan zat besi. Ibu hamil sangat membutuhkan kandungan tersebut lantaran harus berbagi dengan sang janin yang dikandungnya. Selain itu, dengan mengonsumsi tempe, ibu hamil maupun menyusui akan mendapat asupan protein yang tinggi.

Bantu Penyembuhan Diabetes Melitus

Ilustrasi diabete. (Special)

Asam amino dengan jumlah tertinggi yang terdapat pada tempe ternyata memiliki efek untuk memperbaiki profil lipid dan diabetes mellitus.

Pada penderita diabetes mellitus, arginin membantu mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan nitrat oksida dan memiliki efek hipoglikemia. Sehingga bermanfaat untuk mencegah memburuknya diabetes mellitus yang terjadi pada tubuh.

Obati Diare

Ilustrasi diare. (Special)

Saat diare menyerang, tubuh membutuhkan makanan bergizi untuk menggantikan cairan yang hilang. Makanan tersebut harus mudah menyerap zat-zat bergizi. Protein yang terkandung di dalam tempe sangat tinggi, sehingga mudah dicerna oleh sistem  pencernaan. Oleh karena itu, tempe salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi diare.

Cegah Terjadinya Penyakit Degeneratif

Dengan mengonsumsi tempe, maka kamu bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif. Konsumsi tempe minimal 3 potong ukuran sedang per hari. Pengolahan tempe seperti dikukus dan direbus harus dilakukan dengan baik. Hal ini dianjurkan agar tetap menjaga kandungan zat gizi dan komponen aktif dalam tempe.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, ada juga manfaat lain dari tempe. Manfaat tersebut seperti anti infeksi, mencegah osteoporosis, serta penanggulangan penyakit anemia. 

Tempe sendiri memiliki ciri khas rasa, tekstur yang lunak, daya cerna yang mudah, serta beberapa manfaat positif terhadap kesehatan. Sehingga, tempe memiliki berjuta manfaat seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, serta gejala-gejala menopause. 

Nah, itu dia beberapa manfaat dari tempe. Ternyata, olahan tradisional kacang kedelai yang difermentasi ini mampu memiliki berjuta manfaat untuk kesehatan ya, Ladies.