Yuk Ketahui 5 Manfaat Tidur Tanpa Bra!

Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:47:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Yuk Ketahui 5 Manfaat Tidur Tanpa Bra!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Tidur tanpa bra atau memakai bra sempat menjad pro dan kontra. Buku berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang terbit tahun 1995, memulai prasangka terhadap penggunaan bra saat tidur. Semenjak itu, banyak perempuan memilih untuk tidur tanpa bra demi menghindari bahaya kesehatan pada payudaranya.

Buku tersebut memperkuat anggapan bahwa tidur dengan memakai bra dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Akibatnya, banyak perempuan memercayai bra dapat memblokir kerja kelenjar getah bening saat tidur, sehingga dapat menyebabkan timbulnya kanker payudara.

Hingga kini hasil penelitian yang dilakukan American Association for Cancer Research masih menjadi acuan para praktisi kesehatan terhadap anggapan tersebut. Penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara penggunaan bra saat tidur dengan kemunculan sel kanker pada payudara.

Manfaat Tidur Tanpa Bra

Meski demikian, ternyata ada manfaatnya kalau kita tidur tanpa bra. Ini berkaitan dengan kesehatan tubuh dan kualitas tidur yang lebih baik. Yuk ketahui 5 manfaat tidur tanpa bra!

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

manfaat tidur tanpa bra
Foto: Ladiestory.id

Salah satu manfaat tidur tanpa bra adalah meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini karena setiap bra dirancang menekan pembuluh darah, terlebih jenis bra kawat (underwire) dan bra untuk olahraga (push up bra).

Jika kamu tidur menggunakan bra yang ketat, maka akan menempel pada kulit sehingga membatasi gerak otot-otot dada.

Akibatnya, bila digunakan terus-menerus, dapat menghambat sirkulasi darah ke jaringan payudara dan saraf lengan kamu serta area tubuh lainnya. Tidur dengan melepas bra dapat membuat aliran darah pada tubuh kamu menjadi lancar sehingga mencegah efek negatif, seperti pusing dan kram.

2. Mengurangi Keringat

Menggunakan bra saat tidur apalagi ketika suhu ruangan naik di malam hari dapat menyebabkan kamu berkeringat. Beberapa jenis bra seperti yang terbuat dari bahan sintetik bahkan dapat membuat Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Keringat berlebih saat tidur dapat membuat kamu sering terbangun pada malam hari. Shawn Stevenson, penulis buku Sleep Smarter, menuturkan tidur tanpa mengenakan pakaian dapat menurunkan temperatur tubuh.

Pada dasarnya suhu tubuh memang menurun ketika tidur, melepas pakaian atau tidur tanpa bra dapat menjaga suhu tubuh tetap rendah. Dengan begitu, saraf parasimpatis yang membantu tubuh untuk beristirahat dengan lebih optimal pun bisa aktif lebih cepat.

3. Pencegahan Cedera

manfaat tidur tanpa bra
Foto: Ladiestory.id

Meski cederanya biasanya ringan, kamu bisa saja melukai diri sendiri saat tidur menggunakan BH. Kancing, pengait, tali pengikat, dan kawat bawah dapat berulang kali menusuk dan bergesekan dengan kulit kamu.

Hal ini dapat mengakibatkan kemerahan dan lecet pada kulit. Melepas bra sebelum tidur mencegah hal ini terjadi.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat tidur tanpa bra yang pertama dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebab banyak orang yang tidak merasa nyaman saat tidur dan masih mengenakan BH. Ketidaknyamanan tersebut tak jarang memicu sulit tidur.

Meskipun hal ini terlihat sepele, tetapi jika tidak segera menanganinya maka kemungkinan kamu memiliki kualitas tidur yang baik akan terlihat semakin sulit untuk diwujudkan.

5. Bentuk Ideal

manfaat tidur tanpa bra
Foto: Ladiestory.id

Melepas bra memberikan bentuk yang ideal ketika wanita tidur. Justru saat menggunakan bra, payudara akan mendapat tekanan yang tidak wajar. Tekanan yang terjadi itu bisa menyebabkan otot payudara menjadi kendur dan menjadi tenang.

Otot di dada akan melakukan pekerjaan dengan baik untuk mendukung dada ketika tidak memakai BH saat tidur.  Bahkan, efeknya lebih terasa untuk gadis remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selama tidur, hormon pertumbuhan akan bekerja, dan melatih otot-otot dada untuk menopang dada dengan lebih kuat. Ini bisa membuat dada kamu lebih kencang dan lebih penuh. 

Inilah 5 manfaat tidur tanpa bra. Selama ini kamu tidur tanpa bra atau justru menggunakannya?