Meroket Lewat “Extraordinary Attorney Woo”, Ini Uniknya Perjalanan Karier Aktor Kang Tae-Oh

Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:00:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Meroket Lewat “Extraordinary Attorney Woo”, Ini Uniknya Perjalanan Karier Aktor Kang Tae-Oh

Kang Tae Oh on "Extraordinary Attorney Woo" (instagram.com/channel.ena.d)

Ladiestory.id - Dua ribu dua puluh dua rupanya menjadi tahun paling “ramah” bagi aktor pemilik wajah dan senyum lembut nan simpatik bernama asli Kim Yoon Hwan ini. Bagaimana tidak? Baru pada drama fenomenal “Extraordinary Attorney Woo” yang mengusung tema pengidap sindrom autis dengan kecerdasan tinggi inilah aktor Korea Kang Tae Oh berhasil menjadikan namanya viral. Ia banyak dibicarakan netizen dalam dan luar negeri, menurut hasil beberapa survei media.

Mengambil peran sebagai pria berlabel green flag, karena sikap-sikapnya yang simpatik terhadap love interest-nya dalam drama tersebut sontak menjadikan Kang Tae Oh sebagai pria paling diidamkan banyak wanita di dunia saat ini. Di balik penampilannya yang mengesankan, ternyata sang aktor menyimpan track record karier yang unik lho, Ladies. Apa saja keunikannya? Yuk simak fakta-faktanya berikut ini.   

 

Awali Karier dengan Cara yang Unik, Debut sebagai Actor Group “5urprise”

 

Actor Group "5urprise" (last.fm)

 

Alih-alih debut sendirian sebagaimana pada umumnya para aktor di Korea Selatan, di bawah asuhan talent agency “Fantagio”, aktor Kang Tae Oh justru mengawali kariernya sebagai grup bersama empat rekannya sesame trainee. Aktor-aktor itu antara lain Seo Kang Joon bintang drama “When the Weather is Fine” dan Gong Myung yang berhasil mencuri perhatian lewat drama terakhirnya sebelum wamil “Lovers of the Red Sky” a.k.a. “Hong Cheon Gi”.  

5urprise merupakan sebuah talent group yang unik karena meminjam konsep boy group. Hanya saja, berbeda dengan boy group pada umumnya, formasi 5urprise diisi oleh lima aktor yang dipilih lewat program seleksi bernama “Actor’s League” yang diadakan Fantagio. Jika rata-rata boy group memulai karir dari dunia musik lalu ke acting, sebaliknya, 5urprise justru mengawali karier dari acting lalu merambah dunia musik. Tergabung selama 7 tahun sejak 2013, pada 2020 lalu akhirnya Kang Tae Oh memutuskan hengkang untuk kemudian bergabung di manajemen artis “Man of Creation” bersama tiga teman lamanya di 5urprise.

Selama bersama 5urprise beberapa karya yang berhasil dicetak antara lain mobile series “After School: Lucky or Not (2013)” dan single untuk sountrack-nya berjudul “Hey U Come On”. Sebelum debut lewat drama gank anak SMA sepanjang 12 episode tersebut, mereka juga terlibat dalam produksi video musik untuk grup “Hello Venus”. Pada kurun waktu antara 2014 hingga 2016, 5urprise merilis tiga single dalam bentuk CD dan digital download, masing-masing bertajuk “From My Heart”, “5urprise Flight” dan “Shake It Up”.

 

Satu Dekade Berkarya, Jadi Sosok “The Hidden Gem in K-drama” yang Unik

 

instagram.com/tvn_drama

 

Julukan “the hidden gem among the K-drama actors” tampaknya cocok disematkan pada aktor yang memiliki nama lahir Kim Yoon Hwan ini. Telah menjalani karier selama kurang lebih 10 tahun, pria dengan senyum simpatik ini tentu tak dapat lagi dikategorikan sebagai rookie actor.

Kang Tae Oh telah malang-melintang di dunia acting Korea bahkan luar negeri jauh sebelum membintangi mega hit drama “Extraordinary Attorney Woo”. Mengawali karier individunya pada 2013 lalu, Kang Teo Oh kemudian banyak menerima proyek acting, bahkan cukup sering terpilih sebagai pemeran utama.

Drama-drama populer yang telah dibintanginya antara lain “My First First Love”, “My First First Love 2”, “The Tale of Nokdu”, “Run On” dan “Doom at Your Service”. Meski telah menjalani karier sejak predebut pada 2011 lalu, rupanya 2022 menjadi tahun paling “ramah” baginya. Bagaimana tidak? Pada tahun inilah sosoknya mendadak menjelma menjadi aktor global dalam satu malam.

    

Lebih Dahulu Berprestasi dan Populer di Luar Negeri

 

Vietnam's Love Sign for Kang Tae Oh
(instagram.com/kto940620)

 

Menyimpan bakat acting yang alamiah, aktor Kang Tae Oh rupanya telah berpengalaman dalam mengerjakan proyek-proyek serial TV di luar negeri, tepatnya di Vietnam. Di negeri itu ia bahkan untuk pertama kalinya mendapat pengakuan atas kualitas acting-nya.

Lewat perannya dalam drama berjudul “Forever Young” dan sekuelnya “Forever Young 2” yang merupakan proyek kolaborasi Korea dan Vietnam, pria berzodiak Gemini ini berhasil meraih penghargaan sebagai “The Best Actor’ dalam ajang “Vietnam Drama Awards” pada 2014. Kemenangannya ini mencatatkan namanya sebagai aktor Korea pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan di negeri tersebut.

Saking tenarnya, ia bahkan mendapat julukan “The Vietnam Prince” dan “The Vietnam Hallyu Leader” dari publik negeri di Asia Timur itu. Sungguh sebuah prestasi yang membanggakan ya, Ladies?

 

Raih Gelar “The Best New Actor” dalam Ajang “2019 KBS Drama Awards”

 

Kang Tae Oh on 2019 KBS Drama Awards
(soompi.com)

 

Selain mendapat pengakuan di luar negeri, karena perkembangan penampilannya yang mumpuni di banyak judul drama dan film, akhirnya pada 2021, ia berhasil meraih predikat sebagai “The Best New Actor” dalam ajang penghargaan “2019 KBS Drama Awards” lewat perannya sebagai Cha Yool Moo dalam drama “The Tale of Nokdu”.

Dalam drama produksi cable TV KBS2 itu, ia beradu acting dengan aktor-aktor muda yang juga tak kalah terkenal seperti Jang Dong Yoon, Kim So Hyun dan Hwang In Yeop. Menurut survei TNS Media Korea dan AGB Nielson, drama yang tayang pada 2019 ini mendapat perhatian yang cukup baik dengan rata-rata rating sebesar 5% hingga 8% per episodenya.

 

Tunaikan Wamil Saat Karir Meroket

 

Kang Tae Oh on "Extraordinary Attorney Woo"
(instagram.com/channel.ena.d)

 

“Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya” mungkin menjadi definisi yang tepat untuk menggambarkan situasi hubungan aktor Kang Tae Oh dengan fans fanatiknya saat ini. Bagaimana tidak? Baru saja merasakan puncak karir dengan raihan rekor demi rekor yang gemilang bersama drama “Extraordinary Attorney Woo”, aktor dengan tinggi badan 183 cm ini terpaksa harus mundur sejenak dari sorotan kamera demi menunaikan tugas negara.

Seperti diketahui bahwa paling lambat pada September 2022, Kang Tae Oh sudah dijadwalkan untuk melaksanakan wajib militer atau wamil sebagai sebuah tugas yang bersifat mandatory (wajib) bagi tiap pria yang telah mencapai usia tertentu di Korea Selatan. Wamil memang seringkali mengecewakan bagi para fans aktor-aktor di negeri Ginseng tersebut. Namun, hal ini tentu sudah menjadi risiko yang harus dihadapi sang aktor dan fans-nya.

Itulah keunikan perjalanan karir aktor Kang Tae Oh, pemeran tokoh Lee Joon Ho, pria dengan sikap dan senyum simpatik dalam drama Korea mega hit “Extraordinary Attorney Woo”. Jika sulit menerima kenyataan bakal ditinggal wamil sebentar lagi, mungkin menyaksikan proyek-proyek acting lama sang bintang dapat sedikit mengurangi kebaperan Ladies. Semoga informasinya bermanfaat!

s