Penting! 7 Barang Wajib di Kotak P3K Selama Liburan

Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:30:00

Penting! 7 Barang Wajib Di Kotak P3K Selama Liburan

P3K wajib selama liburan. (Special)

Ladiestory.id - Cedera terjadi tanpa memperhatikan waktu atau lokasi, dan bepergian tanpa mempersiapkan kotak P3K dapat menimbulkan masalah. Itulah mengapa penting untuk memiliki kotak P3K yang praktis dan ringkas.

Persiapan matang adalah satu hal yang wajib kamu lakukan sebelum pergi berlibur ke suatu tempat. Dengan begitu, kamu dapat menikmati liburan dengan lancar. Seperti mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, dengan mempersiapkan kotak P3K pribadi. 

Membawa obat-obatan sendiri sewaktu liburan sangat penting. Dalam keadaan darurat, belum tentu kamu akan mendapatkannya dengan mudah di tempat tujuan. 

Peralatan P3K pribadi harus memiliki apa yang kamu butuhkan untuk merawat penyakit dan cedera ringan. Isinya bisa mencakup berbagai hal penting yang kamu butuhkan selama berlibur. Kamu tidak perlu mengambil seluruh isi lemari obat.

Untuk tempatnya sendiri, kamu bisa menggunakan kotak kecil atau tas zip-up dan beri label dengan jelas. Lalu buatlah daftar obat-obatan yang akan kamu bawa, dan kumpulkan berdasarkan dari daftar yang sudah kamu tulis sebelumnya. 

Beberapa obat berikut bisa masuk daftar perlengkapan untuk wisata yang harus kamu bawa.

Obat Pribadi

P3K wajib selama liburan. (Special)

 

Setiap orang pasti memiliki masalah kesehatan masing-masing. Oleh karena itu, membawa obat pribadi merupakan suatu kewajiban saat pergi berlibur. Misalnya jika kamu menderita asma, kamu wajib membawa inhaler. Begitu juga untuk jenis penyakit lain yang membutuhkan obat dengan resep khusus. Karena bisa jadi obat-obat ini akan sulit ditemukan di sembarang tempat. 

Obat Flu dan Demam 

P3K wajib selama liburan. (Special)

 

Perubahan cuaca dan lingkungan tidak dapat diprediksi, terlebih lagi di destinasi wisata. Kamu bisa saja terserang flu karena udara yang tidak cocok atau terserang demam karena kelelahan mengunjungi berbagai objek wisata. Dengan membawa obat flu dan demam tentunya akan sangat membantu, agar kamu bisa menikmati liburan dengan nyaman karena sudah bersiap terlebih dahulu.

Obat Sakit Perut 

Ilustrasi minum obat sakit perut. (Special)

 

Ketika liburan, masalah pencernaan seringkali menyerang. Hal ini bisa terjadi karena telat makan atau salah mengonsumsi makanan tertentu yang tidak cocok dengan perutmu. Dengan mempersiapkan obat sakit perut, kamu dapat meredakan rasa tidak nyaman di pencernaan sesegera mungkin.

Plester Luka

P3K wajib selama liburan. (Special)

 

Ketika berlibur kamu bisa saja tergores atau lecet karena berjalan terlalu lama atau mengenakan sepatu yang salah. Sebagai antisipasi, kamu bisa membawa plester untuk menutupi luka tersebut. Selain berfungsi untuk menghentikan pendarahan, plester juga bisa menghalangi kotoran dan debu masuk yang berpotensi memperparah luka.

Obat Mabuk Perjalanan 

P3K wajib selama liburan. (Special)

 

Obat yang satu ini wajib kamu bawa, terutama jika kamu tipe orang yang gampang mabuk saat di perjalanan. Obat ini membantumu mencegah rasa mual dan pusing yang pastinya sangat mengganggu.  

Minyak Angin atau Balsem

P3K wajib selama liburan. (Special)

 

Barang yang satu ini merupakan barang wajib bagi sebagian orang. Beberapa orang mengoleskan minyak angin atau balsem untuk meredakan pusing dan perut kembung. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin, atau dioleskan pada area yang gatal karena digigit serangga. Namun kamu juga perlu hati-hati dalam menggunakannya. Gunakanlah seperlunya karena aroma minyak angin biasanya cukup kuat sehingga dapat mengganggu orang lain.

 Vitamin 

P3K wajib selama liburan. (Special)

 

 

Selama berlibur, ada kalanya kamu merasa lelah akibat perjalanan dan aktivitas liburan. Hal ini dapat membuat daya tahan tubuh berkurang, sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Karena itu dengan meminum vitamin dapat membantu mempertahankan kondisi tubuh. Tetapi kamu juga perlu memperhatikan dosis vitamin yang kamu minum.

s