Gak Ribet! Ini 5 Tips Atasi Masalah Kesehatan Pencernaan

Selasa, 26 Juli 2022 | 00:01:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Gak Ribet! Ini 5 Tips Atasi Masalah Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi pencernaan sehat. (Special)

Ladiestory.id - Semua makanan dan minuman yang kamu konsumsi akan dicerna untuk menyerap nutrisinya, sebelum digunakan oleh tubuh. Oleh karena itu, sistem pencernaan merupakan salah satu fondasi terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyak yang percaya bahwa, proses mencerna makanan baru terjadi di organ perut. Padahal, prosesnya sebenarnya dimulai setelah makanan pertama kali masuk ke mulut.

Setiap kali kamu mengunyah, makanan di mulut akan dihancurkan oleh gigi dan dihancurkan oleh air liur. Air liur mengandung enzim yang menghaluskan makanan dan meningkatkan kerja sistem pencernaan lebih lanjut. Setelah dihancurkan, makanan ditelan dan berjalan ke kerongkongan menuju lambung.

Proses ini didukung oleh gerakan peristaltik asofagus. Ini adalah gerakan otot yang menekan makanan dan mendorongnya ke saluran pencernaan. Di dalam lambung, makanan yang telah dilumat akan dihaluskan lagi dengan bantuan asam lambung dan enzim pencernaan.

Proses ini berlanjut sampai makanan dipecah menjadi bubur halus yang disebut kim. Kim kemudian dikirim ke usus kecil. Itu merupakan proses pencernaan yang lancar.

Namun, tak jarang orang mengalami masalah pencernaan yang tidak lancar. Sehingga, mengakibatkan sakit perut yang berkepanjangan apabila tidak segera melakukan pengobatan.

Jika hal tersebut terjadi sesekali, itu merupakan masalah pencernaan yang wajar. Salah satu penyebab masalah pencernaan tersebut adalah karena pola makan yang tidak tepat. Namun, jika gejala tersebut sering terjadi, dapat menyebabkan masalah serius, seperti memengaruhi status kecukupan gizi pada seseorang.

Agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Banyak Makan Serat

Ilustrasi makanan berserat. (Spesial)

Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Serat makanan membantu melancarkan buang air besar dan mengurangi risiko banyak penyakit, seperti wasir, radang usus besar, dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Asupan serat juga membantu menyeimbangkan jumlah bakteri usus dan mencapai berat badan ideal.

Makan Makanan Alami

Ilustrasi makanan sehat. (Special)

Makanan alami adalah makanan yang tidak menggunakan zat tambahan untuk penyedap rasa. Kamu dapat menggantikannya dengan gula atau garam untuk menambah cita rasa pada masakan kamu.

Minum Air untuk Mendukung Fungsi Hati

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Tidak hanya dapat membantu melancarkan baung air besar, tetapi minnum air putih juga bisa menjaga sistem pencernaan, seperti hati. Alasannya, air membantu menghilangkan racun dan menghilangkan efek samping obat yang dapat memengaruhi fungsi hati.

Air juga membantu menstabilkan kadar air dalam darah. Saat dehidrasi, darah cenderung mengental. Hal ini dapat memengaruhi kemampuan hati untuk menyaring darah dan membuang racun.

Konsumsi Probiotik

Ilustrasi yogurt. (Special)

Probiotik adalah bakteri baik yang secara alami menghuni saluran pencernaan. Bakteri ini membantu melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan enterosit, melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, probiotik membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan nutrisi dan makanan. Konsumsi makanan kaya probiotik, seperti tempe, yogurt dan kimci, dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus kamu.

Perhatikan Jam dan Porsi Makan

Ilustrasi Porsi Makan. (Special)

Cara lain untuk menjaga sistem pencernaan kamu adalah dengan memperhatikan waktu dan porsi makan. Waktu dan porsi makan yang tidak teratur dapat menyebabkan asam lambung naik.

Jika memungkinkan, cobalah sarapan, makan sinag dan makan malam secara teratur. Selain itu, terapkan pola makan yang sehat yang dapat memenuhi kebutuhan gizi kamu.

Tidak ada kata terlambat untuk menjaga sistem pencernaan kamu. Mulailah dengan makan makanan bergizi seimbang, minum banyak air dan ikuti tips di atas agar terhindar dari penyakit pencernaan.