Penting! Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Tidur Berkualitas

Sabtu, 5 Februari 2022 | 09:02:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Penting! Ini 5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Tidur Berkualitas

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Istirahat yang paling baik untuk memulihkan badan setelah lelah seharian beraktivitas adalah tidur. Hal itu berguna untuk membuat badan tetap bugar agar siap menghadapi kegiatan esok harinya. Dari sini, dapat dilihat bahwa salah satu  kesehatan tubuh berasal dari tidur yang berkualitas.

Namun, orang-orang masih jarang yang mengetahui bagaimana untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Bagi yang mengalami kesulitan tidur, maka dikhawatirkan tubuh akan mengalami gangguan pada kesehatannya.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab orang mengalami kesulitan dalam tidur, salah satunya yaitu kebiasaan tidur yang kurang baik. Maka dari itu, yuk terapkan pola kebiasaan tidur yang baik agar badan tetap fit menjalani aktivitas sehari-hari.

1. Jauhkan Barang Elektronik

Ilustrasi main gadget sebelum tidur. (Special)

Handphone memang sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang. Namun, banyak menghabiskan waktu di depan layar handphone juga tidak baik, loh. Terlebih jika dilakukan menjelang waktu tidur, maka waktu akan lebih banyak tersita untuk hal yang kurang bermanfaat.

Untuk itu, sebaiknya jauhkan handphone atau alat elektronik lainnya dari jangkauan tempat tidur. Sebab, mengutip Verywell Health, blue light yang dipancarkan dari alat-alat elektronik tersebut bisa mengganggu tidur karena hormon melatonin ditekan dan mengakibatkan terganggunya pola tidur.

Selain itu, waktu yang habis digunakan di depan layar handphone untuk sekadar mengecek media sosial dapat digunakan untuk menambah waktu tidur agar lebih berkualitas.

2. Mandi Air Hangat

Foto :Tribun Jogja

Sebelum tidur, ijinkan tubuh beristirahat kurang lebih satu jam untuk menyesuaikan diri dengan pola waktu tidur berkualitas. Waktu satu jam bisa digunakan untuk mandi air hangat, dengan harapan dapat merelaksasi tubuh setelah seharian beraktivitas.

Banyak manfaat yang diperoleh dari mandi air hangat sebelum tidur. Selain merelaksasi tubuh, mandi membuat badan menjadi bersih dan tidak lengket. Tidak dipungkiri juga hal itu dapat melepas beban pikiran seharian. Dengan banyak manfaat yang didapat, tidur pun diharapkan akan lebih nyenyak dan berkulitas.

3. Meditasi

Foto: Ladiestory.id

Selain mandi air hangat, waktu satu jam juga bisa digunakan untuk melakukan kegiatan meditasi. Hampir sama manfaatnya dengan mandi, meditasi adalah cara jitu dalam menghilankan stres.

Lalu, apa saja yang dilakukan selama meditasi? Meditasi bisa dimulai dengan mengatur napas, mulai dari menghirup, menahan, hingga melepas napas. Lakukan itu berulang kali, karena pergerakan napas menggunakan hidung dan mulut berfungsi untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang. 

4. Hindari Konsumsi Kafein

Foto: Ladiestory.id

Banyak orang menggunakan kafein sebagai teman beraktivitas. Namun, selain kegunaan yang didapat dari kafein, ada juga beberapa hal negatif yang akan diperoleh. Memacu kerja otak dan menjadikan energi seakan tidak ada habisnya, kafein nyatanya dapat mengganggu jalannya tidur berkualitas. Hal itu akibat sistem saraf bekerja maksimal dan seolah menghentikan tubuh dari relaksasi alami pada malam hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa kafein menjadikan tidur tidak nyenyak, sehingga tubuh menjadi tidak fit saat terbangun pada keesokan harinya.

5. Minum Air Putih

Ilustrasi orang minum karena kehausan. (Special)

Lebih efisien mengonsumsi air putih jika dibanding dengan kafein. Seperti dua kudu yang berlawanan, air putih memiliki banyak sekali manfaat dan tidak ada dampak negatifnya sama sekali. Inilah manfaat yang akan diperoleh dari air putih:

- Hidrasi dalam tubuh menjadi baik dan terjaga

- Melancarkan proses regenerasi sel

- Membantu proses pembersihan racun

- Berat badan ideal terjaga