Redakan Nyeri Sendi, Ini 5 Manfaat Jalan Kaki

Jumat, 16 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Redakan Nyeri Sendi, Ini 5 Manfaat Jalan Kaki

Ilustrasi Jalan Kaki (Special)

Ladiestory.id - Menurut data yang diambil dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berjalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit. Bahkan wanita yang berjalan kaki 10.000 langkah dalam sehari selama 24 minggu dapat menurunkan tekanan darah.

Buat kamu yang baru mau memulai olahraga, jalan kaki bisa menjadi alternatif pilihan karena mudah untuk dilakukan. Selain menurunkan tekanan darah, yuk simak 5 manfaat lain dari berjalan kaki.

Cegah Obesitas

Ilustrasi Obesitas (Special)

Buat kamu yang ingin menjaga berat badan, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan kaki. Sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan berjalan kaki minimal 1 jam dalam sehari dapat menurunkan berat badan.

Tim peneliti dari Harvard Medical School melakukan uji coba kepada 12 ribu orang yang mengalami obesitas. Dalam penelitian, orang yang mengalami obesitas dapat menurunkan berat badanya loh. Tentunya tidak bisa dalam sehari ya ladies!

Mengurangi Makanan Manis

Ilustrasi Makanan Manis (Ladiestory.id)

Dilansir dari Harvard Medical School pada Kamis (15/09/2022), berjalan kaki dapat membuat kamu mengurangi makan makanan yang manis loh. Penelitian dari University of Exeter mengungkapkan bahwa berjalan kaki selama 15 menit dapat mengurangi seseorang ingin mengonsumsi makanan manis dalam situasi stres.

Buat kamu yang ingin mengurangi camilan, jalan kaki bisa kamu lakukan loh. Pasalnya dengan berjalan kaki kamu bisa mengurangi keinginan untuk makan terus menerus.

Cegah Risiko Kanker Payudara

Ilustrasi simbol tumor payudara (Special)

Sebuah studi dari American Cancer Society mengungkapkan bahwa wanita yang berjalan selama tujuh jam atau lebih dalam seminggu dapat mencegah risiko kanker payudara. Para peneliti mengatakan bahwa mereka yang jalan selama 7 jam menurunkan resiko kanker payudara dibanding dengan seseorang yang hanya berjalan 3 jam.

Redakan Nyeri Sendi

Ilustrasi Nyeri Sendi (Special)

Selain memperkuat tulang otot kaki, paha dan tulang, jalan kaki dapat meredakan nyeri sendi. Kamu bisa berjalan 1ml atau 1000 km setiap hari. Dalam seminggu kamu dapat mengurangi awal terjadinya radang sendi. Berjalan dapat melindungi persendian terutama lutut dan pinggul yang rentan akan osteoartitis.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi sehat. (Special)

 

Makan yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kamu juga perlu berolah raga agar tubuh semakin bugar. Sambil berjalan ke pasar atau taman, jalan kaki bisa menyehatkan tubuhmu loh.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 20 menit dalam sehari dapat mengurangi risiko sakit. Jika sakit terserang sakit, orang tersebut akan lebih cepat sehat. Yuk jalan kaki, biar badanmu semakin sehat dan bugar!

s