Tak hanya Bikin Badan Sehat, Ini Pentingnya Rutin Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:30:00

Tak Hanya Bikin Badan Sehat, Ini Pentingnya Rutin Olahraga Untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi perempuan olahraga. (Special)

Ladiestory.id - Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika kamu rutin dalam berolahrga. Selain membuat badan sehat dan menjaga agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, lho! Berikut penjelasannya.

Lakukan gaya hidup sehat

Ilustrasi hidup sehat  (Ladiestory.id)

Untuk menghindari berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo atau kerutan wajah, banyak orang mengandalkan berbagai produk skincare maupun rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan dokter.

Sebenarnya, jika kamu melakukan gaya hidup yang sehat dan mengatur pola makan yang baik, tentu kamu akan mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.

Efek rutin olahraga pada kesehatan kulit

Ilustrasi kulit sehat Foto: Ladiestory.id

 

Mengutip Everyday Health, efek langsung yang ditimbulkan dari olahraga adalah adanya peningkatan aliran darah ke kulit dan peningkatan aliran getah bening yang dapat mengurangi kantung mata.

Setiap sel memiliki mitokondria yang mendorong semua fungsi sel untuk memperbaiki kerusakan kulit dan membuat komponen yang membuat kulit awet muda. Tetapi, seiring bertambahnya usia, mitokondria menjadi kurang berfungsi dengan baik. Tentu hal yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga.

Perbaiki penuaan pada kulit dengan olahraga

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Dalam sebuah studi, mengungkapkan bahwa dengan berolahraga dapat membalikkan perubahan mitokondria di dalam otot. Selain itu, olaharaga juga dapat melemahkan beberapa aspek penuaan kulit pada manusia dan perubahan kulit terkait dengan perbaikan mitokondria pada kulit.

Inilah yang menjadi alasan seorang yang awet muda, selain karena mengonsumsi makan-makanan yang sehat dan rutin berolahraga. 

Bagaimana stres mempengaruhi masalah kulit

Ilustrasi perempuan stres karena pekerjaan. (Special)

Saat stres juga sangat berpengaruh pada hormon endorfin, yang merupakan hormon perasaan baik. Endorfin memengaruhi sel-sel kulit. Tak hanya itu, olahraga juga dapat membantu mencegah efek stres dan mengurangi kadar hormon stres yang membuat tidak sehat untuk kulit kamu.

Menurut National Sleep Foundation, rutin berolahraga juga mempengaruhi tidur pada seseorang. Biasanya, orang dewasa direkomendasikan untuk tidur sekitar 7-9 jam permalam. Teknik ini juga dapat mencegah seseorang yang mudah stres sehingga mengakibatkan penuaan pada kulit.

Rekomendasi Olahraga Yoga

Ilustrasi olahraga bersama sahabat. (Special)

Melansir artikel Everyday Health, merekomendasikan olahraga Yoga yang dapat melawan stres dan tidur dengan nyenyak. Tentu hal ini berkaitan dengan kesehatan kulit.

Pada akhirny,a memang olahraga harus dilakukan rutin untuk membuat kamu mengeluarkan keringat kotor dalam tubuh. Berolahraga juga perlu konsisten agar kulit tampak lebih kencang dan sehat. Selain itu, kamu juga perlu mengatur pola menu makan yang sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Hindari makan-makanan cepat saji atau ultra-olahan yang memiliki kandungan garam dan gula berlebih. Hal ini berpengaruh terhadap kesehatan kulit kamu.

s