Merasa Jenuh di Kantor? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

Minggu, 16 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Merasa Jenuh Di Kantor? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya

Ilustrasi Perempuan Sibuk Bekerja. (Special)

Ladiestory.id - Menjalani padatnya aktivitas sehari-hari, khususnya di dalam kantor akan membuat suasana mood berubah-ubah. Rasa lelah dan jenuh kerap menghampiri pekerja yang kerap diburu deadline.

Tatkala masalah kesehatan dan mental pun sering dihadapi, sehingga produktivitas kerja menjadi menurun. Nah, untuk mengatasi rasa jenuh selama bekerja seharian di kantor, berikut 5 tips yang bisa kamu atasi agar semangat dan produktivitas kerja kembali meningkat.

Atur Ruang Kerja Lebih Menarik

Ilustrasi ruang kerja. (Special)

Menjalani aktivitas kerja setiap harinya tentunya akan membuat sesorang akan mudah meras alelah, stres, frustasi, bahkan depresi. Mencintai pekerjaan sama halnya seperti mencintai diri sendiri. Untuk menyiasati hal tersebut, salah satu tips jitu yang bisa kamu lakukan ialah degan mengatur kondisi ruang kerja agar terlihat lebih menarik.

Suasana ruang yang rapi, bersih, dan indah tentunya akan membuat mood kerja semakin meningkat. Kamu bisa menambahkan tanaman hias hingga ikan hias dalam aquarium mini di meja kerja. Menambahkan aroma terapi yang dapat membuat rileks, hingga mengatur pencahayaan ruangan tampak lebih cerah juga akan membuat suasana kerja menjadi menyenangkan.

Dengarkan Musik

Ilustrasi Mendengarkan Musik (Special)

Salah satu tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa jenuh di kantor ialah dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik juga dapat membantu merubah suasana hati serta meningkatkan rasa semangat untuk bekerja.

Agar volume musik yang kamu dengarkan tidak mengganggu aktivitas bekerja orang lain, maka kamu pun dapat menggunakan earphone dan menggunakan volume suara yang sewajarnya.

Buat To Do List

Ilustrasi membuat to do list. (Special)

Merasa jenuh terus-menerus di kantor bisa saja karena kamu tidak bisa mengatur ritme kerja se-manarik dan se-asyik mungkin. Kamu akan melakukan pekerjaan sesuai alur agar pekerjaan cepat selesai, namun jika strategi kerja yang kamu lakukan ternyata justru membuat pekerjaan tak terselesaikan.

Hal ini bisa dikarenakan kamu salah menyusun strategi. Coba buat to do list pekerjaan di buku agenda agar tidak ada yang terlewatkan. Kamu bisa membuat daftar pekerjaan yang harus segera terselesaikan terlebih dahulu agar pekerjaan tersusun dengan baik dan sempurna. Pekerjaanmu pun tak semakin menumpuk dan tidak akan ada calling-an untuk lembur.

Siapkan Camilan Favorit

Ilustrasi camilan. (Special)

Saat bekerja, tubuh juga perlu energi, salah satunya dengan menyiapkan camilan favorit di ruang kerja. Kamu bisa siapkan snack, permen, cokelat, atau kopi agar bisa ngemil sambil bekerja. Hal ini pun tentunya akan membuat suasana kerja lebih seru dan menyenangkan.

Eits, jangan sampai kamu ngemil di jam kerja terlalu banyak, karena bisa saja berat badanmu naik bahkan pekerjaanmu pun menjadi tertunda. Makan dan minumlah secukupnya dan lakukan dengan sopan agar tidak menganggu pekerja atau atasan di ruanganmu.

Lakukan Olahraga Ringan

Ilustrasi olahraga duduk-berdiri. (Special)

Kelelahan saat bekerja memang hal wajar yang sering dihadapi oleh seseorang. Terlalu banyak bekerja juga dapat membuat mata, pinggang, sendi, dan kepala merasa sakit, sehingga tubuh mengeluarkan signal untuk berhenti sejenak untuk bekerja.

Nah, untuk menyiasatinya, kamu pun dapat melakukan olahraga ringan di kantor dengan berjalan mengelilingi sudut ruangan untuk menghindari rasa kantuk dan pegal-pegal, naik turun tangga, bahkan melakukan gerakan-gerakan stretching yang dapat membuat otot dan sendi sehat kembali.

Ladies, itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan ketika mulai merasa bosan dan jenuh di kantor. Namun, jika kondisi kesehatan dan mentalmu mulai terganggu akibat bekerja terlalu keras, maka tak ada salahnya kamu untuk beristirahat sejenak dari rutinitas kerja dan mengambil cuti untuk mengembalikan semangat kerjamu menjadi kembali produktif.