Bye-bye Insomnia! 7 Tips Mudah Atasi Susah Tidur

Sabtu, 9 Juli 2022 | 17:00:00

Bye-Bye Insomnia! 7 Tips Mudah Atasi Susah Tidur

Insomnia (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Ladies, apakah kamu pernah mengalami gelisah dan sulit tidur pada malam hari meskipun tubuh sedang lelah? Bisa jadi kamu sedang mengalami insomnia.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya insomnia, mulai dari kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur hingga masalah psikologis. Selain itu, insomnia juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu, seperti nyeri sendi dan efek samping obat-obatan.

Nah, bagi kamu yang mengalami insomnia, ikuti tips dan cara mengatasinya berikut ini.

Luangkan Waktu untuk Relaksasi

Ilustrasi Mendengarkan Musik (Pinterest.com)

Kesulitan tidur bisa disebabkan oleh rasa cemas atau khawatir berlebihan. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan meditasi agar pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, sebelum tidur kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas loh. Misalnya, yoga atau pilates untuk memberikan rasa nyaman, membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama yang pelan untuk membantu kamu tidur. 

Terapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat (Pinterest.com)

Ladies bisa memulai pola hidup sehat dengan cara mengurangi stres dan menerapkan beberapa jenis olahraga seperti renang, yoga, dan jogging selama 30 menit. Selain itu, hindari makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks sebelum tidur. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Kurangi Kafein serta Hindari Merokok

Ilustrasi Kopi dan Rokok (Pinterest.com)

Berbagai jenis minuman beralkohol dan kafein, seperti teh dan kopi, dapat menyebabkan susah tidur. Maka, Ladies perlu menghindari konsumsi kedua jenis kandungan minuman itu sebelum tidur. Selain itu, jika Ladies termasuk perokok aktif, tolong hindari mulai sekarang. Selain berbahaya bagi kesehatan, kandungan nikotin dalam rokok menjadi penyebab kamu susah tidur, loh!

Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Ilustrasi Kamar Tidur Nyaman (Pinterest.com)

Idealnya, kamar tidur hanya digunakan untuk beristirahat. Jadi alangkah baiknya, aktivitas lain tidak dilakukan di kamar tidur. Kamu bisa memindahkan televisi dan komputer di luar kamar tidur agar lebih mudah dan nyaman saat beristirahat.

Antisipasi Perubahan Jam Tidur

Ilustrasi Jam Digital (Pinterest.com)

Ladies, dalam tubuh kamu ada yang namanya ritme sirkadian. Ritme ini merupakan mekanisme alami tubuh yang mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, serta suhu tubuh. Jadi, jika ada perubahan dalam jam tidur, itu akan mempengaruhi ritme sirkadian yang berpotensi menyebabkan susah tidur.

Hindari Tidur di Siang Hari

Ilustrasi Tidur di Siang Hari (Pinterest.com)

Tidur siang memang sangat menggoda, tapi Ladies harus menjauhinya karena hal itu dapat menyebabkan Ladies semakin sulit untuk tidur di malam hari. Ini dikarenakan tidur di siang hari akan melemahkan dorongan Ladies untuk tidur di malam hari. Namun, apabila Ladies masih belum bisa tidur, coba gunakan waktu untuk sekadar berbaring dan istirahat karena ini pun sangat membantu.

Konsumsi Obat Tidur

Ilustrasi Konsumsi Obat (Pinterest.com)

Opsi terakhir yang dapat dilakukan adalah konsumsi obat tidur. Namun, ini bukanlah solusi yang baik untuk jangka panjang. Ketergantungan obat tidur akan menimbulkan berbagai efek yang berbahaya. Salah satunya, dapat menghilangkan kepercayaan Ladies pada kemampuan alami untuk tidur, serta menimbulkan kecemasan.

Yuk, mulai ubah kebiasaanmu dari hal-hal kecil!