Milenial! Ini 6 Tips Belanja Bulanan Supaya Tetap Hemat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Milenial! Ini 6 Tips Belanja Bulanan Supaya Tetap Hemat

Ilustrasi Belanja Bulanan (pinterest)

Ladiestory.id -Belanja bulanan memang menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi sehari-hari, mulai dari bahan makanan pokok maupun kebutuhan lainnya dalam menunjang hidup. Bagi sebagian kaum milenial, belanja bulanan itu susah-susah gampang terutama dalam mengelola budget bulanan.

Terkadang saat berbelanja, ada saja kebutuhan lain yang dibeli diluar dari catatan rencana harian. Wah, kalau begini terus bisa-bisa keuanganmu menjadi kacau. Maka dari itu, simak tips belanja bulanan berikut ini yuk! Supaya kamu tetap hemat dan pandai mengelola keuangan bulanan.

Tentukan Skala Prioritas

Tentukan Skala Prioritas (pinterest)

Sebelum berbelanja, sebaiknya kamu menentukan skala prioritas yang kamu butuhkan dibandingkan dengan apa yang kamu inginkan. Belilah barang yang menjadi kebutuhanmu untuk bisa berhemat beberapa bulan kedepan. Hal ini dapat membuat budgeting keuanganmu menjadi lebih hemat.

Bukan berarti kamu menjadi pelit terhadap diri sendiri, justru hal ini akan menyelamatkanmu dari pemborosan ketika hendak berbelanja bulanan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk harus membeli kebutuhan lain yang tidak sesuai dengan skala prioritasmu, maka dari itu mulai sekarang kamu juga harus bisa mengontrol nafsu belanja agar tidak boros dan berlebihan ya, Ladies?

Buat List Belanja Bulanan

Buat List Belanja Bulanan (pinterest)

Sebelum pergi berbelanja bulanan, sebaiknya cek terlebih dahulu stok persediaan barang di rumah yang telah menipis atau pun masih banyak. Selain itu cek pula tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk makanan untuk membeli persediaan yang baru. Setelah itu, buatlah list barang belanjaan yang hendak dibeli supaya kamu terhindar untuk membeli barang-barang yang nggak diperlukan diluar dari daftar belanjaanmu.

Jangan Bawa Uang Terlalu Banyak

Jangan Bawa Uang Banyak (pinterest)

Usahakan untuk membawa uang belanja secukupnya namun tidak pas-pasan. Hal ini diupayakan agar kamu tidak berbelanja secara berlebihan dan masih bisa mengontrol jumlah uang yang dikeluarkan.

Belanja sesuai dengan kebutuhan dan daftar belanja akan membuat keuanganmu jauh lebih aman. Jika kamu tidak bisa mengontrol diri saat berbelanja justru hal ini akan sangat membahayakan keuangan yang ujung-ujungnya akan berakhir boros.

Simpan Struk Belanja

Simpan Struk Belanja (pinterest)

Setelah berbelanja jangan buang struk belanjaanmu begitu saja, cobalah kumpulkan struk belanjaanmu dan simpan dengan rapi dalam tempat khusus supaya enggak berantakan. Walaupun struk belanjaan ini bagi beberapa orang enggak penting, namun pada kenyataannya hal sepele ini juga bisa membantu mengevaluasi keuanganmu selama sebulan, lho!

Struk belanja ini dapat menjadi pembanding dalam hal pengeluaran keuanganmu, dengan begitu kamu dapat mengetahui uangmu habis dibelanjakan untuk kebutuhan apa saja. Dengan melihat kembali struk belanja, kamu pun dapat mengurangi kebutuhan besar yang tidak diperlukan.

Bandingkan Harga 

Bandingkan Harga Belanja (pinterest)

Bagi sebagian orang hal seperti ini akan menghabiskan banyak waktu dan bertele-tele. Karena banyak dari mereka yang lebih memilih untuk survei langsung ke lokasi, daripada harus mengecek harga barang di platform belanja online.

Dikarenakan setiap daerah memilki harga barang yang bervariatif, namun enggak ada salahnya jika kamu ingin melakukan pengecekan sebagai pembanding. Baik di ritel online maupun di pasaran. Dengan begitu, kamu pun dapat mengalokasikan budget bulanan menjadi lebih mudah.

Bergabung Jadi Member

Bergabung Sebagai Member (pinterest)

Biasanya setiap supermarket akan mengajak para customer nya untuk bergabung sebagai member. Biasanya akan ada promo dan potongan harga dari produk yang dijualkan. Hal ini pun akan memberi keuntungan bagi dirimu, lho!

Jika kamu memiliki supermarket langganan untuk berbelanja bulanan, jangan sungkan untuk bergabung menjadi member nya. Kamu pun akan mendapat member card yang proses pembuatannya pun sangat mudah dan enggak memakan waktu yang cukup lama. Selain bisa mendapat keuntungan kamu pun akan lebih berhemat bukan?

s