5 Tips Redakan Gejala Vertigo Pada Ibu Hamil

Jumat, 2 September 2022 | 13:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Redakan Gejala Vertigo Pada Ibu Hamil

Ilustrasi Gejala Verigo Ibu Hamil (Pinterest)

Ladiestory.id - Perubahan hormon saat hamil kerap membuat ibu merasa mudah stres, sensitif, lelah hingga mengalami masalah vertigo. Gejala vertigo merupakan gejala pusing atau sakit kepala yang bisa munul kapan saja. Sehinga mengakibatkan kondisi tubuh mengalami kurang keseimbangan, hilang konsentrasi, pandangan kabur, kepala berkunang-kunang bahkan efek lelah yang luar biasa. Gejala vertigo pada ibu hamil juga bisa disebabkan adanya peningkatan hormon dan juga anemia. Untuk mengatasi gejala vertigo, ibu hamil juga bisa melakukan 5 tips seperti berikut ini.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Konsumsi Air Putih (Special)

Tingginya tingkat hormon saat hamil dapat membuat ibu mudah merasa lelah, kekurangan cairan tubuh hingga pusing kepala yang begitu menyakitkan. Salah satu cara yang bisa ibu lakukan untuk mengurangi gejala vertigo ialah dengan perbanyak konsumsi air putih.

Perbanyak konsumsi air putih setiap harinya agar tubuh tidak kekurangan cairan dan tetap terhidrasi dengan baik. Rutin mengonsumsi air putih juga dapat membantu masalah sembelit, wasir, menambah energi serta mengatasi wasir. Selain dengan mengonsumsi air putih, bumil juga bisa mendapat asupan cairan lainnya dengan mengonsumsi jus, yoghurt atau smoothies.

Perbanyak Istirahat

Perbanyak Istirahat (Special)

Saat hamil bumil kerap mengalami masalah sulit tidur yang dapat mengurangi waktu istirahat menjadi berkurang. Oleh karena itu, ibu hamil juga perlu memperhatikan posisi tidur yang baik serta perbanyak istirahat. Agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari gejala vertigo. Kurangi bermain gadget karena dapat menyita waktu istirahat bumil, perhatikan juga posisi tidur agar tetap nyaman sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat (Special)

Saat hamil perlu memperhatikan porsi dan pola makan yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Saat hamil, ibu dan bayi juga harus terpenuhi akan gizi, nutrisi dan vitamin yang seimbang untuk dapat menjaga kadar gula darah terkontrol dengan baik. Jika ibu hamil sering mengalami mual, muntah serta vertigo dan sulit mengonsumsi makanan. Ibu hamil pun bisa mengonsumsi makanan sedikit namun sering agar nutrisi dalam tubuh tetap terjaga.

Konsumsi Zat Besi

Mengonsumsi Zat Besi (Pinterest)

Saat hamil, ibu juga perlu asupan suplemen dan vitamin yang tak hanya didapatkan dari makanan dan minuman. Biasanya dokter kandungan akan merekomendasikan suplemen, vitamin dan obat-obatan khusus yang telah diberikan sesuai dengan resep dokter. Agar bumil tetap sehat, salah satu diantaranya ialah untuk mengonsumsi zat besi agar bumil terhindar dari vertigo dan gejala anemia. Jika gejala vertigo masih kerap menganggu bumil, maka perlu pemeriksaan khusus kepada dokter kandungan agar segera teratasi.

Kurangi Kegiatan Berat

Kurangi Kegiatan Berat (Special)

Masa-masa kehamilan juga harus diperhatikan khususnya dalam melakukan aktivitas, baik itu melakukan aktivitas rumah tangga, bekerja hingga berolahraga yang bisa menyebabkan tubuh bumil menjadi mudah merasa lelah serta pusing. Kurangi kegiatan berat yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah. Hal ini pun bisa menimbulkan bahaya bagi janin di dalam kandungan. Saat hamil pun ibu diperbolehkan untuk melakukan olahraga ringan dan hindari melakukan aktivitas olahraga berat yang bisa membahayakan dan menimbulkan cedera pada tubuh.

Itulah 5 tips redakan gejala vertigo pada ibu hamil. Apabila gejala vertigo masih terjadi maka bumil dapat duduk dan tarik napas perlahan dan perbanyak untuk minum air putih. Selain itu jangan memforsir kegiatan semasa kehamilan agar bumil dapat istirahat cukup dan tetap sehat. Semoga bermanfaat.