5 Cara Hilangkan Rasa Kantuk Tanpa Kafein

Jumat, 2 September 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Cara Hilangkan Rasa Kantuk Tanpa Kafein

Ilustrasi wanita mengantuk saat bekerja. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang mengeluhkan rasa kantuk saat sedang bekerja. Biasanya orang akan minum kopi atau kafein untuk mengusir rasa kantuk itu.

Namun, beberapa orang tidak bisa minum kopi dengan berbagai alasan, seperti tidak suka hingga masalah kesehatan. Lantas bagaimana mengusir rasa kantuk tanpa kafein padahal kita harus tetap bekerja? Yuk, simak 5 cara menghilangkan rasa kantuk di bawah ini.

Tidur Siang

Tidur siang. (Special)

Salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk di siang hari adalah dengan tidur. Tidak ada obat yang lebih manjur dibanding tidur kan?

Namun, bagaimana jika pekerjaan menumpuk? Setidaknya beri waktu sebentar untuk matamu terpejam. Kamu boleh tidur siang selama 10 hingga 20 menit.

Carilah ruangan yang tenang sehingga bisa membuat tidur siangmu yang singkat lebih berkualitas. Biasanya sebuah kantor menyediakan beberapa tempat khusus yang tertutup sehingga kamu bisa menggunakannya.

Tips tidur siang di kantor adalah pasang alarm. Hal ini menghindari kamu tidur terlalu lama atau malah tidak bangun. Selain itu, dianjurkan untuk tidak tidur siang lebih dari pukul 15.00. Hal ini dilakukan untuk menghindari kualitas tidurmu di malam hari. jadi terganggu.

Selain menghilangkan rasa kantuk, tidur siang mampu membuat tubuh jadi lebih segar. Selain itu, tidur siang juga mampu meningkatkan mood jadi lebih baik.

Cuci Muka

Cuci muka. (Special)

Hal ini biasa dilakukan saat orang merasa ngantuk namun tidak bisa minum kafein. Bahkan, cuci muka menjadi senjata utama saat mengantuk di sekolahan. Bahkan, Bapak Ibu Guru pun akan menganjurkan kita untuk cuci muka terlebih dahulu.

Pasalnya, saat cuci muka, wajah kita akan terbasuh dengan air dingin. Air dingin ini akan membantu memperlancar peredaran darah di wajah. Nantinya mata akan kembali segar dan mengurangi rasa kantuk.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik. (Special)

Cara ampun lainnya untuk mengusir rasa kantuk tanpa kafein adalah mendengarkan musik. Namun, sebaiknya kamu memillih musik dengan instrument ceria.

Pasalnya, jika kamu mendengar lagu mellow justru akan membuat rasa kantuk semakin bertambah. Carilah musik yang bisa membuatmu semangat. Gunakan earphone agar tidak menganggu rekan kerja di sebelahmu ya!.

Selain itu, kamu juga boleh ikut bersenandung. Saat kamu bernyanyi, setidaknya akan membantu mengusir rasa bosan dan ngantuk itu sendiri.

Cari Sesuatu Hal yang Lucu

Ilustrasi tertawa. (Special)

Jika rasa kantuk melanda di tengah pekerjaanmu, tidak ada salahnya kamu me-resfresh sedikit otak. Kamu bisa mencari hal-hal yang sekiranya membuat tertawa.

Pasalnya, banyak penelitian yang menyebut saat seseorang tertawa mampu meredakan stres. Selain itu, tekanan darah ikut menurun dan mampu memperbaiki suasana hati.

Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa tertawa mampu meningkatkan endorphin. Artinya tertawa disamakan dengan kita sedang berolahraga ringan.

Kamu bisa mencari sesuatu hal yang lucu di handphone. Buka media sosial dan cari video lucu yang bisa membuatmu tertawa. Namun ingat, jangan tertawa terlalu keras agar tidak menganggu rekan kerja yang lainnya.

Minum Air Putih

Minum air putih. (Special)

Air putih memang terbukti mampu mengatasi semua permasalahan, termasuk untuk mengatasi rasa kantuk. Kamu bisa coba mengonsumsi air putih daripada minum kafein.

Pasalnya, rasa kantuk bisa menjadi salah satu indikasi tubuh kekurangan cairan. Cleveland Clinic menjelaskan bahwa asupan cairan yang cukup mampu membuat tubuh terhidrasi dan membantu untuk terus terjaga.

Hal ini lantaran air putih mampu menormalkan kembali sel-sel tubuh yang kelelahan dan dehidrasi. Selain itu, minum air putih dingin akan membuat tubuh dan mata menjadi lebih segar.