Alami Kurang Tidur? Ini 6 Hal yang Harus Dihindari

Jumat, 12 Mei 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Alami Kurang Tidur? Ini 6 Hal Yang Harus Dihindari

Ilustrasi seseorang mengantuk. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki masalah kurang tidur tentu akan sangat mengganggu konsentrasi dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Akibat kualitas tidur yang buruk (sleep deprivation) disebabkan ketika seseorang memiliki waktu tidur yang kurang dalam jangka waktu yang lama.

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kurang energi, konsentrasi menurun, perubahan suasana hati,  menjadi mudah lupa hingga dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Nah, apabila kamu mengalami masalah kurang tidur, maka sebaiknya kamu dapat menghindari enam hal ini, Ladies. Simak yuk!

Kurangi Konsumsi Junk Food

Ilustrasi makan junk food. (Special)

 

Ladies, apabila tubuhmu mulai merasa lelah, maka sebaiknya kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan yang berlemak maupun tinggi akan kalori. Walaupun terlihat begitu menggiurkan, tentunya mengonsumsi junk food sangat tidak sehat serta dapat menaikan berat badan. Sebaiknya kamu dapat mengonsumsi sayuran kukus ataupun mengonsumsi coklat.

Selain itu, usahakan untuk menghindari mengonsumsi camilan saat tengah malam saat tubuhmu mulai merasa lelah, hal ini dikarenakan tubuh tidak bisa mencerna makanan setelah kamu tertidur. Maka dari itu, kamu pun dapat menghindari mengonsumsi makanan cepat saji maupun makanan berminyak yang dapat menimbulkan gejala sakit maag ataupun menyulitkan untuk tertidur.

Kurangi Intensitas Olahraga yang Berlebih

Latihan Interval Intensitas Tinggi. (Special)

 

Ladies, apabila kamu melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas yang berlebihan, maka dapat membuat otot-otot tubuhmu menjadi mudah lelah. Kamu pun dapat melakukan aktivitas olahraga yang lebih ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Kurangi Minum Kopi Terlalu Banyak

Ilustrasi kopi. (Special)

 

Ladies, apabila kamu sering mengonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup banyak setiap harinya, sebaiknya kamu dapat menghindari kebiasaan ini. Minum beberapa cangkir kopi sepanjang hari dapat membuat tubuhmu merasa lelah bahkan bisa membuat tubuhmu menjadi tidak nyaman. Apabila kamu terlalu banyak minum kopi maka hal ini juga menjadi penyebab kamu kurang tidur dan siklus tidurmu pun menjadi tidak baik.

Kurangi Kebiasaan Tidur Siang yang Panjang

Ilustrasi tidur. (Special)

 

Ladies, ternyata tidur siang dengan waktu yang panjang pun dapat mempengaruhi kualitas tidurmu, lho. Tidur siang dengan waktu yang cukup lama dapat membuatmu merasa sulit tidur di malam hari bahkan akan mempengaruhi tubuhmu di keesokan harinya. Oleh sebab itu, kamu dapat tidur siang selama 20 hingga 30 menit.

Jangan Lewatkan Batas Waktu Tidur Normal

Ilustrasi mengatur waktu tidur ( Healthline )

 

Ladies, sebaiknya jangan lewatkan batas waktu tidur normal karena hal ini dapat mengganggu siklus dan kualitas tidurmu. Apabila kamu tidur 30 menit lebih lama dari jam ataupun waktu normal, maka hal ini juga bisa mengganggu jam tubuhmu bahkan dapat menyebabkan tubuhmu alami gangguan kesehatan.

Kurangi Aktivitas yang Padat

Ilustrasi bekerja. (Special)

 

Ladies, masalah kurang tidur juga dapat disebabkan oleh banyaknya aktivitas yang kamu lakukan alhasil energi tubuhmu akan terus terkuras bahkan akan membuatmu merasa terjaga karena terlalu memaksakan diri untuk tetap on sepanjang hari. Justru hal ini pun akan sangat berdampak pada kesehatan dan kondisi tubuhmu.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi suasana hati yang dapat menyebabkan seseorang mengalami emosi yang tidak stabil, kecemasan, gelisah, bahkan mengganggu kesehatan mental. Oleh sebab itu, sulit tidur pun dapat menagkibatkan risiko terjadinya penyakit kronis.