Apa Bedanya Meningitis Virus Versus Meningitis Bakteri?

Kamis, 9 April 2020 | 18:37:01

LS Health

Penulis : LS Health

Apa Bedanya Meningitis Virus Versus Meningitis Bakteri?

Meningitis merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang belum banyak diketahui orang. Dan terkadang, penyakit meningitis tidak terdeteksi. Gejala yang timbul pun juga nampak tidak terlalu serius. Tahukah kamu apa itu penyakit meningitis? Yuk, baca penjelasan singkatnya di bawah ini. 

Apa Itu Meningitis?

Meningitis adalah infeksi jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Meningitis virus adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dan meningitis bakteri adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Penyebab utama dari meningitis adalah infeksi, baik itu yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Karena radang ini disebabkan oleh virus dan bakteri, kondisi ini sangat menular dan dapat berpindah dengan mudah melalui hubungan langsung, bersin, dan batuk.

Apa Perbedaan Meningitis Virus dan Bakteri?

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri

Meningitis karena bakteri ditangani oleh penggunaan antibiotik dan pengobatan steroid yang disebut deksametason. Kondisi ini perlu penanganan rumah sakit, agar dokter dapat dengan lebih mudah untuk mengawasi kondisi pasien serta mengawasi perkembangan gejala yang terjadi, seperti kejang-kejang, hilangnya pendengaran atau kerusakan otak.

Meningitis yang disebabkan oleh virus

Meningitis karena virus dapat diobati tanpa harus ke rumah sakit, dengan pengobatan untuk meredakan nyeri dan menurunkan panas demam. Pasien mungkin akan mengalami gejala selama kurang lebih dua minggu sebelum pengobatan tersebut berhasil mengatasi penyebab penyakit. Para pasien yang mengidap meningitis jenis ini juga disarankan untuk meminum banyak cairan agar tubuh mereka dapat membuang virus lebih cepat.

Bagaimana Meningitis Dapat Menular?

Virus yang menyebabkan meningitis virus dapat menyebar melalui air liur atau bangku. Bakteri yang menyebabkan meningitis bakteri dapat menyebar dari orang-ke-orang melalui kontak dengan cairan dari mulut atau hidung orang sakit.

Apa Saja Gejala Awal Penyakit Meningitis?

Meskipun munculnya gejala meningitis biasanya tergantung pada usia dan penyebab infeksinya, tapi kamu juga bisa memahami beberapa gejala umumnya seperti:

  1. Demam
  2. Sakit kepala terus menerus
  3. Mual muntah
  4. Sensitif dengan cahaya yang terlalu silau
  5. Sakit kepala parah
  6. Leher kaku

Bagaimana Mencegah Meningitis?

  • Cucilah tangan kamu dengan baik dan benar. Pastikan tangan benar-benar dicuci setelah menggunakan toilet, mengganti popok, menyeka hidung anak, dan sebelum menyiapkan makanan.
  • Jangan berbagi apa pun yang telah ada di mulut orang lain.
  • Pastikan bahwa kamu dan keluarga sudah mendapatkan imunisasi lengkap. Bakteri seperti Streptococcus pneumonia, Neisseria meningitides dan Haemophilus influenzae tipe B dapat menyebabkan meningitis dan dapat dicegah melalui imunisasi.

Memahami bahaya meningitis juga dapat menjadi salah satu cara mencegah penyakit ini.  Menjalani hidup sehat menjadi kunci utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab meningitis. Jadi, jangan lupa menjalani gaya hidup sehat dan rajin mencuci tangan ya, Ladies!

Sumber foto utama: Rawpixel.com