Awas! 5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Jarang Kamu Sadari

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Awas! 5 Tanda Kolesterol Tinggi Yang Jarang Kamu Sadari

ilustrasi kolesterol tinggi. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu penyakit yang jarang kita sadari adalah kolesterol yang tinggi. Penyakit yang sering dianggap remeh ini ternyata bisa membahayakan, lho! Sebagai informasi, ketika mengalami kolesterol tinggi, maka kadar kolesterol dalam darah telah melebihi batas normal dan memungkinkan terjadinya permasalah seperti kompilkasi. Meski kolesterol secara alami dibutuhkan oleh tubuh kita, namun ketika kadarnya melebihi batas akan meningkatkan risiko adanya serangan jantung mendadak hingga stroke.

Terjadinya, kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, obesitas, mengonsumsi alkohol hingga jarang melakukan olahraga. Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyatakan tanda spesifik dari kolesterol tinggi. Ada beberapa tanda yang perlu kamu waspadai sebagai tanda kolesterol tinggi. Berikut 5 tanda kolesterol tinggi yang jarang kamu sadari.

Mudah Lelah

ilustrasi kolesterol tinggi. (Special)

Gejala kolesterol tinggi yang tidak spesifik membuat penderitanya sering kurang menyadari dan waspda. Namun, sebagian besar penderita kolesterol tinggi sering mengalami tanda berupa merasa mudah lelah. Hal ini disebabkan munculnya plak dalam pembuluh darah mengakibatkan kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut juga menyebabkan berkurangnya aliran darah dalam tubuhmu. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mulai dengan menerapkan pola hidup sehat.

Nyeri Kaki dan Dada

ilustrasi kolesterol tinggi. (Special)

Mengalami nyeri pada bagian kaki bisa menjadi tanda kolesterol tinggi, Ladies. Penyebab hal ini hampir serupa dengan tanda mudah lelah. Terjadinya pemupukan plak pada pembuluh darah kaki membuat kolesterol meningkat kadarnya. Sehingga, kaki pun sering merasa nyeri dan sakit. Penumpukan plak akibat kadar kolesterol tinggi bisa juga terjadi dibagian pembuluh darah jantung. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hal ini adalah, kamu dapat mengurangi melakukan kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Pastikan selalu meluangkan 5 menit untuk beristirahat dan mengkonsumsi air putih secara teratur.

Mudah Mengantuk

ilustrasi kolesterol tinggi. (Special)

Jika kamu sering merasa mengantuk, bisa jadi merupakan tanda kolesterol tinggi. Penyebabnya, karena ada sumbatan pada pembuluh darah. Tanda ini sangat erat kaitannya dengan aliran darah yang membawa asupan oksigen ke otak berkurang. Tanda semacam ini dapat kamu atasi dengan menghindari begadang dan tidur cukup selama 7 hingga 8 jam bagi yang beusia 20 tahun ke atas. Selamat mencoba!

Sering Merasa Pegal di Bagian Tengkuk

ilustrasi kolesterol tinggi. (Special)

Menurut Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma pada bukunya yang bejudul "Ramuan Herbal Penurun Kolesterol" (2008), penyebab kolseterol tinggi memang banyak. Namun, jika merasakan pegal-pegal pada bagian tengkuk bisa jadi sebagai pertanda kolesterol tinggi. Adanya pemupukan plak pada area leher dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak. Bahaya ya, Ladies!

Muncul Gumpalan pada Urat

ilustrasi kolesterol tinggi. (Special)

Bagi penderita kolesterol tinggi, biasanya akan mengalami tanda berupa xanthomata. Tanda ini biasanya terjadi di dalam kulit dan urat. Pembengkakkan yang berbentuk bulan dan berwarna kekuningan disebut xanthomata. Penumpukkan juga dapat terjadi di kulit, dapat dilihat seperti gumpalan separuh biji kacang yang bisa dilihat dan dirasakan pada urat dekat buku jari.

Karena tidak adanya tanda spesifik, maka bagi kamu yang telah berusia lebih dari 20 tahun, alangkah baiknya melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin. Hal ini dilakukan demi menghindari kolesterol tinggi yang memancing terjadinya komplikasi. Selain itu, hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak, asin dan juga yang tidak higenies. Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dan juga mengkonsumsi buah dan sayuran yang dapat mengontrol kolestrol sesuai dengan batas normal. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu, Ladies!

s