Waspada! 7 Bahaya Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Senin, 10 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Waspada! 7 Bahaya Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Ilustrasi bumbu dapur gula. (Special)

Ladiestory.id - Varian makanan dan minuman manis yang dijual di pasaran tentunya sangat menggairahkan seseorang untuk menyantapnya. Rasa manis dari makanan dan minuman juga dapat memberikan sensasi menyegarkan, sehingga membuat seseorang menjadi ketagihan untuk mengonsumsinya.

Baik dalam bentuk boba, es krim, roti, maupun jenis varian yang menggugah selera, tercipta dari rasa manis yang justru memiliki bahaya bagi tubuh akibat terlalu banyak mengonsumsi kadar gula. Berikut 7 bahaya yang tanpa kamu sadari bisa saja timbul dalam tubuh.

Tambah Berat Badan

Ilustrasi Jaga Berat Badan (Special)

Terlalu sering mengonsumsi gula, baik dari makanan dan minuman dapat menyebabkan risiko meningkatnya berat badan secara berlebihan. Tanpa disadari, mengonsumsi gula dengan takaran lebih juga dapat menyebabkan tubuh mengalami diabetes. Tak memandang segala usia, seseorang juga bisa mengalami gejala penyakit obesitas.

Dengan mengonsumsi fruktosa, hal itu dapat menyebabkan seseorang merasa mudah lapar, bahkan membuat hormon leptin yang dapat mengatur rasa lapar dan kenyang menjadi kurang berfungsi dengan baik.

Penuaan Dini

Cegah Penuaan Dini. (Special)

Rasa manis memang menjadi favorit banyak orang. Namun, dibalik rasa manis yang menyenangkan justru dapat membuat kondisi seseorang mengalami penuaan dini. Hal ini diakibatkan, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi cepat keriput bahkan menua.

Efek kandungan gula berlebih juga dapat menyebabkan protein pada tubuh menempel di aliran darah dan menciptakan molekul berbahaya yang dapat mengurangi kolagen serta kurangnya elastisitas pada kulit.

Timbulkan Masalah Gigi Berlubang

gigi berlubang. (Special)

Rasa manis dari makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi juga secara perlahan dapat menimbulkan masalah gigi berlubang. Hal ini pun sering dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Biasakan untuk menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur agar terhindar dari bahaya gigi berlubang.

Munculnya Jerawat

Ilustrasi Jerawat (Special)

Selain polusi, kotoran, dan bakteri, mengonsumsi gula berlebih juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami masalah jerawat, loh? Sering menngonsumsi gula atau makanan dan minuman manis secara berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan kulit wajah.

Jika kulit sedang menaglami jerawat, maka sebaiknya kamu meminimalisir untuk mengonsusmi makanan manis untuk melawan munculnya jerawat baru akibat bakteri. Kamu juga perlu mengontrol kandungan glikemik dalam darah.

Nyeri Sendi

Ilustrasi Nyeri Sendi (Special)

Gejala nyeri sendi nyatanya tak hanya diakibatkan oleh aktivitas fisik semata, namun juga terlalu banyak mengonsumsi gula berlebih yang dikonsumsi sehari-hari. Sering mengonsumsi minuman manis, seperti soda, juga dapat menyebabkan risiko artritis yang dapat memperburuk kondisi tubuh.

Penyakit Jantung

Ilustrasi perempuan sakit jantung. (Special)

Ladies, mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami komplikasi dan penyakit jantung. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga dapat menyebabkan ateroskleorosis, yakni penyakit yang dapat menyebabkan penyumbatan.

Tubuh Mudah Lelah

Ilustrasi kelelahan otak. (Special)

Ladies, bahaya lain yang bisa saja timbul akibat terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi ialah tubuh akan menjadi mudah lelah. Tak hanya itu, tanpa disadari, mengonsumsi makanan dengan olahan gula tinggi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi.

Kurangnya nutrisi dalam tubuh akibat terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat membuat tubuh menjadi tidak berenergi bahkan emosi pun dapat lebih meningkat.

Itulah 7 bahaya bagi tubuh akibat sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan tingkat kadar gula tinggi. Semoga bermanfaat.